Mengenal Program Studi Kedokteran UPN Jakarta

oleh | Mar 13, 2020 | Blog | 0 Komentar

Sejarah singkat Kedokteran UPN Jakarta – Kedokteran UPN Jakarta berdiri tepatnya pada tahun 1993 dan pada tahun 1995 keluar keputusan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan nomor 019/D/O/1995 yang membahas tentang penetapan Status Terdaftar kepada Fakultas Kedokteran Program Studi Sarjana Kedokteran untuk jenjang program S1 ada Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta.  Tepatnya pada tahun 1997, berdasarkan surat keputusan ari Menteri Pedidikan dan Kebudayan RI dengan nomor 78/D/)/1997 tanggal 17 november 1997 Fakultas Kedokteran UPN Jakarta

Perlu teman – teman IC ketahui bahwa Kedokteran tidak hanya Kedokteran UGM, Kedokteran UAD, dan Kedokteran UI ada banyak Universitas lainya yang juga mempunyai Fakultas Kedokteran, salah satunya adalah Kedokteran UPN Jakarta. Nah pada kesempatan artikel kali ini teman – teman IC akan mengenal Kedokteran UPN Jakartalebih dekat dan mengetahui semua program studi yang di milikinya. Sebelum langsung membahas Program Studi anda juga perlu mengetahi visi dan misinya terlebih dahulu agar mengenal lebih dekat.

Visi Dan Misi Kedokteran UPN Jakarta

Visi Kedokteran UPN Jakarta adalah untuk menuju Fakultas Kedokteran yang terkemuka di tingkat Nasional, Inovatif dan Beridentitas Bela Negara.

Misi Kedokteran UPN Jakarta :

  1. Untuk meningkatkan Kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)
  2. Menyiapkan sarana dan prasarana, serta anggara yang memadahi
  3. Untuk menyelenggarkan pendidikan Dokter yang Berkualitas dan Inovatif yang sesuai dengan Standar pendidikan Profesi Dokter Indonesia (SPPDI) dan standar kompetensi dokter Indonesia (SKDI) yang berbasis kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI) serta berorientasi pada kepentingan bela negara pada bidang Kedokteran.
  4. Untuk menyelenggarakan pengabdian masyarakat pada bidang Kedokteran yang berorientasi pada peningkatan derajat Kesehatan Masyarakat.
  5. Untk menyelenggarakan tata kelola dan manajemen pendidikan yang berkualitas guna menuju terwujudnya Good Faculty Governance
  6. Mengembangkan penelitian pada bidang kedokteran yang berkualitas dan inovatif termasuk Ilmu kedokteran matra.

Mengenal Program Studi Kedokteran UPN Jakarta

Sarjana Kedokteran (PSSK)

Fakultas Kedokteran UPN Jakarta menjadi pelopor dalam sistem pembelaaran pendidikan Kedokteran, terutama pada aspek pengembangan pendidikan kedokteran yang berbasis pada kompetensi. Program Studi sarjana kedokteran FK Unpad mempunyai beban studi kumulatif 145 s/d 151 SKS. Masa studi kumulatif antara 7 sampai 14 smester. Beban studi dinyatakan dengan jumlah SKS yang harus di kumpulkan oleh mahasiswa dalam beberapa blok/smester.

Proses pembelajaran pada program studi ini diantaraya melalui perkuliahan interakitf, tutorial, praktiku, dan fiel study atau Kerja lapangan. Kurikulum ini dapat mengintegrasikan departeme klinik dan preklinik serta memperkenalkan lebih awal pengetahuan klinik yang berupa kasus – kasus di dalam pelatihan ketrampilan pada model atau paseian kepada peserta didik. Lulusan Fakultas Kedokteran UPN Jakarta berhak untuk mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran ( S.Ked ).

Prospek Kerja Sarjana Kedokteran UPN Jakrta

  • Tenaga Pendidik (Dosen)
  • Tenaga Peneliti
  • Bekerja di Industri Farmasi
  • Bekerja di bidang manajerial
  • Editor buku-buku teks kedokteran/penulis
  • Bekerja di LSM Kesehatan nasional dan intenasional
  • Asuransi Kesehatan
  • Melanjutkan Studi di Program Pendidikan Pascasarjana (Strata 2)
  • Melanjutkan Studi di Program Studi Pendidikan Dokter

Lembaga Yang Bekerjasama dengan Kedokteran UPN Jakarta

Dalam rangka meningkatkan mutu akademik serta pengabdian Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta telah melakukan kerjasama dengan Fakultas Kedokteran negeri maupun swasta serta instansi lainnya. Kerjasama yang telah terjalin antara lain:

  •  Seluruh Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia yang diwadahi dalam Organisasi Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI). Dalam hal ini Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta ikut aktif dalam kegiatan organisasi tersebut.
  • Kesehatan TNI AD,RSPAD Gatot Soebroto Jakarta sebagai RS Pendidikan Utama FKUPN “Veteran” Jakarta,khususnya dalam pembelajaran kesehatan penerbangan di Lakespra Saryanto Jakarta.
  • Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan Fakultas KedokteranUniversitas Gajah  Mada dalam rangka peningkatan mutu pendidikan (pengiriman pendidikan S2 dan S3 untuk para dosen)
  • Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dalam rangka penyelenggaraan kepaniteraan klinik di bidang Kedokteran Forensik dan Ilmu Kedokteran Komunitas (IKK)/Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM). RSUP Persahabatan Jakarta, RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo Purwokerto, RSTentara dr. Soedjono Magelang, RSUD Ambara dan RSJ Soeharto Heerdjan dalam rangka penyelenggaraan kepaniteraan klinik dan penelitian.
  • Pemda Depok serta Dinas Kesehatan Kota Depok dalam rangka kegiatan Ilmu Kedokteran Komunitas (IKK)/Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) dan penelitian.
  •  Kerjasama dengan Institusi Kesehatan TNI dalam rangka peningkatan kegiatan penelitian khususnya penelitian di bidang Kesehatan Matra.
  • RS Tentara Tingkat II A.K. Gani, Palembang.
  • RSUD Ambarawa, Jawa Tengah
  • RSJ Soehato Heerdjan Jakarta

Informasi Lainya Mengenai Kedokteran :

Sampai disini dulu ya artikel pada kesempatan kali ini teman – teman IC jika anda mempunyai mimpi ingin menjadi seorang dokter maka kejarlah dan berusaha dengan sungguh – sungguh, jangan sampai teman – teman IC menyerah sebelum berjuang.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Semua Informasi Program Studi Kedokteran UNAIR | LKBB Indonesia college - […] Mengenal Program Studi Kedokteran UPN Jakarta […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…