6 Tips Sukses Masuk STIP 2020

oleh | Jun 15, 2020 | Blog, Matra Laut | 2 Komentar

KEDINASAN STIP – Atau bisa disebut juga dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Dulunya dikenal dengan nama Akademi Ilmu Pelayaran atau Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran Jakarta. Kampus STIP Jakarta berada di kawasan Marunda Makmur, Cilincing, Jakarta Utara. Berikut adalah beberapa program studi yang di tawarkan oleh sekolah kedinasan STIP, antara lain :

  1. Program Diploma IV Nautika;
  2. Program Diploma IV Teknika;
  3. Program Diploma IV Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK).

Bisa berkuliah di STIP tentunya merupakan suatu kebanggan tersendiri, salah satunya adalah prospek pekerjaan yang bisa kalian dapatkan setelah lulus. Sebagai contoh, berikut adalah beberapa prospek pekerjaan yang bisa kalian coba dan atau dapatkan setelah lulus dari sekolah kedinasan STIP, antara lain :

  1. TNI atau Polri;
  2. Industri Pelayaran;
  3. Instansi Pemerintah;
  4. Pengeboran Minyak;
  5. Perwira di atas kapal Asing serta Domestik;
  6. Perusahaan Pelayaran Nasional dan juga Internasional, BUMN, serta instansi swasta dan pemerintah yang bergerak pada bidang export import, surveyor, asuransi maritime, freight forwarder, bongkar muat, dan logistic.

Maka dari itu untuk kalian yang ingin bergabung ke sekolah kedinasan ini sebaiknya untuk mempersiapkan diri sedini mungkin. Perlu diketahui bahwa setiap tahunnya sekolah kedinasan ini selalu ramai akan para calon taruna barunya dan persaingan masuk kian makin ketat.

Baca juga mengenai : Syarat dan Tata Cara Pendaftaran STIP

Berikut 6 Tips Sukses Masuk STIP Di Tahun 2020

Berikut adalah beberapa tips sukses yang bisa kalian ikuti untuk bisa masuk kedalam sekolah kedinasan STIP, antara lain :

  • Berdo’a kepada Tuhan YME

Untuk kalian yang akan melanjutkan studi dan mencoba mendaftar ke sekolah kedinasan STIP sebaiknya untuk memulainya dengan berdo’a kepada Tuhan YME. Hal ini sangat dianjurkan untuk memberikan ketenangan batin kalian saat menghadapi tahapan tes dan seleksi di sekolah kedinasan STIP nantinya. Mintalah ridho dari Tuhan Yang Maha ESA agar kalian dimudahkan dalam segala urusan termasuk untuk masuk ke STIP nantinya. Serta jangan lupa untuk meminta ridho dari kedua orang tua kalian.

  • Latihan Fisik

Seperti yang diketahui bahwa sekolah pelayaran merupakan sekolah yang berbasis militer. Setiap harinya kalian akan di latih secara keras dan rutin. Maka dari itu rajinlah untuk berolahraga secara rutin. Hal ini juga bertujuan untuk membantu kalian dalam tes kemampuan fisik di sekolah kedinasan STIP. Kalian bisa mulai berlatih dengan cara melakukan lari, renang, push up, sit up, pull up dan sebagainya. Ini diperlukan, karena selain diharapkan mempunyai kecerdasan yang luar biasa para calon perwira juga diharapkan memiliki kemampuan fisik yang optimal.

  • Latihlah mental kalian

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta atau STIP adalah sekolah kedinasan yang berbasis militer, jadi tidak ada mental anak muda seusia SMA lagi di sekolah kedinasan. Kalian sebaiknya mempersiapkan diri sejak dini dinagku SMA dengan cara hidup secara disiplin dan on time. Perubahan yang akan terasa secara perlahan yaitu terhadap mental kalian nantinya. Tentunya STIP mencari para calon taruna dan taruninya memiliki mental baja dan tahan banting, karena nantinya mereka akan bekerja untuk melayani masyarakat dan menjadi bagian di lingkungan masyarakat.

  • Carilah Informasi sebanyak mungkin

Langkah selanjutnya yang dapat membantu kalian adalah dengan cara mencari informasi sebanyak mungkin mengenai Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta atau STIP ini. Informasi sekecil apapun akan membantu kalian pada nantinya. Disarankan untuk kalian mencari informasi di website resmi milik Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta atau STIP melalui https://stipjakarta.ac.id/en/home/

  • Persiapkan nilai akademik

Nilai akademik juga akan menjadi pertimbangan kalian untuk lolos atau tidaknya. Persiapkan nilai akademik yang bagus dan pertahankan. Sejak mengjinjakan kaki di bangku Sekolah Menengah dan sederajatnya, sebaiknya kalian belajar yang giat agar mendapatkan nilai akademik yang tinggi dan sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh pihak STPI.

  • Kenali jenis tes dan tahapannya

Berikut adalah jenis tes dan tahapannya :

  1. Seleksi administrasi meliputi kelengkapan persyaratan administrasi;
  2. Seleksi akademik maliputi: matematika, bahasa ingris dan fisika;
  3. Seleksi kesehatan oleh dokter / rumah sakit umum yang direkomendasikan oleh Dep. Kes / Poliklinik UPT diklat berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan;
  4. Seleksi wawancara;
  5. UPT akan melaksanakan tes kesehatan ulang;
  6. Bagi mereka yang diterima diwajibkan mengikuti psikoes di masing-masing UPT;
  7. Kululusan ditentukan sesuai pentahapanseleksi;
  8. Prosedur Pendaftaran;
  9. Waktu.

2 Komentar

  1. Irpan

    Apakah benar ka Kalau kita ngambil jurusan kepelabuhan, materinya fisika tidak ada

    Balas
    • rakka

      Manurut informasi ada kak Karena ada lab fisika

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Beragam Informasi Terkait Kedokteran UGM

Beragam Informasi Terkait Kedokteran UGM

Kedokteran UGM – Universitas Gadjah Mada atau UGM masih menjadi incaran banyak masyarakat Indonesia untuk melanjutkan kuliah. Sebagai institusi pendidikan berbentuk universitas, terdapat berbagai program studi yang dibuka oleh UGM. Kampus yang terletak di Bulaksumur...