10 Daftar Nama Ospek Kampus Favorit di Indonesia, Mana Kampusmu?

oleh | Des 2, 2023 | Blog, PTN | 0 Komentar

Daftar nama ospek – Setelah lulus dari bangku SMA dan diterima di perguruan tinggi, para mahasiswa baru tentu butuh pengenalan dan penyesuaian terlebih dahulu sebelum mulai kuliah. Nah, melalui kegiatan ospek lah mahasiswa baru bisa lebih mengenal lingkungan kampus hingga teman-teman di tempat yang baru. 

Untuk kamu para calon mahasiswa maupun mahasiswa baru, kenalan dulu dengan berbagai nama ospek yang diadakan di kampus-kampus favorit berikut, yuk!

Apa itu ospek?

OSKM ITB
OSKM ITB

Ospek merupakan singkatan dari orientasi studi dan pengenalan kampus yang kini juga dikenal sebagai PKKMB (pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru). Kegiatan ospek bertujuan untuk mengenalkan berbagai nilai hingga budaya di kampus pada mahasiswa baru. Pada kegiatan ospek juga mahasiswa akan dikenalkan pada berbagai kegiatan dan organisasi kemahasiswaan untuk bebagai minat dan bakat di kampus. 

Tidak boleh sembarangan, ospek atau PKKMB ini juga sudah diatur sedemikian rupa oleh Kemendikbud melalui Pedoman PKKMB 2023 yang berorientasi pada anak (Student Centered Learning/SCL). Jadi, sudah tidak ada lagi perpeloncoan atau kegiatan ospek yang tidak jelas manfaatnya bagi mahasiswa. 

Ospek atau PKKMB selanjutnya disusun dan disesuaikan oleh masing-masing kampus dengan kreativitasnya masing-masing. Kegiatan ospek kampus juga biasanya akan banyak dikoordinasikan oleh panitia yang berasal dari mahasiswa dengan dukungan panitia kampus. Penamaan dari kegiatan ospek pun bisa berbeda-beda di setiap kampus seperti daftar nama berikut. 

Daftar nama ospek kampus

1. PPSMB UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) punya kegiatan ospek bernama PPSMB yang merupakan singtakan dari pelatihan pembelajar sukses bagi mahasiswa baru. Secara umum, kegiatan PPSMB UGM memiliki 2 tujuan kegiatan yang berorientasi pada nilai-nilai luhur dan jati diri universitas serta mengedepankan sikap intelektual. 

2. OKK UI

Orientasi Kehidupan Kampus atau OKK adalah nama kegiatan ospek tingkat universitas di Universitas Indonesia (UI). Kegiatan OKK UI meliputi kegiatan pengenalan dan pembinaan kehidupan kampus untuk mahasiswa baru di UI. 

3. OSKM ITB

OSKM merupakan singkatan dari orientasi studi keluarga mahasiswa ITB yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk menyambut mahasiswa baru di ITB. Kegiatan OSKM ITB bertujuan untuk memberikan pembekalan pendidikan serta menanamkan nilai-nilai budaya berkemahasiswaan di ITB. 

4. Prabu Unpad

Untuk mahasiswa baru Universitas Padjadjaran (Unpad), ada kegiatan ospek bernama Prabu Unpad untuk menyambut mahasiswa baru. Melalui kegiatan Prabu Unpad, mahasiswa baru diharapkan bisa beradaptasi dengan dunia perkuliahan dan mengenal nilai-nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

5. ODM Undip

Orientasi Diponegoro Muda (ODM) adalah kegiatan pengenalan kampus bagi para mahasiswa baru Universitas Diponegoro (Undip). Salah satu rangkaian kegiatan ODM yaitu parade dari UKM (unit kegiatan mahasiswa), Orda (organisasi daerah), hingga Ormawa (Organisasi mahasiswa). 

Baca juga: Mahasiswa Baru, Cek 5 Persiapan Ospek Kampus Berikut!

6. MPKMB IPB

IPB juga punya kegiatan ospek bertajuk MPKMB atau masa pengenalan kampus mahasiswa baru. Kegiatan MPKMB IPB terdiri atas pemberian materi institut, fakultas/sekolah, kebangsaan, cinta NKRI, dan soft skills

7. MOKA-KU UPI

MOKA-KU UPI merupakan akronim dari masa orientasi kampus dan kuliah umum yang merupakan rangkaian acara ospek bagi mahasiswa baru UPI. Para mahasiswa baru akan mengikuti berbagai kegiatan menarik, seperti campus tour, orientasi kampus, kuliah umu, hingga mengikuti kompetisi. 

8. Raja Brawijaya UB 

Rangkaian Acara Jelajah Almamater Universitas Brawijaya atau Raja Brawijaya adalah serangkatan kegiatan yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa baru UB terkait kehidupan kampus. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menanamkan rasa cinta dan bangga akan almamaternya yaitu Universitas Brawijaya. 

9. Gerigi ITS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) punya kegiatan ospek bernama Gerigi ITS yang merupakan singkatan dari Generasi Integralistik. Kegiatan Gerigi ITS bertujuan untuk memperkenalkan dinamika kehidupan kampus di ITS dan mengokohkan tali persaudaraan antar mahasiswa ITS. 

10. Amerta Unair

Amerta Unair atau Angkatan Muda Ksatria Airlangga adalah rangkaian kegiatan PKKMB di lingkup Universitas Airlangga bagi mahasiswa baru. Melalui kegiatan Amerta Unair, mahasiswa baru diharapkan bisa menjadi lebih kritis, peka terhadap lingkungan sekitar, dan dapat mengembalikan peran mahasiswa baru sebagai “agent of change”. 

Nah, itu dia deretan nama ospek kampus bagi mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi favorit di Indonesia. Kira-kira, kamu akan ikut kegiatan ospek di kampus yang mana, nih?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.