7 Program Studi dengan Pendaftar Terbanyak di Universitas Indonesia

oleh | Mar 2, 2021 | Blog, Program Studi, UI | 0 Komentar

Universitas Indonesia atau UI merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Reputasinya tidak hanya diakui secara nasional namun juga oleh lembaga internasional. Hal ini terbukti dari masuknya Universitas Indonesia dalam berbagai daftar 1.000 universitas top dunia seperti QS World University Rankings.

Kepopuleran UI tentunya berefek pada banyaknya masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikannya di kampus kuning ini. Setiap tahunnya, pendaftaran mahasiswa UI baik melalui jalur nasional maupun seleksi mandiri, selalu ramai peminat. Di antara banyaknya rumpun ilmu yang ditawarkan, berikut ini 7 program studi dengan pendaftar terbanyak di Universitas Indonesia.

Ilmu Hukum

Ilmu Hukum di UI merupakan satu-satunya program studi di Fakultas Hukum. Lulusannya akan mendapatkan gelar Sarjana Hukum (S.H.). Sebagai salah satu program favorit, Ilmu Hukum UI telah mendapat peringkat akreditasi A dari BAN-PT.

Pada pendaftaran Universitas Indonesia tahun 2020, Ilmu Hukum memiliki animo pendaftar tertinggi jika dibandingkan dengan program studi lainnya. Melalui jalur SNMPTN, sebanyak 1.237 orang memilih program ini. Kemudian, lewat jalur SBMPTN ada 3.370 pendaftar. Peminat terbanyak ada di jalur SIMAK UI yaitu sebanyak 8.912 orang.

Berdasarkan jumlah tersebut, total pendaftar Ilmu Hukum UI di tahun 2020 yaitu sebanyak 13.519 orang.

Pendidikan Dokter

Salah satu program studi paling diminati di Indonesia, Pendidikan Dokter, juga memiliki pendaftar terbanyak di UI. Pada tahun 2020, total siswa yang mendaftar di program ini melalui jalu reguler yaitu sebanyak 12.887. Rinciannya sendiri yaitu 1.253 lewat SNMPTN, 3.045 melalui SBMPTN, dan 8.589 pendaftar jalur SIMAK UI.

Program ini merupakan pendidikan di bidang kedokteran untuk tingkat sarjana. Mahasiswa yang tergabung dalam program studi ini akan mendapat dua tahapan pendidikan yang berbeda. Tahap pertama yaitu general education dan medical science pada semester 1-6. Lalu dilanjutkan ke clinical practice di semester 7-8.

Manajemen

Program studi dengan pendaftar terbanyak di Universitas Indonesia yaitu Manajemen yang berada dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Terdapat empat konsentrasi keilmuan dalam program studi ini yaitu Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Operasi.

Tahun 2020 lalu, Program Studi Manajemen mendapatkan jumlah pendaftar yang tinggi. Ada 1.100 orang yang mendaftar melalui jalur SNMPTN. Lalu melalui jalur tes, ada 3.037 (SBMPTN) dan 7.618 (SIMAK UI). Jika dijumlahkan, maka total pendaftar Manajemen UI di tahun 2020 yaitu 11.755 orang.

Psikologi

Sebagai salah satu yang tertua di Indonesia, program studi Psikologi di Universitas Indonesia memiliki banyak peminat. Sebanyak 11.540 pendaftar mengikuti seleksi penerimaan program ini di tahun 2020. Pendaftar jalur SNMPTN yaitu 1.062, jalur SBMPTN yaitu 2.797, dan jalur SIMAK yaitu 7.681.

Mahasiswa yang diterima di Psikologi UI akan mendapat kesempatan untuk mendalami dua dari 6 konsentrasi ilmu yang ditawarkan. Bidang studi yang dapat dipilih yaitu Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Umum dan Eksperimental, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Sosial.

Baca juga Yuk, Cek! 10 Program Studi di UGM dengan Keketatan Tertinggi.

Akuntansi

Program Studi Akuntansi merupakan bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Di program ini, terdapat pilihan spesialisasi bagi mahasiswanya yaitu Akuntan Publik, Akuntan Manajemen, Internal Auditor/Manajemen Kontrol, Staf Keuangan Perusahaan, Manajer Perpajakan, Analis Sistem Informasi, Akuntan Sektor Publik, dan Akuntan Syari’ah.

Banyaknya spesialisasi keilmuan di program studi ini tentunya menarik banyak peminat. Pada tahun 2020, pendaftar melalui SNMPTN yaitu 959 orang, jalur SBMPTN yaitu 2.307 orang, dan lewat SIMAK UI yaitu 6.397 orang. Jumlah akumulasi dari ketiga jalur tersebut yaitu sebanyak 9.663 pendaftar.

Ilmu Komunikasi

Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki jumlah pendaftar yang tinggi di tahun 2020. Total keseluruhan pendaftar jalur reguler yaitu 9.282 orang dengan rincian SNMPTN 805 orang, SBMPTN 2.988 orang, dan SIMAK 5.489 orang. Bagi yang lolos seleksi dan menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi, maka akan mendapat kesempatan untuk memilih salah satu konsentrasi yaitu Jurnalisme, Komunikasi Media, Hubungan Masyarakat, dan Periklanan.

Sistem Informasi

Banyaknya peminat program studi Sistem Informasi bukanlah sebuah hal yang mengherankan. Hal ini dikarenakan perkembangan ilmu dan teknologi komputer di era digital ini. Di Universitas Indonesia sendiri, program Sistem Informasi terbagi menjadi dua golongan peminatan yaitu Teknologi Informasi dan Sistem Enterprise.

Pendaftar program studi ini di tahun 2020 terbilang tinggi di UI. Melalui jalur SNMPTN, siswa yang mendaftar yaitu 672. Lalu sebanyak 1.573 orang mendaftar lewat SBMPTN. Jalur mandiri atau SIMAK UI sendiri mendapat peminat tertinggi yaitu 4.303. Total dari pendaftar di tiga jalur tersebut yaitu 6.548 orang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...