6 Tips Sukses Masuk STIS Terupdate

oleh | Jun 18, 2020 | Blog, Polstat STIS | 0 Komentar

KEDINASAN STIS – bisa juga disebut dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Statistik merupakan Sekolah Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BPS atau Badan Pusat Statistik. Sekolah ini memiliki sebuah tujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang statistika dan komputasi statistik. Sekolah kedinasan STIS beralamatkan di Jalan Otto Iskandardinata No.64C 1 4, RT.1/RW.4, Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330. STIS yang telah berdiri sejak tahun 1958, memberi kesempatan bagi lulusan sekolah menengah umum jurusan IPA untuk dididik menjadi ahli statistik. Berikut adalah beberapa progam studi yang ditawarkan oleh sekolah kedinasan STIS, antara lain :

  • Program Studi Diploma III (DIII) Statistika

Merupakan salah satu program studi yang ada di STIS yang mempunyai tujuan untuk menghasilkan ahli madya yang statistika dan menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat di bidang statistik

  • Program Studi Diploma IV (D-IV) Statistika

Program Studi ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas para ahli statistika.

  • Program Komputasi Statistik Program Diploma IV

Mahasiswa yang telah dinyatakan diterima di program studi ini atau biasa disebut Prodi D4-KS, akan mempelajari pengetahuan jaringan dan pemrograman komputer serta pengolahan data dengan cara mengombinasikan metode statistik dan algoritma data mining.

Tak dapat dipungkiri bahwa masuk dan berkuliah di STIS ini nantinya akan mendapatkan banyak keuntungan. Dimulai dari Biaya sekolah yang gratis, mendapatkan tunjangan uang saku tiap bulannya dan terlebih setelah lulus dari STIS akan diangkat menjadi Pegawai Negeri. Hal ini menjadikan daya tarik tersendiri untuk bergabung menjadi bagian dari STIS tentunya.

Baca Juga Mengenai : Syarat Pendaftaran STIS

Berikut 6 Tips Sukses Masuk Kedinasan STIS Yang Terupdate

Berikut adalah beberapa tips sukses yang bisa kalian ikuti untuk bisa masuk kedalam sekolah kedinasan STIS, antara lain :

  • Berdo’a kepada Tuhan YME

Untuk kalian yang akan masuk kedalam sekolah kedinasan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) dianjurkan sebelum mengawali dan mengakhiri sesuatu untuk berdo’a terlebih dahulu. Hal ini di karenakan untuk memberikan rasa tenang dalam jiwa kalian dalam mengerjakan sesuatu, tidak terkecuali saat kalian mengerjakan tes di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) ini. Mintalah ketenangan batin dan ridho-NYA agar kalian fokus dalam mengerjakan setiap tahapan tes dan seleksi yang ada di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS).

  • Carilah Informasi sebanyak mungkin mengenai STIS

Tips ampuh lainnya adalah dengan mencari informasi terkait mengenai Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS). Informasi sekecil apapun akan sangat membantu kalian nantinya. Informasi-informasi tersebut bisa kalian dapatkan dengan cara memperlebar jaringan pertemanan kalian ataupun dengan cara memanfaatkan kemajuan teknologi dan Internet. Informasi-Informasi yang kalian kumpulkan nantinya akan menjadi sebuah acuan persiapan dalam menghadapi tahapan tes ataupun seleksi nantinya.

  • Melatih Fisik

Karena sekolah kedinasan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) berbasis semi militer, kalian juga harus memperhatikan kondisi fisik kalian. Seoang calon taruna di sekolah kedinasan ini haruslah mempunyai kondisi fisik dan stamina yang prima. Mulailah rajin berolahraga sejak dini untuk melatih tubuh kalian. Kalian bisa memualinya dengan seperti melakukan lari, renang. Sit up, push up dan lainnya. Pola hidup sehat juga wajib kalian perhatikan dalam membantu mengembangkan tubuh kalian. Atur pola makan dan tidur sebaik mungkin. Selain itu dengan menerapkan hal ini tentunya juga akan menjaga kesehatan kalian kedepannya.

  • Pelajari Kumpulan Soal dan Materinya

Sebelum bertempur sebaiknya kalian mempersiapkan diri secara matang. Di tahap awal ada yang namanya tes akademik. Sebaiknya kalian mempelajari beberapa kumpulan soal dari tahun-tahun sebelumnya. Atau juga bisa mempelajari soal-soal yang di berikan pada saat SBMPTN karena tidak jauh berbeda.

  • Niat dan semangat yang teguh

Hal terpenting adalah niat dan semangat yang tak pernah goyah untuk mengerjakan guna mencapai sesuatu. Fokuskan tujuan kalian agar kalian bisa lolos seleksi masuk dan bisa bergabung menjadi bagian dari sekolah kedinasan STIS.

  • Kenali jenis dan tahapan tesnya

Berikut adalah beberapa jenis dan tahapannya :

  1. Tes Tertulis (Matematika dan Bahasa Inggris);
  2. Tes Kompetensi Dasar (TKD);

Disebut juga Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). TKD/SKD merupakan ujian yang mesti dilewati seluruh calon CPNS. Mudahnya, jika ingin mendaftar menjadi pegawai negeri, harus lulus TKD terlebih dahulu. Terbagi menjadi 3 yaitu, TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umum), dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi).

  • Psikotes;
  • Tes Kesehatan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia...

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke...

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

CPNS BPIP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP ikut berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021. Badan ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai untuk berbagai jabatan. Berikut ini informasi...

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

CPNS Kejaksaan Agung SMA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi. Beberapa lembaga pemerintah juga membuka pendaftaran untuk beberapa jabatan dengan syarat pendidikan minimal SMA/sederajat. Salah satu...