7 Julukan Mahasiswa Kuliah, Awas Ada Mahasiswa Abadi!

oleh | Nov 29, 2023 | Blog, Tips | 0 Komentar

Julukan Mahasiswa Kuliah – Selama masa kuliah, ada banyak julukan yang digunakan untuk mengelompokkan tipe-tipe mahasiswanya, lho. Julukan ini berlaku sesuai kebiasaan-kebiasaan para mahasiswanya, namun tidak digunakan secara resmi dan bermaksud serius. Nah untuk mengetahui apa saja julukannya, simak pembahasannya di bawah ini!

Julukan-Julukan Mahasiswa Kuliah

Ada banyak sekali julukan dalam dunia perkuliahan yang biasa digunakan oleh para mahasiswa. Beberapa di antaranya adalah:

1.    Mahasiswa Kupu-Kupu

Pertama ada julukan yang sepertinya rata-rata mahasiswa sudah tau. Julukan mahasiswa kupu-kupu ini merupakan singkatan dari “kuliah-pulang kuliah-pulang”. Ini biasanya ditujukan pada mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi, atau lembur mengerjakan tugas layaknya mahasiswa pada umumnya.

Yang setiap hari dilakukan hanya berangkat kuliah, lalu saat sudah waktunya selesai kuliah akan langsung pulang. Jadi mereka jarang berada di kampus kecuali saat ada keperluan kuliah saja. Tidak salah kok, mungkin saja mereka lebih nyaman atau lebih fokus mengerjakan tugas di rumah atau kos.

2.    Mahasiswa Kura-Kura

Nah kebalikan dari kupu-kupu, mahasiswa kura-kura adalah julukan dari mahasiswa yang sibuk mengikuti organisasi. Jadi kura-kura sendiri merupakan singkatan dari “kuliah-rapat kuliah-rapat”. Biasanya mereka akan langsung kumpul untuk mengikuti rapat setelah kuliah selesai.

Baca juga: Macam-macam Tes TOEFL: ITP, PBT, CBT, IBT dan Prediction Test

3.    Mahasiswa Kuda-Kuda

Next ada julukan “kuliah-dagang kuliah-dagang” alias kuda-kuda. Karena masa kuliah tidak sedikit yang sudah bekerja atau membuka bisnis, bahkan terkadang target pasarannya adalah teman-teman mahasiswa. Nah, mahasiswa kuda-kuda ini memiliki jiwa wirausaha yang bagus, serta bisa memanajemen waktu. Tapi tidak jarang juga kuliahnya terabaikan karena terlalu asik berdagang.

4.    Mahasiswa Kunang-Kunang

Julukan ini digunakan untuk tipe mahasiswa chill yang selalu butuh nongkrong bersama teman-teman. Kunang-kunang sendiri singkatan dari “kuliah-nangkring kuliah-nangkring”. Mereka biasanya merupakan anak café, yang selalu ingin mereview café-café di kota dan mencoba menu-menunya. Tidak jarang juga mereka memilih untuk mengerjakan tugas di café, namun mereka akan memilih café yang cozy namun lebih tenang, dan tersedia wifi.

5.    Mahasiswa Kuman-Kuman

Tidak beda jauh, mahasiswa kuman-kuman adalah julukan untuk mahasiswa yang suka main. Mereka selalu merencanakan tujuan untuk main bersama temannya untuk sepulang kuliah nanti. Bisa jadi ke café, atau ke event-event musiman, bahkan ke destinasi wisata kalau selesai kuliah pagi.

6.    The Invisible Student

Pernah dengar istilah ini? Invisible memiliki arti tidak terlihat. Tapi bukan berarti mereka mahasiswa ghaib! Julukan ini diberikan untuk mereka yang tidak pernah terihat, tapi tidak pernah absen kelas. Kok bisa? Mungkin mereka tidak suka bersosialisasi, atau juga mereka sering titip absen.

7.    Mahasiswa Abadi

Ini yang paling populer! Mahasiswa abadi merupakan julukan untuk mahasiswa-mahasiswa yang masih bertahan di kampus, alias tidak lulus-lulus. Karena dalam perkuliahan sistem kelulusannya berbeda dengan masa sekolah dulu, jadi satu angkatan bisa lulus di waktu yang berbeda-beda.

Nah, mahasiswa tua biasanya diberikan kesempatan sampai 14 semester untuk menyelesaikan kuliahnya. Biasanya mereka terhambat karena terhambat mengerjakan skripsi, sudah fokus kerja, atau bahkan terlalu betah ikut UKM.

Tips Terhindar dari Julukan Mahasiswa Abadi

Siapa sih yang mau mendapatkan julukan mahasiswa abadi? Mahasiswa yang berada di fase ini biasanya rata-rata sudah tidak memiliki semangat kuliah, selain itu mereka juga memiliki tekanan batin. Nah, untuk terhindar menjadi mahasiswa abadi, kamu bisa menerapkan tips-tips berikut:

1.    Jangan Malu Bertanya dan Minta Bantuan Teman

Banyak yang tidak menyelesaikan tugas akhir mereka karena sudah bingung mau tanya ke siapa lagi. Teman-temannya sudah lulus, dan saat ditanyai sudah lupa karena sudah terlalu lama. Mau tidak mau, kamu harus berani bertanya ke adik tingkat atau mungkin bisa berkonsultasi dengan dosen.

2.    Jangan Menunda Mengerjakan Tugas Akhir

Menunda-nunda juga selalu berakibat tidak baik. Kalau dibiasakan sejak kecil, atau selama kuliah selalu mengerjakan tugas dengan mepet bahkan sering tidak mengerjakan, maka bisa jadi kelulusan kuliah kamu juga tertunda.

3.    Lebih Bijak membagi Waktu Kuliah, Kerja dan Organisasi

Kuliah sambil kerja, atau sambil organisasi itu sama sekali tidak salah kok! Yang salah adalah saat kamu terlalu fokus pada salah satunya saja, dan mengabaikan kuliah kamu. Jadi, perbaiki manajemen waktu kamu, ya!

Nah sudah tau kan julukan mahasiswa kuliah yang sering digunakan, kalau kamu masuk ke julukan yang mana?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.