10 Daftar Lulusan Universitas yang Cepat Dapat Kerja

oleh | Apr 29, 2024 | Blog, Kampus, Prospek Kerja, PTN, PTS | 0 Komentar

Lulusan Universitas yang Cepat Dapat Kerja – Memasuki dunia kerja merupakan salah satu tujuan utama bagi para mahasiswa. Oleh karena itu, memilih universitas dengan prospek kerja yang cerah menjadi pertimbangan penting. Melalui kurikulum yang relevan, magang, dan koneksi industri yang kuat, universitas membekali mahasiswanya dengan kemampuan yang sesuai dengan tuntutan pasar kerja.

Dengan demikian, lulusan dari universitas ini memiliki tingkat kesiapan yang tinggi untuk memasuki dunia kerja dan dengan cepat mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang studi mereka.

Lulusan Universitas yang Cepat Dapat Kerja

Berikut kampus-kampus unggulan yang berhasil mencetak lulusan yang paling cepat mendapat pekerjaan, di antaranya:

1.    Institut Pertanian Bogor (IPB)

Berlokasi di Bogor, Jawa Barat, Institut Pertanian Bogor (IPB) menduduki peringkat pertama dengan skor 3.247, menjadikannya salah satu universitas terbaik di Indonesia. IPB terkenal dengan program studinya yang berkualitas di bidang pertanian, perikanan, kehutanan, dan lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan daya saing tinggi lulusannya di pasar kerja, terutama dalam industri agribisnis dan lingkungan.

2.    Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) menempati posisi kedua dengan skor 3.055. Menjadi salah satu universitas paling bergengsi di Indonesia, ITB terkenal dengan program studinya yang berkualitas di bidang teknik dan sains. Hal ini terbukti dengan tingginya minat perusahaan-perusahaan besar di Indonesia maupun luar negeri terhadap lulusan ITB.

Baca juga: 6 Program Studi Vokasi IPB, Keunggulan dan Prospek Karirnya yang Cemerlang

3.    Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI), sebagai universitas tertua dan terbaik di Indonesia, berhasil menduduki posisi ketiga dengan skor 3.029 dalam daftar universitas dengan lulusan yang paling cepat mendapatkan pekerjaan. Lulusan UI berasal dari berbagai program studi, mulai dari sarjana hingga vokasi, dan mereka banyak yang berhasil bekerja di berbagai industri dan perusahaan ternama. Salah satu alumni UI yang saat ini menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia, yaitu Sri Mulyani Indrawati.

4.    Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM), sebagai universitas tertua di Yogyakarta, berhasil menempati posisi keempat dengan skor 3.022 dalam daftar universitas dengan lulusan yang paling cepat mendapatkan pekerjaan. Prestasi membanggakan ini menjadi bukti nyata kualitas pendidikan tinggi UGM yang menghasilkan alumni berkompeten dan siap berkontribusi di berbagai bidang.

5.    Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga (UNAIR), yang berlokasi di Surabaya, menduduki posisi kelima dengan skor 2.934 dalam daftar universitas dengan lulusan yang paling cepat mendapatkan pekerjaan. UNAIR terkenal dengan program studinya yang berkualitas di bidang kesehatan, ilmu sosial, dan ekonomi.

Lulusan UNAIR memiliki peluang yang baik untuk bekerja di berbagai instansi pemerintahan dan swasta, baik di dalam maupun luar negeri. Salah satu alumni UNAIR yang saat ini menjabat sebagai ketua Mahkamah Agung RI periode 2012-2017, yaitu Muhammad Hatta Ali atau yang dikenal sebagai Hatta Ali.

6.    Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro (UNDIP), yang terletak di Semarang, berhasil menduduki posisi keenam dengan skor 2.888. UNDIP terkenal dengan program studinya yang beragam, meliputi bidang teknik, ilmu sosial, dan ekonomi. Lulusan UNDIP memiliki kemampuan yang baik dalam bidangnya dan siap untuk menghadapi berbagai tantangan di dunia kerja. Hal ini dibuktikan dengan salah satu alumni UNDIP yang sukses menjadi pengusaha ternama, yaitu Michael Hartono, pemilik PT Djarum.

7.    Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang berdiri sejak tahun 1954, dan menduduki posisi ketujuh dengan skor 2.855 dalam daftar universitas dengan lulusan yang paling cepat mendapatkan pekerjaan. ITS menghasilkan alumni kompeten dan siap berkarya di berbagai bidang, khususnya sains dan teknologi.

8.    Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya (UB), yang terletak di Malang, Jawa Timur, terkenal dengan program studinya di bidang pertanian dan teknik. Universitas ini berhasil menduduki posisi kedelapan dengan skor 2.836 dalam daftar universitas dengan lulusan yang paling cepat mendapatkan pekerjaan. Prestasi ini menunjukkan kualitas pendidikan tinggi UB yang menghasilkan alumni kompeten dan siap berkarya di berbagai bidang.

9.    Universitas Telkom (Tel-U)

Universitas Telkom (Tel-U) berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan masuk ke dalam daftar 10 universitas dengan lulusan yang paling cepat mendapatkan pekerjaan. Menjadi satu-satunya universitas swasta dalam daftar tersebut, dengan skor 2.789. Banyak alumni Tel-U yang langsung diterima di perusahaan-perusahaan IT ternama, baik di dalam maupun luar negeri.

10. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Di posisi terakhir ada Universitas Sebelas Maret (UNS) yang meraih skor 2.650. UNS terkenal dengan program studinya yang beragam dan berkualitas, meliputi bidang pendidikan, ekonomi, dan teknik. Universitas ini juga telah menjalin kerjasama dengan 40 universitas terbaik di dunia, dan sudah memiliki sertifikasi internasional, yang menjadi bukti pengakuan kualitas pendidikannya secara global.

Demikianlah peringkat 10 lulusan universitas yang cepat dapat kerja dari kampus-kampus unggulan di Indonesia. Jadi dari 10 daftar tersebut, apakah ada kampus incaranmu?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…