10 Program Studi Kedokteran di Universitas Swasta yang Sudah Terakreditasi A

oleh | Feb 9, 2021 | Blog, Kedokteran, PTS | 0 Komentar

Berprofesi sebagai dokter merupakan keinginan banyak orang. Selain menjanjikan secara finansial, menjadi seorang dokter juga berarti memiliki kesempatan untuk menolong banyak orang. Tidak hanya itu, pekerjaan tersebut juga dicap bergengsi di kalangan masyarakat.

Sebelum bisa menerima gelar dokter, seseorang harus menempuh pendidikan khusus terlebih dahulu. Di Indonesia sendiri, minat terhadap Pendidikan Kedokteran sangatlah tinggi. Setiap tahunnya, program studi ini selalu ramai pendaftar baik di universitas negeri maupun swasta.

Meskipun universitas swasta terkadang dipandang tidak lebih baik dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN), faktanya, banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang menawarkan berbagai jenis pendidikan yang berkualitas. Salah satu yang patut diperhitungkan tentunya Program Studi Kedokteran.

Jika kamu ingin menjadi mahasiswa kedokteran di PTS, berikut daftar Program Pendidikan Dokter yang sudah mendapat akreditasi A dari BAN-PT.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Program Pendidikan Dokter di UMSU merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran. Di sini, mahasiswa akan menempuh pendidikan secara akademik selama 8 semester atau 4 tahun.  Dalam menjalankan pendidikan, digunakan metode hybrid problem based learning (hybrid PBL) dan SPICES (student centered, problem based, integrated, community oriented, early clinical exposure, dan systematic).

Mahasiswa yang berkuliah di sini akan mendapat kesempatan untuk mengikuti pembelajaran berbasis komunitas di desa binaan FK UMSU. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa lebih mengenal berbagai masalah kesehatan di masyarakat serta bisa menanganinya.

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Di kampus ini, Program Studi Sarjana Kedokteran adalah salah satu program di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Mahasiswanya dididik untuk menjadi sarjana kedokteran yang terampil di berbagai bidang dan elemen masyarakat.

Selain mendapat pendidikan sebagai dokter, mahasiswa yang berkuliah di sini akan mendapatkan berbagai macam fasilitas. Di sini tersedia beragam laboratorium guna menunjang perkuliahan. Selain itu, ada juga Rumah Sakit Atma Jaya yang bisa digunakan mahasiswa untuk belajar.

Universitas Kristen Maranatha

Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha merupakan FK Swasta pertama di Bandung. Pendidikan di kampus ini didukung oleh banyak dokter yang menjadi dosen bagi para mahasiswanya. Untuk Program Studi Pendidikan Dokternya sendiri, lebih berfokus di bidang herbal medik dan gizi.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Program Pendidikan Dokter di UMY terbagi menjadi dua bagian yaitu Program Sarjana Kedokteran dan Program Profesi Dokter. Jika ingin mendapatkan gelar dokter, maka mahasiswa harus menyelesaikan ke dua program tersebut.

Di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Program Studi Kedokteran memiliki komitmen untuk unggul dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran berdasar nilai-nilai Islam.

Universitas Islam Bandung

Universitas Islam Bandung merupakan salah satu universitas Islam tertua di Jawa Barat. Fakultas Kedokterannya sendiri didirikan atas inisiatif banyak pihak yang memiliki keinginan akan hadirnya institusi pendidikan kedokteran di lingkungan yang Islami.

Program Pendidikan Dokter di fakultas ini terbagi menjadi dua yaitu program sarjana dan program profesi. Lebih lanjut, lulusan dari fakultas ini akan dibekali dengan sertifikasi HIPERKES dan ACLS.

Universitas Muslim Indonesia

Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia terletak di Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Salah satu program yang tersedia yaitu Program Studi Pendidikan Dokter. Tujuan utama dari program ini yaitu menghasilkan dokter yang bermutu, bermartabat, dan dijiwai nilai-nilai Islam.

Sebagai fasilitas penunjang, tersedia rumah sakit pendidikan utama yaitu RS Ibnu Sina. Rumah sakit ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi mahasiswanya.

Universitas Yarsi

Sebagai universitas yang menjungjung tinggi nilai-nilai agama Islam, Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi berfokus untuk menghasilkan dokter-dokter muslim yang berkualitas. Lulusannya diharapkan dapat berkompetisi di forum nasional maupun internasional.

Mahasiswa yang berkuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi akan menempuh pendidikan selama 10 semester atau 5 tahun. Program ini terdiri dari 7 semester pendidikan sarjana dan 3 semester profesi dokter.

Universitas Pelita Harapan

Program Studi Kedokteran di Universitas Pelita Harapan menjunjung tiga nilai utama yaitu integritas, keunggulan, dan kerjasama tim. Di sini mahasiswa akan belajar mengenai ilmu kedokteran, kesehatan masyarakat, dan seni perawatan.

Mahasiswa yang menempuh pendidikan di sini akan berkesempatan untuk berkolaborasi dengan banyak pihak. Salah satunya yaitu dengan rumah sakit milik UPH yaitu Rumah Sakit Siloam. Di sini mahasiswa belajar dan mendapat pengetahuan secara praktik.

Universitas Islam Indonesia

Selain terakreditasi A oleh BAN-PT, Kedokteran UII juga mendapatkan pengakuan dari QS World University Rankings. Pendidikan Kedokteran di UII menyelenggarakan pembelajaran dengan metode PBL atau problem based learning. Melalui sistem ini, mahasiswa akan menjadi pusat pembelajaran.

Universitas Tarumanegara

Fakultas Kedokteran di Universitas Tarumanegara didirikan pada tahun 1965 dan memiliki visi untuk unggul di Asia Tenggara dengan jiwa integritas, profesionalisme, dan entrepreneurial.

Mahasiswa yang berkuliah di Fakultas Kedokteran ini akan mendapat beragam fasilitas. Di antaranya yaitu ruang diskusi, bermacam-macam laboratorium, perpustakaan, dan juga kesempatan untuk praktik di berbagai klinik rekanan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia...

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke...

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

CPNS BPIP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP ikut berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021. Badan ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai untuk berbagai jabatan. Berikut ini informasi...

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

CPNS Kejaksaan Agung SMA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi. Beberapa lembaga pemerintah juga membuka pendaftaran untuk beberapa jabatan dengan syarat pendidikan minimal SMA/sederajat. Salah satu...