Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Prospek Kerja Lulusan PKN STAN, Langsung Jadi PNS?

oleh | Jun 20, 2022 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Prospek kerja PKN STAN – Sekolah kedinasan yang satu ini adalah primadona untuk melanjutkan studi setelah SMA. Sekolah gratis dengan fasilitas yang mumpuni di bawah naungan Kementerian Keuangan membuat siapa saja berusaha extra agar bisa diterima di PKN STAN. Bukan hanya saat sekolah, PKN STAN juga banyak diminati karena iming-iming pekerjaan setelah lulus juga tak kalah bagusnya.

Lulusan PKN STAN baik D1, D3 atau D4 memiliki kesempatan untuk berkarir menjadi PNS di lingkungan Kementerian Keuangan. Meskipun, pada dasarnya lulusan PKN STAN masih berstatus sebagai CPNS dan harus mengikuti tes terlebih dahulu sebelum diangkat menjadi PNS. Seperti yang banyak diketahui, PNS di Kementerian Keuangan merupakan salah satu kementerian yang mendapat gaji yang fantastis. 

Selain di Kementerian Keuangan, lulusan PKN STAN juga bisa ditempatkan di berbagai kementerian dan instansi pemerintahan lainnya. Yuk, simak prospek kerja lulusan PKN STAN selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Tahapan Seleksi dan Tips Cara Masuk PKN STAN

Direktorat Jenderal Pajak (DJP)

Mahasiswa PKN STAN dengan program studi akuntansi, pajak ataupun penilai biasanya akan ditempatkan di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) setelah lulus. Nantinya, tugas-tugas yang akan dijalankan pastinya berkaitan dengan perpajakan mulai dari Pajak Penghasilan (Pph), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan lainnya hingga merumuskan kebijakan-kebijakan berkaitan dengan perpajakan. 

Penempatan untuk lulusan akuntansi atau pajak dapat tersebar di Kantor Pusat DJP, Kantor wilayah DJP, Kantor Pelayanan Pajak, Kantor Pemeriksaan dan Penyidikan Pajak hingga Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan.

Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPBN)

DJPBN akan menjadi pilihan penempatan untuk mahasiswa dengan program studi Kebendaharaan Negara. Di sini lulusan PKN STAN akan bertugas dalam merumuskan serta melaksanakan berbagai kebijakan dan berbagai teknis mengenai perbendaharaan negara. Penempatannya dapat pada Kantor Pusat DJPBN, Kantor Wilayah DJPBN hingga Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara.

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)

Untuk lulusan dari program studi akuntansi ataupun pengurusan piutang dan lelang negara dapat ditempatkan di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) baik di Kantor Pusat DJKN, Kantor Wilayah DJKN serta Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang. 

Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC)

Peluang bekerja di DJBC terbuka untuk mahasiswa program studi kepabeanan dan cukai setelah lulus. Nantinya, penempatan bisa berada di Kantor Pusat DJBC, Kantor Wilayah DJBC, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai, Kantor Bantu Pelayanan Bea dan Cukai, hingga Balai Pengujian dan Identifikasi Barang di pelabuhan atau bandara. 

Kementerian atau Lembaga Negara Lainnya

Selain 4 Direktorat Jenderal di bawah naungan Kementerian Keuangan di atas, lulusan PKN STAN juga berkesempatan untuk bekerja di kementerian atau instansi pemerintahan yang lain, lho. Beberapa di antaranya seperti:

  • Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman
  • Kementerian Koordinator bidang Perekonomian
  • Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional
  • Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
  • Kementerian Pertahanan
  • Badan Pemeriksa Keuangan
  • Badan Pengawasan dan Pembangunan Keuangan
  • Badan Narkotika Nasional
  • Dan lain-lain

Itulah beberapa prospek kerja untuk lulusan PKN STAN di lingkungan pemerintahan. Kamu tertarik jadi PNS lewat jalur PKN STAN? Semoga berhasil, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!