Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Sudah Ditetapkan! Berikut Nilai Ambang Batas, Jumlah Soal dan Jadwal SKD Sekolah Kedinasan 2022

oleh | Jun 16, 2022 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Ambang batas SKD 2022 – Para pejuang Sekolah Kedinasan Tahun 2022 sudah tau update nilai ambang batas untuk seleksi SKD? Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) adalah salah satu tahapan seleksi awal yang diwajibkan untuk bisa lulus seleksi Sekolah Kedinasan Tahun 2022. 

Pendaftar yang telah lulus seleksi administratif dapat melanjutkan untuk ujian SKD. Terdapat ketentuan nilai ambang batas untuk dapat dinyatakan lulus SKD dan melanjutkan ke tahapan seleksi selanjutnya. Jadwal dan lokasi untuk ujian SKD berbeda-beda untuk setiap pendaftar sekolah Sekolah Kedinasan. Berikut adalah informasi lengkapnya, simak sampai akhir ya!

Nilai ambang batas

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PANRB) dalam Keputusan Menteri PANRB No. 93/2022 menerapkan nilai ambang batas SKD tahun ini untuk masing-masing tes sebagai berikut:

  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) minimal 156
  • Tes Intelegensia Umum (TIU) minimal 80
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) minimal 65

Nilai kumulatif tertinggi

Sementara untuk nilai kumulatif tertinggi pada SKD tahun ini sebesar 550 dengan kumulatif tertinggi untuk masing-masing tes sebagai berikut:

  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) maksimal 225
  • Tes Intelegensia Umum (TIU) maksimal 175
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) maksimal 150

Kriteria penilaian

  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP), bobot jawaban benar bernilai terendah satu dengan nilai tertinggi lima serta tidak menjawab bernilai nol.
  • Tes Intelegensia Umum (TIU), bobot jawaban benar bernilai tertinggi 5 dan tidak menjawab atau salah bernilai nol
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), bobot jawaban benar bernilai tertinggi 5 dan tidak menjawab atau salah bernilai nol

Ketentuan penilaian dan ambang batas ini dikecualikan bagi peserta yang berasal dari daerah afirmasi tertentu dengan nilai kumulatif SKD paling rendah yaitu 281 untuk semua jenis soal. Namun, peserta harus mendapatkan nilai TIU paling rendah yaitu 55. 

Jumlah soal

Soal yang akan diujikan untuk SKD telah disusun oleh Kementerian PANRB dan digunakan untuk seleksi pada 8 instansi yang membuka pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2022. Keseluruhan soal berjumlah 110 soal dengan total durasi waktu 100 menit untuk seluruh tes. Soal yang diujikan terdiri dari:

  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanyak 45 soal
  • Tes Intelegensia Umum (TIU) sebanyak 35 soal
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 30 soal

Pelaksanaan SKD

Ujian SKD untuk pendaftar Sekolah Kedinasan dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan sudah terintegrasi untuk penentuan kelulusannya oleh BKN. Pelaksanaan ujian SKD juga berbeda-beda pada 8 Sekolah Kedinasan. Berikut jadwal terbarunya:

Ujian SKD dilaksanakan di Kantor Regional atau UPT BKN di masing-masing provinsi. Jadwal dan lokasi pelaksanaan SKD dapat berbeda untuk setiap pendaftar dan dapat dicek pada akun pendaftaran masing-masing.
Sudah siap untuk ikut ujian SKD? Indonesia College menyediakan Bimbingan Belajar khusus Sekolah Kedinasan untuk membantu kamu mempersiapkan diri menghadapi ujian SKD dan seleksi lanjutan lainnya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!