Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

7 Prodi Jenjang Sarjana UGM dengan Peminat Terendah

oleh | Mei 27, 2021 | Blog, PTN | 0 Komentar

Prodi UGM Terendah – Sebagai salah satu kampus tertua di Indonesia, Universitas Gadjah Mada atau UGM sudah membuka banyak pilihan program studi. Perguruan tinggi yang terletak di Yogyakarta ini menyediakan pilihan pendidikan baik jenjang Diploma, Sarjana, Magister, Doktoral, bahkan Spesialis.

Tentunya, jenjang perkuliahan di UGM yang menjadi favorit banyak orang yaitu program Sarjana dan Diploma karena persyaratan pendaftarnya yaitu lulusan SMA atau sederajat. Khusus untuk jenjang S1, ada 69 program studi yang tersedia di UGM.

Di antara program-program studi tersebut, tentunya ada yang memiliki peminat tinggi, sedang, dan juga rendah. Di artikel ini akan membahas mengenai 7 prodi jenjang Sarjana UGM dengan perminat terendah. Hal ini bisa dijadikan acuan bagi calon mahasiswa ketika mendaftar ke UGM.

Kedokteran Hewan

Program studi Kedokteran Hewan merupakan bagian dari FKH UGM. Fakultas ini merupakan salah satu FKH tertua di Indonesia dan juga menjadi salah satu pelopor di bidang kesehatan hewan.

Jika kamu tertarik untuk menjadi dokter hewan atau vetertarian, Kedokteran Hewan UGM merupakan pilihan yang tepat. Pada tahun 2020, keketatan penerimaan prodi ini hanyalah 1:19. Selain itu, daya tampungnya pun cukup banyak yaitu 200 orang.

Proteksi Tanaman (Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan)

Prodi UGM Minat Terendah

Prodi di UGM dengan peminat terendah berikutnya yaitu Proteksi Tanaman (Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan). Di seleksi tahun 2020, selektivitas mahasiswa baru untuk prodi ini yaitu 1:19. Hal ini berarti kesempatan untuk diterima cukup besar meskipun daya tampungnya hanya untuk 65 orang.

Mahasiswa yang lulus dari program ini akan memiliki kesempatan kerja yang cukup besar. Hal ini dilihat dari kebutuhan akan ahli hama dan penyakit tumbuhan yang tinggi mengingat Indonesia yang merupakan negara agraris.

Manajemen Sumber Daya Akuatik (Manajemen Sumber Daya Perikanan)

Sama seperti prodi Proteksi Tanaman, program studi Manajemen Sumber Daya Akuatik juga akan menghasilkan lulusan dengan lapangan kerja besar. Hal ini sesuai dengan kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan dengan laut yang luas.

Pada penerimaan tahun 2020, selektivitas program studi ini tidak begitu tinggi yaitu 1:19. Dari jumlah keseluruhan pendaftar, hanya 60 mahasiswa yang akan diterima di prodi ini.

Baca juga Yuk, Cek! 10 Program Studi di UGM dengan Keketatan Tertinggi.

Fisika

Berbagai Prodi di UGM dengan Minat Terendah

Selanjutnya yaitu Fisika sebagai prodi dengan keketatan terendah di UGM. Perbandingan keseluruhan pendaftar dengan yang diterima yaitu 1:19. Di tahun 2021 ini, prodi Fisika akan menerima 70 mahasiswa.

Mahasiswa yang belajar di program ini diharapkan akan memiliki beberapa kompetensi di antaranya yaitu:

  1. Paham tentang prinsip dasar, perkembangan, dan penerapan fisika;
  2. Mamp merencanakan, melakukan, dan melaporkan eksperimen;
  3. Memiliki keterampilan yang bisa ditransfer;
  4. Memiliki sikap atau keterampilan personal;
  5. dan lain-lain.

Ilmu dan Industri Peternakan

Program studi Ilmu dan Industri Peternakan berfokus untuk mendidik mahasiswa yang menguasai pengembangan IPTEK dalam bidang ternak. Hal ini meliputi produksi ternak, nutrisi dan makanan ternak, teknik pengelolaan usaha peternakan, serta teknik pengelolaan produk ternak.

Prodi ini termasuk sepi peminat jika dibandingkan dengan program lainnya di UGM. Hal ini didasari oleh banyaknya jumlah mahasiswa yang diterima yaitu sebanyak 300 orang. Mengikuti hal tersebut, keketatan penerimaannya hanyalah 1:16.

Teknik Fisika

Sama seperti prodi Ilmu dan Industri Peternakan, keketatan penerimaan mahasiswa baru di tahun 2020 untuk Teknik Fisika yaitu 1:16. Namun, perbedaannya terletak pada jumlah mahasiswa yang diterima. Pada tahun 2021 ini, program studi ini hanya menerima 100 orang mahasiswa.

Supaya bisa dinyatakan lulus dari prodi Teknik Fisika UGM, mahasiswanya diharuskan untuk menempuh pendidikan sebanyak 144 SKS. Pembagiannya sendiri yaitu 124 SKS mata kuliah wajib dan 20 SKS mata kuliah pilihan.

Filsafat

Prodi terakhir dengan keketatan terendah di UGM yaitu Filsafat. Selektivitas program ini yaitu 1:15, paling rendah di antara semua prodi S1 di Universitas Gadjah Mada. Hal ini berarti kesempatan diterimanya cukup tinggi mengingat daya tampungnya mencapai 150 orang.

Di program studi ini, mahasiswa akan belajar beberapa mata kuliah yang tersedia, di antaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Asas-asas Filsafat
  2. Filsafat Nusantara Pra Modern
  3. Metafisika
  4. Epistemologi
  5. Filsafat Ketuhanan
  6. Kosmologi
  7. Hermeneutika
  8. Filsafat Bahasa
  9. dan lain sebagainya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!