12 Sekolah Kedinasan Favorit di Indonesia

oleh | Nov 28, 2019 | Blog | 0 Komentar

Sekolah Kedinasan saat ini tengah menjadi salah satu sekolah favorit bagi para mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikannya setelah lulus dari jenjang pendidikan sebelumnya. Dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Sekolah Kedinasan memiliki banyak sekali kelebihan.

Diantaranya adalah biaya kuliah yang lebih murah bahkan gratis, jaminan dari ikatan dinas, dan lulus kuliah bisa langsung kerja. Sekarang, banyak sekali daftar Sekolah Kedinasan yang ada di Indonesia. Lalu, apa sajakah daftar dari Sekolah Kedinasan yang banyak diminati oleh para mahasiswa baru?

Berikut adalah daftar Sekolah Kedinasan favorit yang ada di Indonesia yang wajib untuk Anda ketahui:

1. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) merupakan salah satu Sekolah Kedinasan yang sangat tepat bagi Anda para pecinta dunia matematika, statistik, data serta komputer. Perguruan tinggi yang satu ini merupakan Sekolah Kedinasan yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik sejak 1958.

Nah, untuk sekolah yang satu ini hanya khusus bagi pelajar yang berasal dari jurusan IPA. Lulusan dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) tersebut nantinya akan mendapatkan gelar yakni S.ST. (Sarjana Sains Terapan).

STIS memiliki beberapa program studi yang bisa Anda pilih, diantaranya yakni sebagai berikut:

  • Program Studi D-IV Statistika terdiri atas Peminatan Sosial Kependudukan dan Peminatan Ekonomi.
  • Program Studi D-IV Komputasi Statistik.

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik hanya menyediakan dua jurusan untuk program diploma IV ini sendiri yaitu jurusan Komputasi Statistik dan jurusan Statistika, yang mana dengan beban masing-masing bidang studi adalah 140 sampai 160 SKS.

Sedangkan, untuk jurusan Statistika sendiri dibagi menjadi 2 peminatan, yakni Statistika Ekonomi. Dimana, peminatan tersebut bertujuan untuk melatih mahasiswa agar bisa melaksanakan kegiatan serta analisis dari data statistic tentang perekonomian.

Sedangkan untuk jurusan yang kedua yaitu ada sosial kependudukan. Jurusan yang satu ini bertujuan untuk mempelajari statistika terapan terutama dalam bidang kependudukan, demografi serta statistic sosial.

Sementara itu, untuk jurusan komputasi statistik merupakan jurusan yang mempelajari tentang teknik pengolahan data, membuat sebuah program analisis data serta menyusun sistem informasi statistik. Nah, bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menjadi mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)?

2. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

Siapa yang tidak kenal dengan Sekolah Kedinasan yang satu ini? STAN (Sekolah Tinggi Sandi Negara) merupakan Sekolah Kedinasan yang sudah berdiri sejak tahun 1952. Sekolah yang satu ini juga sering disebut dengan nama PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN).

Sekolah tinggi yang berada di bawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan RI yang satu ini menjadi salah satu sekolah yang selalu menjadi favorit bagi para calon mahasiswa setiap tahunnya. Tak ayal, jika para pendaftar selalu mencapai ribuan orang.

Berbagai macam fasilitas diberikan oleh perguruan tinggi tersebut untuk bisa mencetak lulusan terbaik. Fasilitas yang bisa didapatkan ialah sekolah gratis tanpa dipungut biaya, perguruan tinggi kedinasan yang tidak ada asrama bagi para mahasiswanya dan para mahasiswa STAN yang sudah lulus akan diangkat menjadi CPNS.

STAN sendiri mempunyai program studi yang dikhususkan bagi para lulusan SMA, MA ataupun SMK. Beberapa program studi yang dimiliki oleh STAN ialah sebagai berikut:

  • Diplom III/IV Akuntansi
  • Diploma I/III Pajak
  • Diploma III Penilai/Pajak Bumi dan Bangunan
  • Diploma I/III Kepabeanan dan Cukai
  • Diploma I/III Kebendaharaan Negara
  • Diploma III Manajemen Aset.

Sementara itu, untuk program studi STAN non-reguler ialah sebagai berikut:

  • Diploma III Pajak dengan Kurikulum Khusus
  • Diploma III Akuntansi dengan Kurikulum Khusus
  • Diploma IV Akuntansi (Tugas Belajar)

Untuk program studi diploma I sendiri dilaksanakan selama dua semester (dalam waktu 1 tahun) serta proses belajarnya dilaksanakan di Kampus STAN Jakarta dan Balai diklat keuangan yang ada di Palembang, Medan, Makassar, Manado, Balikpapan, Cimahi, Malang dan Yogyakarta.

Sementara itu, untuk diploma II sendiri dilaksanakan selama 6 semester (dalam waktu 3 tahun) dan berada di Kampus PKN STAN yang ada di Jakarta.

3. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

Di daftar berikutnya ada STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara). Sekolah yang berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara negara yang satu ini berada di daerah sentul, Bogor, jawa Barat.

Perguruan tinggi tersebut memberikan materi kepada pada tarunanya tentang ilmu intelijen. Tak hanya itu saja, bahan perguruan tinggi tersebut juga memberikan materi fisik dan mental yang keras.

Tujuan dari berdirinya Sekolah Kedinasan yang satu ini ialah untuk menyiapkan para mahasiswa agar bisa menjadi ahli intelijen yang memiliki kemampuan akademik serta keahlian yang professional. Di dalam perguruan tinggi tersebut, ternyata ada dua jurusan yakni Analisis dan Agen.

Jika Anda berminat untuk menjadi bagian dari Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), pastikan bahwa Anda memiliki fisik dan mental yang kuat serta kemampuan akademik yang baik.

4. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)

Sekolah Tinggi Sandi Negara merupakan salah satu Sekolah Kedinasan yang mempelajari tentang dunia keamanan data serta dunia internet. Sekolah yang satu ini dibawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Bagi Anda yang berminat untuk bergabung di dalamnya, lama pendidikan yang harus Anda tempuh yakni selama 4 tahun dengan gelar diploma IV. Di dalam Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) tersebut, hanya ada dua program studi yakni D-IV Teknik Persandian dan D-IV Manajemen Persandian.

Untuk Teknik Persandian sendiri dibagi menjadi 2 peminatan yaitu Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi serta Teknik Kripto. Untuk pembagian dari bidang studi tersebut dilakukan pada semester 1. Sementara itu, untuk peminatan dilakukan pada semester ke-3 yakni pada bidang studi Teknik Persandian.

Sama halnya dengan beberapa Sekolah Kedinasan yang lain, untuk sistem penerimaan mahasiswa baru ini sendiri menggunakan sistem gugur pada setiap seleksi. Oleh karena itu, jika Anda berminat untuk menjadi bagian dari Sekolah Tinggi Sandi Negara, alangkah baiknya untuk menyiapkan persiapan selama jauh-jauh hari.

5. AAL (Akademi Angkatan Laut)

AAL (Akademi Angkatan Laut) merupakan sebuah pendidikan TNI angkatan laut yang ada di Krembangan, Surabaya, Jawa Timur. Jika Anda bergabung dalam pendidikan yang satu ini, maka Anda akan menghabiskan waktu selama 4 tahun dan lulus dengan gelar S.ST.Han serta memperoleh gelar pangkat Letda (Letnan Dua).

Di AAL ini, ada beberapa jurusan studi, seperti:

  • D-IV Teknik Elektronika Kapal Perang
  • D-IV Teknik Mesin Kapal Perang
  • D-IV Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut
  • D-IV Manajemen Pertahanan Matra Laut Aspek Darat
  • D-IV Manajemen Pertahanan Matra Laut.
  1. AAU (Akademi Angkatan Udara)

Akademi yang satu ini berada di Yogyakarta dan dekat dengan Bandara Adi Sucipto. Pendidikan yang harus ditempuh oleh para taruna AAU ini sendiri ialah selama 4 tahun. Setelah menjalani pendidikan selama 4 tahun, para lulusan akan memperoleh gelar S.ST.Han serta mendapatkan gelar pangkat Letda (Letnan Dua).

Beberapa jurusan yang ada di AAU (Akademi Angkatan Udara) ini sendiri ialah sebagai berikut:

  • D-IV Teknik Manajemen Industri Pertahanan
  • D-IV Teknik Elektronika Pertahanan
  • D-IV Teknik Aeronautika Pertahanan.

6. AKMIL (Akademi Militer)

Hingga saat ini, Akademi Militer masih banyak diminati oleh para lulusan baik itu SMA, MA ataupun SMK. Akademi yang satu ini bertempat di Kota Magelang, Jawa tengah, Indonesia. Akademi ini sendiri nantinya akan mencetak lulusan perwira TNI Angkatan Darat dengan gelar yaitu S.ST.Han (Sarjana Terapan Pertahanan).

Nah, setelah taruna lulus dari AKMIL ini maka luluna tersebut akan menjadi perwira pertama dan memiliki pangkat Letda (Letnan Dua).

7. AKPOL (Akademi Kepolisian)

Sama seperti akademi sebelumnya, akademi yang satu ini juga memiliki banyak sekali peminat. Tak heran jika AKPOL (Akademi Kepolisian) menjadi salah satu akademi favorit dengan pendaftar yang mencapai ribuan setiap tahunnya.

Akademi Kepolisian itu sendiri adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi yang meluluskan serta mencetak para perwira POLRI. Untuk pendidikan dari Akademi Kepolisian yang satu ini berada di Semarang, Jawa Tengah.

Pendidikan yang dilaksanakan selama 4 tahun tersebut akan mencetak lulusan dengan pangkat Ipda (Inspektur Polisi Dua) dan akan nantinya akan mendapatkan gelar yaitu STK (Sarjana Terapan Kepolisian).

Butuh persiapan yang matang terutama bagi Anda yang ingin bergabung bersama dengan Akademi Kepolisian. Hal ini karena ada beberapa tahapan tes yang harus Anda lalui. Beberapa tahapan tes tersebut seperti tes akademis, tes fisik, tes psikologi, serta tes kesehatan. Untuk sistem penerimaan mahasiswa baru dari Akademi Kepolisian menerapkan sistem gugur pada setiap tahapan.

8. STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)

Sekolah tinggi yang satu ini merupakan Sekolah Kedinasan yang berada di lingkungan Kementerian Perhubungan. Sekolah tersebut menyelenggarakan pendidikan dengan basis vokasi dan akademik terutama dalam bidang transportasi darat. Untuk letak kampus STTD ini sendiri berada di Bekasi, Jawa Barat.

Pada awalnya, kampus tersebut memiliki nama Akademi Lalu Lintas atau AAL. Akan tetapi, sejak tahun 200 nama kampus ini sendiri diganti menjadi STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat) dan berada di bawah naungan Departemen Perhubungan.

Beberapa program studi yang dimiliki oleh STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat) ialah sebagai berikut:

  • Diploma II Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB)
  • Diploma III Lalu Lintas dan Angkatan Jalan (LLAJ)
  • Diploma III LLASDP
  • Diploma III Perkereta Apian
  • Diploma IV Transportasi Darat.

9. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

Sekolah Kedinasan favorit berikutnya adalah IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri). Mungkin Anda sudah banyak menemukan info Sekolah Kedinasan tersebut. ya, hingga saat ini, IPDN masih menjadi idaman bagi sebagian besar lulusan SMA atau MA yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Perguruan tinggi yang satu ini berada di bawah naungan dari Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia dan memiliki tujuan agar bisa mencetak para lulusan agar siap berpartisipasi dalam bidang pemerintahan. Baik pada tingkat pusat ataupun daerah.

Ada beberapa program studi yang dimiliki oleh IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) tersebut, diantaranya adalah:

  • D-IV Politik Pemerintahan
  • D-IV Manajemen Sumber Daya Aparatur
  • D-IV Pembangunan dan Pemberdayaan
  • D-IV Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil
  • D-IV Keuangan Daerah
  • S1 Manajemen Keuangan
  • S1 Manajemen Pembangunan
  • S1 Manajemen Pemerintahan
  • S1 Manajemen Sumber Daya Manusia
  • S3 Ilmu Pemerintahan.

10. STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

Sekolah Kedinasan yang satu ini merupakan sekolah tinggi yang berada di bawah BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika). Para lulusan sekolah tinggi yang satu ini akan diangkat menjadi PNS BMKG serta ditempatkan di seluruh kantor BMKG yang ada di Indonesia.

Ada beberapa jurusan yang terdapat di dalam STMKG. Nah, jika Anda berminat untuk masuk ke dalam sekolah tinggi yang satu ini, berikut beberapa jurusan yang bisa Anda pilih:

  • Instrumentasi
  • Geofisika
  • Klimatologi
  • Meteorologi.

Sama halnya dengan beberapa Sekolah Kedinasan lain, untuk bisa menjadi bagian dari Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tersebut, Anda harus menjalani serangkaian tes. Beberapa tes tersebut ialah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) serta Tes Akademik yang terdiri atas beberapa mata pelajaran seperti Bahasa Inggris, Fisika dan Matematika.

Setelah Anda menjalani tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan tes Akademik, berikutnya Anda akan menjalani tes wawancara dan juga tes kesehatan. Apabila Anda cukup berminat untuk masuk ke dalam STMKG, tentu saja Anda harus menyiapkannya dengan matang jauh sebelum hari tes tiba.

11. STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia)

STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia) merupakan Sekolah Kedinasan yang berada di bawah naungan Kementrian Penerbangan Indonesia. Sekolah tersebut berada di Ibu Kota Jakarta dan didirikan pada tahun 1952. Sebelum menjadi STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia), sekolah tinggi yang satu ini dahulunya bernama API (Akademi Penerbangan Indonesia).

Adapun beberapa jurusan yang ada di STPI:

  • Jurusan Manajemen Penerbangan
  • Jurusan Keselamatan Penerbangan
  • Jurusan Teknik Penerbangan
  • Jurusan  Penerbangan.

Pastinya, bagi Anda yang berminat untuk menjadi bagian dari STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia) ini, Anda harus menjalani beberapa tahapan seleksi, seperti tes akademik, tes kesehatan, psikotes serta seleksi wawancara. Berbagai macam tahapan tes tersebut bertujuan agar bisa menyaring calon taruna terbaik untuk bisa menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI).

Para lulusan STPI ini nantinya dapat bekerja di beberapa perusahaan maskapai penerbangan. Tak hanya itu saja, bahkan para lulusan juga dapat bekerja perusahaan penyedia lalu lintas udara maupun perusahaan pengelolaan bandara.

Nah, bagi Anda yang bercita-cita ingin bekerja di bidang penerbangan, sekolah tinggi yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat bagi Anda untuk menempuh pendidikan.

Itulah 12 Sekolah Kedinasan paling favorit yang ada di Indonesia. Mungkin, bisa dikatakan bahwa kedinasan yang satu ini memiliki seleksi yang cukup rumit untuk bisa masuk ke dalamnya jika dibandingkan dengan universitas lain. Hal ini, karena mahasiswa ataupun taruna akan dididik untuk bisa menjadi kader yang baik dan berintegritas tinggi.

Tak hanya itu, setiap lulusan dari Sekolah Kedinasan juga dituntut untuk mengabdi kepada negara dengan ditempatkan di seluruh Indonesia. Karena hal inilah yang membuat beberapa Sekolah Kedinasan yang ada di Indonesia menerapkan sistem seleksi yang rumit dan tidak mudah.

Namun, bagi Anda yang berminat untuk masuk ke salah satu sekolah tersebut, tenang saja. Hal ini karena banyak sekali tips masuk Sekolah Kedinasan yang bisa  Anda dapatkan di internet. Jangan lupa pula untuk mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelum hari seleksi tiba. Jadi, untuk Anda yang sedang mengincar salah satu jurusan tadi, semoga beruntung ya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…