10 Daftar Kampus di Bogor yang Recommended!

oleh | Jan 2, 2024 | Blog, PTN, PTS | 0 Komentar

Daftar Kampus di Bogor – Berada di dataran atas dan memiliki curah hujan yang tinggi, membuat Bogor memiliki hawa yang dingin dan sejuk yang membuat banyak orang ingin menetap di sana. Nah, Bogor juga memiliki banyak sekali referensi kampus jempolan yang semakin banyak menarik orang untuk tinggal di Bogor. Yuk simak daftar kampus di Bogor ini.

Daftar Kampus di Bogor

Sebenarnya Bogor memiliki banyak sekali perguruan tinggi, namun pada kesempatan kali ini kami berikan 10 rekomendasi yang mungkin bisa jadi referensi untuk kamu yang mau melanjutkan studi.

1.    Institut Pertanian Bogor

Siapa yang tidak tau kampus fenomenal ini. IPB sudah lama masuk dalam jajaran kampus terbaik di Indonesia. Seperti namanya, kampus ini memiliki fokus utama yakni pertanian dan mengedepankan karakter kewirausahaan pada setiap mahasiswanya. Saat ini sudah tersedia 11 fakultas dan masing-masing memiliki banyak jurusan dan program studi yang beragam.

IPB juga tidak hanya terbaik dalam negeri saja, melainkan sudah masuk dalam TOP 450 Dunia versi Quacquarelli Symond (QS) World University Rankings (WUR) pada 2022 kemarin.

2.    Universitas Pertahanan Indonesia

Berlokasi di Kawasan IPSC Sentul, Sukahati, Kec. Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Unhan ini menyediakan jenjang pendidikan vokasi/diploma, Sarjana, Magister dan Doktoral. Secara fungsional sendiri, Unhan dibina langsung oleh Kementerian Pertahanan dan nantinya lulusannya bisa menjadi anggota TNI dan PNS dengan penempatan di lembaga pemerintahan pusat maupun daerah.

Baca juga: UTBK SNBT 2024: Aturan Baru, Jadwal dan Syarat Pendaftarannya

3.    Universitas Ibn Khaldun

Pilihan lainnya ada Universitas Islam yang merupakan kampus Islam tertua di Bogor. Kampusnya terletak di Jl Sholeh Iskandar, Kedungbadak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Universitas ini sudah berdiri sejak 1961 dan didirikan oleh para tokoh ulama, dan sekarang ini sudah memiliki 6 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana.

4.    Sekolah Tinggi Intelijen Negara

Kampus ini biasa dikenal dengan singkatan STIN, yang berdiri sejak 2004 dan berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara. Lokasinya ada di Sumur Batu, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Program studi yang disediakan akan berfokus seputar keamanan siber seperti rekayasan keamanan siber, rekayasa perangkat keras kriptografi, dan rekayasa kriptografi yang berada di jenjang Diploma IV.

5.    Sekolah Tinggi Perikanan Bogor

STP Bogor menjadi sekolah kelautan dan perikanan di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan, yang bertanggung jawab kepada Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan. Jadi sekolah ini merupakan kedinasan, dan sudah terakreditasi B oleh BAN-PT.

Lokasinya berada di Jl. Kapten No.12, RT. 03/RW. 03, Pasir Jaya, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat.

6.    Institut Tazkia

Meskipun masih berbentuk Institut, namun perguruan tinggi ini sudah mendapatkan julukan “Centre of Excellent Kampus Ekonomi Syariah” dari Kementerian Agama. Ini menandakan bahwa kualitas program studi Ekonomi Syariah di sana sangat memuaskan, walaupun merupakan perguruan tinggi swasta. Untuk lokasi kampusnya ada di Jl. Ir. H. Djuanda No. 78 Sentul, Citaringgul, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor, Jawa Barat.

7.    Universitas Nusa Bangsa

Kampus ini sudah terakreditasi Baik oleh BAN-PT dan rata-rata program studinya juga sudah terakreditasi B. Terdapat 4 fakultas di antaranya: Pertanian, Ekonomi dan Bisnis, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Kehutanan dengan jenjang studi mulai dari Diploma sampai dengan Pascasarjana.

Lokasinya berada di Jl. Sholeh Iskandar No.KM.4, RT.02/RW.05, Cibadak, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat.

8.    Politeknik Siber dan Sandi Negara

Poltek SSN merupakan sekolah kedinasan di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang menyediakan pendidikan dengan jenjang Diploma dan berfokus di bidang keamanan siber dan sandi. Lulusannya nanti bisa menjadi CPNS dan nantinya bisa ditempatkan di lembaga pemerintahan baik pusat maupun daerah untuk berkontribusi dalam keamanan siber negara.

Lokasinya ada di Jl. Raya H. Usa, Putat Nutug, Kec. Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

9.    Universitas Djuanda

Selanjutnya kalau kamu mencari perguruan tinggi yang berakreditasi A, dengan program studi yang beragam bisa melanjutkan di Unida ini. Terdapat sekitar 7 fakultas dengan total 16 program studi dengan jenjang studi vokasi (Diploma) hingga kedoktoran (S3). Terdapat kelas karyawan juga yang bisa menjadi pilihan kalau kamu mau melanjutkan kuliah sambil bekerja.

Alamatnya ada di Jl. Tol Jagorawi No.1, Ciawi, Kec. Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

10. Universitas Pakuan

Pilihan terakhir adalah Universitas Pakuan yang sudah berdiri sejak 1980 dan berakreditasi A, bahkan di sejumlah program studinya seperti akuntansi, manajemen, bisnis digital dan lainnya. Sekarang ini sudah tersedia 6 fakultas dengan lebih dari 36 program studi. Meskipun berstatus swasta, kampus ini terbilang cukup terjangkau untuk biaya studinya, lho.

Alamatnya berada di Jl. Pakuan, RT. 02/RW. 06, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Itu dia 10 daftar kampus di Bogor yang bisa jadi referensi untuk kamu. Kira-kira kamu tertarik melanjutkan di pilihan yang mana?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.