Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

6 Tips Sukses Masuk Kedinsan ATKP 2020

oleh | Jun 15, 2020 | Blog, Sekolah Kedinasan, Tips | 0 Komentar

KEDINASAN ATKP – Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan atau yang dikenal dengan ATKP merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Indonesia. Sekolah kedinasan ATKP memiliki tujuan untuk melaksanakan pendidikan profesional di program diploma bidang keahlian teknik dan keselamatan penerbangan yang terbuka bagi umum. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makasar beralamatkan di Jl. Poros Makassar Maros KM. 25 Maccopa Kode Pos : 90552 Sulawesi Selatan. Berikut adalah beberapa program studi yang di tawarkan oleh sekolah kedinasan ATKP Makasar, antara lain :

  1. tUntuk pendidikan Diploma  :
  2. Jurusan Teknik Penerbangan, yang terdiri atas program studi:
  3. Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara;
  4. Teknik Mekanikal Bandar Udara;
  5. Teknik Listrik Bandara;
  6. Teknik Bangunan dan Landasan Bandar Udara;
  7. Teknik Perawatan Pesawat Udara.
  8. Jurusan Keselamatan Penerbangan, yang terdiri atas program studi:
  9. Lalu Lintas Udara;
  10. Operasi Terminal Bandar Udara;
  11. Operasi Darat Bandar Udara;
  12. Komunikasi Penerangan;
  13. Aeronautika Information Service.
  14. Untuk non diploma :
  15. Teknik perawatan komputer (hardware);
  16. Marshalling;
  17. Teknik Digital, Radar Principle;
  18. Airport Information Officer (AIO);
  19. Awak Kabin Pesawat (Cabin Attendant);
  20. Apron Movement Controller (AMC).

Baca Juga Mengeni : Syarat dan Tata Cara Pendaftaran ATKP

Berikut 6 Tips Sukses Masuk Kedinasan ATKP Di Tahun 2020

  • Berdo’a kepada Tuhan YME

Untuk kalian yang akan masuk kedalam sekolah kedinasan Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makasar dianjurkan sebelum mengawali dan mengakhiri sesuatu untuk berdo’a terlebih dahulu. Hal ini di karenakan untuk memberikan rasa tenang dalam jiwa kalian dalam mengerjakan sesuatu, tidak terkecuali saat kalian mengerjakan tes di Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makasar) ini. Mintalah ketenangan batin dan ridho-NYA agar kalian fokus dalam mengerjakan setiap tahapan tes dan seleksi yang ada di Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makasar.

  • Carilah Informasi sebanyak mungkin mengenai ATKP

Tips ampuh lainnya adalah dengan mencari informasi terkait mengenai Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makasar. Informasi sekecil apapun akan sangat membantu kalian nantinya. Informasi-informasi tersebut bisa kalian dapatkan dengan cara memperlebar jaringan pertemanan kalian ataupun dengan cara memanfaatkan kemajuan teknologi dan Internet. Informasi-Informasi yang kalian kumpulkan nantinya akan menjadi sebuah acuan persiapan dalam menghadapi tahapan tes ataupun seleksi nantinya.

  • Melatih Fisik

Karena sekolah kedinasan Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makasar berbasis semi militer, kalian juga harus memperhatikan kondisi fisik kalian. Seoang calon taruna di sekolah kedinasan ini haruslah mempunyai kondisi fisik dan stamina yang prima. Mulailah rajin berolahraga sejak dini untuk melatih tubuh kalian. Kalian bisa memualinya dengan seperti melakukan lari, renang. Sit up, push up dan lainnya. Dengan menerapkan pola hidup sehat juga wajib kalian perhatikan dalam membantu mengembangkan tubuh kalian. Atur pola makan dan tidur sebaik mungkin. Selain itu dengan menerapkan hal ini tentunya juga akan menjaga kesehatan kalian kedepannya.

  • Pelajari Kumpulan Soal dan Materinya

Sebelum bertempur sebaiknya kalian mempersiapkan diri secara matang. Di tahap awal ada yang namanya tes akademik. Sebaiknya kalian mempelajari beberapa kumpulan soal dari tahun-tahun sebelumnya. Atau juga bisa mempelajari soal-soal yang di berikan pada saat SBMPTN karena tidak jauh berbeda.

  • Niat dan semangat yang teguh

Hal terpenting adalah niat dan semangat yang tak pernah goyah untuk mengerjakan guna mencapai sesuatu. Fokuskan tujuan kalian agar kalian bisa lolos seleksi masuk dan bisa bergabung menjadi bagian dari sekolah kedinasan Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makasar.

  • Kenali jenis dan tahapan tesnya

Berikut adalah beberapa jenis dan tahapannya :

  1. Tes Tertulis (Matematika dan Bahasa Inggris);
  2. Tes Kompetensi Dasar (TKD);

Disebut juga Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). TKD/SKD merupakan ujian yang mesti dilewati seluruh calon CPNS. Mudahnya, jika ingin mendaftar menjadi pegawai negeri, harus lulus TKD terlebih dahulu. Terbagi menjadi 3 yaitu, TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umum), dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi).

  • Psikotes;
  • Tes Kesehatan.

Demikian adalah beberapa tips yang dapat kalian lakukan guna membantu kalian untuk bisa masuk ke Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makasar. Persiapkan segala hal sejak dini agar hasilnya maksimal dan tetap fokus pada tujuan kalian.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!