21 Persyaratan Wajib Yang Harus Anda Siapkan Masuk IPDN

oleh | Feb 19, 2020 | Blog | 0 Komentar

IPDN – Institut Pemerintahan Dalam Negeri, merupakan suatu lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berada di dalam lingkungan kementrian Dalam Negri Republik Indonesia, yang mempunyai tujuan untuk mempersiapkan kader pemerintah yang terbaik tingkat daerah ataupun tingkat pusat. Pada artikel ini admin akan menjelaskan bagaimana cara pendaftaran IPDN dan 21 persyaratan wajib yang harus anda siapkan ketika mau masuk IPDN. Tentunya belum semua orang tau bagaimana cara mendaftar IPDN dan apa saja persyaratanya dan juga seiring waktu persyaratannya akan sering berubah – ubah menyesuaikan kebutuhan.

Di tahun 2020 ini selesksi IPDN akan dilakukan melalui seleksi yang di selenggarakan secara nasional yang sudah menggunakan sistem online. Sebelum anda mensiapkan segala hal persyaratan pendaftaran IPDN anda juga harus memilih jurusan yang anda akan ambil terlebih dahulu, jangan sampai anda mengalami salah jurusan di tengah jalan. Ada dua fakultas di dalam IPDN yang pertama Fakultas Politik Pemerintahan dan Fakultas Manajemen Pemerintahan di dalam fakultas itu ada beberapa jurusan juga yang dapat anda pilih dan jadikan jalan anda untuk mengejar suatu kesuksesan. Sekarang kita akan masuk ke artikel inti pertama yaitu mengenal fakultas dan jurusan IPDN.

Macam – Macam Fakultas Dan Jurusan Yang Ada Di IPDN

  • Fakultas Politik Pemerintahan, untuk para pembaca yang tertarik di dalam dunia politik sangat cocock sekali untuk memilih fakultas ini. Karena di dalam fakultas ini akan di ajari ilmu tentang hukum, ilmu tentang pemerintahan, ilmu tentang kemasyarakatan, dan ilmu tentang politik. Di dalam fakultas ini juga terdapat 2 jurusan yaitu ( Jurusan Kebijakan Pemeringahan dan Jurusan Politik Pemerintahan )
  • Fakutas Manajemen pemerintahan , bagi pembaca yang mempunyai keingingan atau mimpi untuk bergabung di balik layar dunia pemerintahan dapat memilih fakultas ini. Kerena banyak sekali mulai tahun 2019 kemarin anak – anak milenial yang malah tertarik dalam dunia pemerintahan di bandingkan dengan dunia IT atau teknologi. Di dalam fakultas ini terdapat beberapa jurusan yang dapat anda pilih yaitu (Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keunganan, Manajemen Pembangunan , Manajemen Pemerintahan, dan Kebijakan Pemerintahan)

Profile Lengkap Fasilitas Kampus Pusat Jatinangor IPDN

Dari sumber (Wikipedia) Kampus Pusat Jatinangor mempunyai fasilitas berikut ini :

  • Mempunyai ruang kuliah se luas 8.820 m2 yang terdiri dari 64 ruangan ( 8 Ruangan besar dan 56 Ruangan Kecil)
  • Mempunyai perpustakaan seluas 400m2 yang di dalamnya mempunyai koleksi buku 1947 judul dan 48.375 eksemplar.
  • Mempunyai laboratorium yang mempunyai luas ruangan seluruhnya 800m2 yang terdiri dari laboratorium terpdau ( computer, bahasa dan juga pemerintahan )
  • Mempunyai Lembaga Penelitian yang mefasilitasi ruang penelitian dan pengabdian masyarakat yang mempunyai luas 100m2.
  • Seluruh kegiatan mahasiswa mempunyai ruang 720m2 yang mempunyai lahan latihan praktik mengembangkan kemepmimpinan Praja Disusun Organisasi Korps Praja.
  • Mempunyai ruang workshop yang memiliki luas 1.142m2
  • Mempunyai Ruang Olahraga 1.656m2, Ruang Studio 500m2, Ruang Komputer 200m2, Ruang Serbaguna 3.306m2, Asrama mahasiswa 39.300m2 dan yang lainya.
  • Mempunyai ruang khusus perkantoran yang di gunakan untuk operasional kegiatan IPDN dan mempunyai komplek perumahan pejabat dan dosen fungsiona IPDN yang berjumlah 96 unit, asrama pengasuh 1 unit, asrama praja 40 asrama, dan poliklinik praja dan pegawa IPDN 1 unit.
  • Mempunyai fasiltas umum tempat ibadah ( 1 buah masjid, 1 buah gereja, 1 buah greja protestan, dan 1 buah pura). Mempunyai tempat olahraga ( 1 buah lapangan bulu tangkis, 4 buah lapangan basket, 1 lapangan squash, 2 lapangan voli, 1 kolam renang, 1 fintes centree dan koprasi pegawai IPDN.

Nah itu dia teman – teman profile singkat dari kampus pusat jatinangor IPDN dan juga fakultas dan jurusan yang dapat anda pilih ketika akan mendaftar IPDN. Selanjutnya kita akan masuk kedalam artikel inti dimana kita akan membahas 21 persyartan yang harus anda siapkan untuk melakukan tahap administrasi IPDN. Berikut 21 syaratnya :

Ini Dia 21 Syarat Wajib Di Siapkan Untuk Masuk IPDN

21 syarat ini admin ambil dari berbagai macam sumber dan tokoh yang tentunya sudah berhasil masuk IPDN. Berikut syaratnya :

  • Persyaratan Administrasi Nilai

Persyaratan yang paling penting juga nih teman – teman, dimana kalian jika ingin mendaftar IPDN harus mempunyai ijazah minimal Sekolah Menengah Umum (SMU) atau Madrasah Aliyah (MA) lulusan paket C juga dapat masuk akan tetapi harus memenuhi ketentuan :

Mempunyai nilai rata – rata ijazah minimal 70 tujupuluh untuk nilai rata – rata rapor dan juga Nilai Ujian Sekolah dari lulusan 2016 s.d. 2019.

Mempunyai rata – rata ijazah bagi provinsi Papua dan Papua Barat mempunyai Minimal 65 enampuluh lima. Untuk nilai rata – rata rapor dan Nilai Ujian Sekolah dari lulusan 2016 s.d. 2019.

  • Berkas KTP atau KK dan Surat Keterangan Penduduk Bagi Yang Belum Mempunyai KTP

Sudah mempunyai KTP elektronik bagi peserta yang sudah mempunyai usia 17 tahun atau juga dapat menunjukan Kartu Keluarga (KK) untuk yang belum bisa mendapatkan KTP juga harus melampirkan Suarat Keterangan penduduk yang sudah di tanda tangani oleh pejabat yang berwenang di tempat anda tinggal.

  • Surat Keterangan Peserta Ujian Nasional

Selanjutnya anda juga harus melampirkan surat keterangan ujian nasional juga pada pengumpulan berkas IPDN. Jadi tolong jangan di lupakan atau malah di hilangkan ya.. karena banyak juga siswa/siswi yang menganggap surat ini tidak cukup dan tidak dapat di gunakan untuk apa – apa.

  • Surat Keterangan Orang Asli Papua Untuk Peserta OAP

Jika anda merupakan salah satu warga atau Orang Asli Papua (OAP) anda juga harus memberikan lampiran tentang surat ini yang sudah di tanda tangani kepala Badan Kepegawaian Daerah atau Kota masing – masing dan harus mengetahui ketua Majelis Rakyat Papua (MRP). Persyaratan ini hanya khusus untuk pendaftar yang merupakan dari Papua jadi jika anda bukan berasal dari Papua anda tidak perlu menyiapkan persyaratan yagn satu ini ya.. teman – teman.

  • Menyiapkan Alamat Email Yang Valid dan Pas Foto Terakhir

Selanjutnya anda harus menyiapkan alamat email yang dapat di hubungi serta pas foto terakhir anda. tujuanya mengumpulkan alamat email karena dapat di gunakan jalan untuk memberikan informasi bagi anda dan jangan lupa pas foto Karena sangat penting sekali ini di tahap administrasi jadi jangan sampai anda ketinggalan. Karena banyak kasus siswa/siswi yang gugur tahap administrasi hanya dikarenakan tidak mengumpulkan pas foto.

  • Sedang Tidak Menjalani Atau Terancam Di Penjara

Syarat selanjutnya adalah, dimana anda tidak boleh sedang berada di dalam masalah. Yang di maksut dengan di dalam masalah adalah, dimana anda tidak sedang berususan dengan polisi karena masalah kejahatan atau masalah yang lainya dimana dapat menimpulkan anda di penjara.

  • Tidak Mempunyai Bekas Tato

Nah ini juga penting juga untuk di perhatikan bagi anak – anak milenial jaman sekarang dimana tato sudah marak di mana – mana. Jika anda mempunyai tato ataupun bekas tato anda tidak akan dapat masuk kedalam IPDN, karena di dalam peraturannya sudah di rancang dimana seorang mahasiswa IPDN tidak boleh mempunyai tatot ataupun bekas tato sedikitpun sama sekali.

  • Mempunyai Keshatan Mata Yang Bagus Dan Tidak Menggunakan Lensa Kotak Atau Kacamata

Selanjuntya para pendaftar IPDN juga harus mempunyai kesehatan mata yang bagus dan tidak minus ataupun plus. Jadi bagi anda yang mungkin sekarang sudah mengalami minus dan menggunakan kacamata tidak dapat mengikuti seleksi IPDN. Maka dari itu admin anjurkan bagi para pendaftar untuk mulai dari jauh – jauh hari menjaga kesehatan matanya agar tidak mengalami minus ataupun plus.

  • Sanggup Untuk Tidak Menikah Atau Kawin Selama Masa Pendidikan

Nah dengan mendaftar di IPDN anda juga harus berjanji dan sanggup menaati semua aturanya, jika melanggar anda juga dapat di keluarkan. Salah satu aturan yang menurut admin lumayan berat adalah para pelajar sanggup untuk tidak menikah atau kawin selama menjalani masa pendidikan. Karena tentunya banyak sekali nih generasi – generasi mudah yang mempunyai cita – cita nikah muda hehe. Jadi bisa di pertimbangkan dulu salah satu persyaratan ini agar tidak rugi di kemudian ahri.

  • Mau Dan Bersedia Untuk Di Tempatkan Di Seluruh Kampus IPDN.

Dengan mendaftar di IPDN anda juga harus sanggup dan bersedia untuk di tempatkan dimanapun. Jika anda merupakan salah satu orang yang belum bisa hidup sendiri ( Mandiri ) mungkin anda harus melatihnya jauh – jauh hari sebelum mendaftar IPDN. Karena ketika mendaftar IPDN anda berarti sanggup untuk di tempatkan dimanapun selama masa pendidikan.

  • Bersedia Mematuhi Segala Aturan Yang Ada Di Kampus IPDN

Selanjutnya anda harus juga menaati segala peraturan IPDN yang cukup banyak dan biasanya focus pada kedisiplinan. Salah satu persyartanya admin sudah sebutkan di atas tadi, dimana pelajar IPDN tidak di perkenakan sudah menikah atau menikah pada masa pendidikan. Jika anda melanggar peraturan salama masa pendidikan IPDN tentunya anda akan mendapatkan konsekuensi yang berbeda – beda. Ada yang berupa peringatan dan ada juga yang berujung fatal hingga anda di keluarkan.

  • Bersedia Untuk Di Berhentikan Sebagai Praja IPDN Ketika Melanggar Aturan Yang Sudah Ditentukan

Oke teman – teman di peraturan ke 12 anda harus bersedia untuk di berhentikan ketika melanggar aturan IPDN dengan alasan apapun. Jika and merupakan salah satu orang yang usil dan kurang taat terhadap aturan yang ada di sekitar anda, sudah saat nya anda berganti gaya hidup agar anda tidak di keluarkan ketika melanggar aturan yang di berikan oleh kampus IPDN.

  • Tidak Menggunakan Identitas Palsu Pada Saat Pendaftaran IPDN

Yang selanjutnya anda tidak di perbolehkan untuk memalsukan indentias ketika pada tahap adminsistrasi. Ketika ada seseorang yang terbukti menggunakan identitas palsu maka petugas yang berwenang berhak memulangkan anda ke kota asal tanpa di berikan uang transport dan yang lainya. Karena banyaknya tingkat kecurangan dengan menggunakan identitas palsu akhirnya petugas yang berwenang membuat juga aturan yang memberikan efek jera bagi para pemalsu data.

  • Pendaftar Merupakan Asli Dari Warga Negara Indonesia

Syarat awal dan wajib yang harus anda penuhi adalah, anda merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Jika anda bukan merupakan warga Negara Indonesia maka anda tidak akan masuk atau lolos ke tahap berikutnya.

  • Mengikuti Bimbel Kedinasan Untuk Mendapatkan Materi Test

Anda juga di rekomendasikan untuk mengikuti bimbel kedinasan di Indonesia College agar mendapatkan materi test yang tepat dan di ajari oleh seseorang yang tepat. Karena sudah banyak sekali alumni Indonesia college yang berhasil masuk ke IPDN. Sebenarnya aturan ini tidak wajib di lakukan, akan tetapi guna mendukung usaha anda dan meningkatkan presentasi kelolosan anda, anda dapat menggunakan bimbel Indonesia College.

Kegiatan Pendukung Agar Anda Dapat Lolos IPDN

Agar anda dapat lolos IPDN dengan mudah tentunya anda juga harus melakukan kegiatan yang mendukung kelolosan anda. jangan buang waktu anda untuk kegiatan yang sia – sia dan tidak mendapatkan hasil seperti bermain. Berikut kegiatan pendukungnya :

  • Belajar materi test IPDN, anda juga harus menguasai materi test yang akan di ujikan pada masa test datang. Tidak sedikit juga yang akan anda pelajari maka dari itu anda juga harus menyiapkannya dari jauh hari.
  • Menyiapkan nilai ujian nasional yang bagus, dengan nilai ujian nasional yang kecil pasti anda tidak akan lolos pada tahap administrasi IPDN maka dari itu sejak duduk di banku SMU anda harus menyiapkan diri untuk menghadapi UN sebagus mungkin agar mendapatkan nilai yang bagus atau perfect dengan nilai 100.
  • Meminta doa kepada orang tua, dengan segala usaha yang telah anda siapkan dan lakukan tentunya tidak lengkap jika tidak di barengi dengan dukungan dan doa orang tua. Doa orang tua akan melancarkan perjalanan anda.
  • Berdoa kepada sang pencipta. Setelah melakukan usaha yang banyak dan meminta doa kepada orang tua langkah terakhir adalah anda berdoa agar semua usaha yang anda lakukan membuahkan hasil yang memuaskan dan maksimal.

Nah itu dia teman – teman artikel mengenai IPDN, jangan sampai anda tidak mengetahui semua hal di atas ketika akan mendaftar IPDN agar anda tidak mengalami kekurangan data ataupun kekurangan informasi. Jangan lupa juga untuk mengikuti bimbel di Indonesia college agar langkah anda menjadi lebih depan di bandingkan pendaftar yang lain karena belum tentu pendaftar yang lainmengikuti bimbel juga. Dengan mengikuti bimbel anda dapat mendapatkan materi yang tidak di dapatkan oleh pendaftar lain yang tidak mengikuti bimbel di Indonesia College.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

STIS –  atau dengan nama lain Sekolah Tinggi Ilmu Statistik merupakan Sekolah Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BPS atau Badan Pusat Statistik. Sekolah ini bertujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang statistika dan...

6 Cara Sukses Masuk IUP Medicine UGM

6 Cara Sukses Masuk IUP Medicine UGM

IUP MEDICINE UGM - International Undergraduate Program (IUP) juga sudah tersedia di program studi kedokteran  Universitas Gadjah Mada (UGM). IUP Medicine UGM termasuk kedalam bagian dari FKKMK yang ada di UGM, yaitu Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan...

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

6 Tips Sukses Masuk STIS Terupdate

KEDINASAN STIS – bisa juga disebut dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Statistik merupakan Sekolah Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BPS atau Badan Pusat Statistik. Sekolah ini memiliki sebuah tujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di...

6 Tips Sukses Masuk PKTJ Terupdate

6 Tips Sukses Masuk PKTJ Terupdate

PKTJ TEGAL – PKTJ Tegal atau biasa juga di sebut dengan nama Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Perguruan Tinggi Kedinasan ini memiliki...

Kelebihan Masuk AKMIL Yang Harus Kalian Ketahui

Kelebihan Masuk AKMIL Yang Harus Kalian Ketahui

AKMIL – Akademi Militer atau biasa disebut dengan AMILMerupakan sebuah lembaga Perguruan Tinggi Kedinasan yang mencetak para TNI Angkatan Darat. Sekolah Kedinasan AKMIL sendiri berada di bawah naungan Kementerian Pertahanan Nasional RI. Akademi Militer atau AKMIL...

6 Tips Sukses Masuk Kedinsan ATKP 2020

6 Tips Sukses Masuk Kedinsan ATKP 2020

KEDINASAN ATKP – Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan atau yang dikenal dengan ATKP merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Indonesia. Sekolah kedinasan ATKP memiliki tujuan untuk melaksanakan...

6 Tips Sukses Masuk Kedinasan PIP 2020

6 Tips Sukses Masuk Kedinasan PIP 2020

KEDINASAN PIP – bisa juga disebut dengan nama Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di bidang Pelayaran dan Kepelabuhan yang berada di kota Semarang. Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan...

6 Tips Sukses Masuk STIP 2020

6 Tips Sukses Masuk STIP 2020

KEDINASAN STIP – Atau bisa disebut juga dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Dulunya dikenal dengan nama Akademi Ilmu Pelayaran atau...

6 Tips Sukses Masuk STPI Terbaru

6 Tips Sukses Masuk STPI Terbaru

KEDINASAN STPI - Saat ini Perguruan Tinggi Kedinasan atau PTK tengah menjadi sebuah primadona baru di kalangan muda-mudi bangsa untuk melanjutkan studi ke tahap Perguruan Tinggi. STPI ataubisa disebut juga dengan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia merupakan...