Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Lulusan SMK Kuliah di PTN? Yuk, Perhatikan 5 Tips Ini agar Lulus Seleksi

oleh | Jun 22, 2022 | Blog, Jalur Masuk PTN, Tips | 0 Komentar

Lulus Masuk PTN untuk SMK – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah salah satu impian bagi siswa-siswa yang akan lulus di sekolah, termasuk lulusan SMK. Meskipun lulusan SMK dinilai dan dipersiapkan dapat langsung terjun ke dunia kerja, masih banyak juga lulusan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

Mungkin banyak lulusan SMK yang sudah skeptis, minder atau mundur duluan jika harus mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi khususnya PTN karena harus bersaing dengan siswa/i SMA. Namun, bukan berarti tidak ada harapan untuk anak SMK bisa lulus seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri. Baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN ataupun jalur mandiri.

Buat kamu lulusan SMK yang berminat melanjutkan pendidikan ke PTN, yuk simak dulu beberapa tips ini agar peluang diterima kamu lebih tinggi.

Perhatikan persyaratan pendaftaran dengan teliti

Sebelum memutuskan mendaftar, jangan lupa untuk memperhatikan seluruh persyaratan pendaftaran dengan teliti ya. Contohnya pada SNMPTN, ada ketentuan jumlah kuota siswa yang bisa mengikuti SNMPTN berdasarkan akreditasi. Selain itu, ada pula beberapa program studi yang tidak dibuka untuk lulusan SMK. 

Apalagi jika kamu ingin mengambil program studi atau jurusan yang tidak linear dengan jurusan saat SMK, karena ada beberapa program studi yang hanya dibuka untuk jurusan SMA atau SMK tertentu saja., Syarat dan ketentuan pendaftaran seperti ini harus teliti untuk dipahami agar tidak salah memilih dan berakhir gagal di proses seleksi.

Cek kembali kuota penerimaan siswa SMK

Biasanya, ada jatah atau kuota tertentu untuk siswa SMK yang akan diterima di suatu PTN atau Program Studi, Ada pula beberapa jurusan atau PTN yang tidak membuka penerimaan untuk lulusan SMK. Jadi, ada baiknya kamu cek lagi informasi tersebut dan usahakan cari PTN atau Program Studi yang membuka kuota penerimaan lebih besar agar peluang kamu diterima juga lebih besar. 

Selain itu, kamu juga bisa mencari PTN atau program studi yang lebih rendah keketatan atau peminatnya agar peluangmu lulus seleksi juga lebih besar. Terlebih lagi untuk jurusan-jurusan yang populer di PTN ternama, kamu harus pikir dua kali sebelum memutuskannya ya.  

Mulai persiapan dan belajar ekstra jauh-jauh hari

Seperti yang kita tahu, kurikulum dan materi pembelajaran siswa SMK jauh berbeda dengan siswa SMA. Jika bertekad untuk melanjutkan pendidikan dan ikut seleksi PTN, kamu juga harus mulai menyiapkan diri dan belajar lebih ekstra mengejar materi-materi seleksi. Mungkin, siswa dari SMA lebih dahulu belajar dan terbiasa dengan materi tersebut, tapi tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa menguasai sama baiknya dengan siswa SMA reguler. 

Baca juga: Persyaratan, Prosedur, dan Jadwal Seleksi Mandiri (CBT-UM) UGM

Perbanyak latihan soal

Agar lebih cepat memahami dan terbiasa mengerjakan soal seleksi, kamu juga harus perbanyak mengerjakan latihan soal. Kamu bisa mulai membeli buku atau mencari latihan soal yang banyak tersebar di internet. Jangan takut salah selama mengerjakan, karena dengan begitu kamu akan mengetahui kesalahan untuk bisa diminimalisir saat hari-H nantinya.

Latihan soal seperti ini bisa mulai kamu jadwalkan dari jauh-jauh hari dan harus konsisten dilakukan karena semakin banyak soal yang berhasil kamu kerjakan kamu akan lebih enjoy dan paham dengan soal yang akan dihadapi. 

Cek persebaran alumni SMK yang diterima di PTN

Tips terakhir, kamu bisa juga untuk mengecek persebaran alumni SMK-mu yang sebelumnya lulus seleksi masuk PTN. Dengan ini, kita jadi bisa mengetahui peluang untuk diterima di PTN tersebut bagi lulusan SMK. Selain itu, track record alumni SMK juga bisa jadi mempengaruhi penilaian untuk menerima siswa lain dari SMK yang sama. Kamu bisa menanyakan informasi ini kepada pihak sekolah atau guru BK di sekolahmu. 

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu perhatikan lagi sebelum memutuskan mendaftar seleksi masuk PTN. Jangan minder dan mundur duluan ya karena usaha dan niat yang baik akan membawa hasil yang baik pula.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!