5 Rekomendasi Kampus DKV Terbaik di Indonesia

oleh | Sep 7, 2023 | Blog, Jurusan Kuliah, PTN, PTS, Tips | 0 Komentar

Jurusan DKV terbaik di Indonesia – Apakah kamu memiliki ketertarikan di bidang seni dan visual? Jika iya, jurusan DKV bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyalurkan bakat dan minatmu, loh! Tidak hanya menuangkan ide dalam wujud karya seni visual, di jurusan DKV kamu juga akan mempelajari aspek psikologis penyampaian informasi melalui karya tersebut. 

Di era serba digital saat ini, lulusan jurusan DKV banyak dibutuhkan di dunia kerja baik sebagai graphic designer, ilustrator, animator, hingga UI/UX designer. Oleh sebab itu, menemukan jurusan DKV saat ini juga bukanlah hal yang sulit karena sudah banyak kampus baik PTN maupun PTS yang membuka jurusan ini. Tapi, jika kamu masih bingung untuk menentukan kampus yang tepat, informasi pada artikel ini bisa membantu kamu!

Yuk, simak beberapa rekomendasi kampus dengan jurusan DKV terbaik di Indonesia berikut!

Jurusan DKV terbaik di Indonesia

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB membuka jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) yang telah berdiri sejak tahun 1984. Pada tahun pertama kuliah, mahasiswa baru hanya akan terdaftar sebagai mahasiswa fakultas FSRD. Pemilihan program studi baru akan dilakukan pada akhir tahun bergantung pada minat dan pencapaian akademik tiap mahasiswa. 

Jurusan DKV ITB memiliki 4 jalur peminatan atau spesialisasi, yaitu Graphic Design, Advertising Visual Communication, Multimedia Visual Communication, dan Digital Visual Narrative. Jurusan DKV ITB memiliki beberapa kampus yang terletak di Kampus ITB Ganesa dan Kampus ITB Jatinangor. Meskipun dikenal sebagai kampus teknik, kualitas prodi DKV ITB tidak bisa diragukan lagi dengan akreditasi A dari BAN-PT dan peminat yang tinggi setiap tahunnya.

2. Institut Kesenian Jakarta (IKJ) 

IKJ yang semulanya bernama Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (LPKJ) ini telah berdiri sejak tahun 1970 dan berlokasi di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Dulunya, LPKJ membuka pendidikan enam bidang kesenian salah satunya Akademi Seni Rupa yang menjadi cikal bakal Fakultas Seni Rupa dan Desain yang saat ini menaungi program studi DKV di IKJ. Saat ini, prodi DKV IKJ juga telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT, loh!

Ada 3 peminatan yang bisa dipilih di program studi DKV IKJ, mulai dari Graphic Design & Interactive, Visual Narrative, atau Motion Design & Digital Animation. Jika tertarik, IKJ membuka seleksi bagi mahasiswa baru dengan materi seleksi yang terdiri dari penelusuran TPA dan minat, Pemahaman Prodi di Seni Rupa, Portofolio Karya, dan wawancara. Kamu bisa mendaftar dengan biaya pendaftaran sebesar Rp500.000 dengan biaya kuliah mulai dari Rp13.000.000 per semester. 

3. Institut Seni Indonesia (ISI)

Satu lagi pilihan kampus yang semuanya berisi mahasiswa berjiwa seni ada di Institut Seni Indonesia (ISI). Tidak tanggung-tanggung, ada 7 pilihan ISI yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagian besar Institut Seni Indonesia ini berdiri dari penggabungan beberapa akademi seni seperti ASRI, AMI, AKTI, hingga ASKI. 

Untuk program studi DKV sendiri bisa kamu temukan di ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, ISI Padangpanjang, ISI Denpasar, ISBI Aceh, dan ISBI Tanah Papua. Berminat melanjutkan studi DKV di ISI? Kamu bisa mengikuti berbagai jalur seleksi baik secara nasional melalui SNBP dan SNBT maupun ujian mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing ISI. 

Baca juga: Informasi 5 Macam Jurusan Desain dan Prospek Kerjanya

4. Universitas Negeri Malang (UM)

Jika kamu merencanakan untuk mengambil studi DKV di daerah Jawa Timur, Universitas Negeri Malang (UM) bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu. Kampus yang dulunya bernama IKIP Malang ini sudah membuka program studi DKV sejak tahun 2000 di bawah Jurusan Seni dan Desain dan Fakultas Sastra. 

Tidak perlu diragukan lagi, prodi DKV UM juga telah terakreditasi A oleh BANK-PT. Prodi DKV UM juga telah dilengkapi dengan berbagai sarana penunjang kegiatan akademik seperti Laboratorium Seni dan Desain yang lengkap dengan berbagai studio mulai dari studio fotografi, studio desain dan animasi, studio seni grafis, dan masih banyak lagi. 

5. Universitas Tarumanegara (Untar)

Pilihan lainnya untuk berkuliah DKV di wilayah Ibukota DKI Jakarta ada di Universitas Tarumanegara (Untar) yang berlokasi di Jakarta Barat. Program studi DKV Untar ada di Fakultas Seni Rupa dan Desain yang telah berdiri sejak tahun 1994. Prodi DKV Untar juga telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT yang membuatnya jadi pilihan favorit untuk menempuh studi DKV di Jakarta. 

Selain itu, pendidikan DKV di Untar juga didesain untuk bisa diselesaikan dalam 7 semester atau 3,5 tahun dan menerapkan sistem blended learning. Jika berminat untuk berkuliah di Untar, pendaftaran mahasiswa baru Untar dibuka setiap hari dengan biaya pendaftaran yang gratis melalui laman admisi Untar.  

Setelah menyimak 5 rekomendasi kampus DKV terbaik di atas, pilihan kamu jatuh di kampus yang mana, nih? Coba bagikan pilihanmu di kolom komentar, ya!

Baca juga: 5 Tips ini Bisa Membantu Kamu dalam Memilih Jurusan SNBT


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…