8 Prospek Kerja untuk Mahasiswa Jurusan Statistika

by | Jan 15, 2022 | Blog, Prospek Kerja | 0 comments

Prospek Kerja Statistika – Peluang kerja di masa depan sangatlah penting untuk diperhitungkan sebelum memilih jurusan kuliah. Peluang yang ada akan menentukan mudah tidaknya seseorang untuk mendapatkan pekerjaan.

Setiap jurusan tentunya memiliki peluang kerja yang berbeda-beda. Meskipun begitu, ada beberapa jurusan yang memiliki prospek kerja luas, seperti statistika. Lulusan jurusan yang berhubungan dengan pengolahan data ini sangatlah dibutuhkan di dunia kerja karena semua sektor membutuhkan ahli statistika.

Besarnya peluang yang menanti mahasiswa statistika, membuat jurusan ini banyak diminati. Setiap tahunnya, jurusan ini selalu mendapatkan banyak peminat. Sebenarnya, apa saja prospek kerja yang menanti lulusan jurusan ini? Simak di bawah ini, yuk!

Apa Itu Jurusan Statistika?

Statistika merupakan ilmu cabang dari matematika. Di jurusan ini, mahasiswa akan akrab dengan data baik itu mencari, menyusun, mengolah, menganalisis, ataupun menyajikannya. Data yang diperoleh kemudian akan digunakan untuk berbagai hal seperti pengambilan keputusan.

Sebagai cabang dari matematika, mahasiswa jurusan statistika akan melakukan banyak perhitungan. Hanya saja, fokusnya berada pada pengolahan data dan rumus-rumus yang digunakan pun tak serumit di jurusan matematika. Selain itu, mahasiswa juga akan belajar untuk menggunakan berbagai perangkat lunak pengolah data seperti SPSS.

Baca juga Pilihan Jurusan Kuliah Komputer Jika Ingin Berkarier di Bidang IT.

Prospek Kerja Lulusan Statistika

prospek kerja statistika

Lulusan jurusan statistika akan memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang pengolahan data. Selain itu, lulusannya juga akan memiliki kemampuan analisis serta logika yang baik. Hal ini tentunya akan berguna ketika sedang mencari pekerjaan. Berikut ini beberapa prospek kerja bagi lulusan statistika.

Data Scientist

Lulusan statistika bisa bekerja sebagai data scientist atau ilmuwan pengolahan data. Bidang ini bukanlah pekerjaan baru namun tetap memiliki peluang besar. Terlebih, dengan adanya perkembangan teknologi sehingga pengolahan data akan berbeda. Kamu akan bekerja bersama tim untuk merapikan, memproses, dan mengolah data yang telah terkumpul.

Data Analyst

Masih berhubungan dengan data, lulusan statistika juga bisa bekerja sebagai data analyst atau analis data. Seorang analis data memiliki tugas untuk mengambil data, mengolah, dan melakukan analisis data. Hasil dari pengolahan data ini kemudian akan disajikan dalam bentuk yang bisa dipahami oleh orang lain seperti klien atau perusahaan.

Researcher

Prospek kerja berikutnya bagi lulusan statistika yaitu menjadi researcher atau peneliti. Bidang ini tentunya sangat berhubungan dengan pengolahan data sehingga menjadi peluang kerja besat bagi lulusan statistika. Kamu bisa bekerja sebagai peneliti di perusahaan, lembaga survei, pemerintah, bahkan bekerja lepas.

Aktuaris

Aktuaris juga menjadi pekerjaan yang bisa dipilih oleh lulusan statistika. Seorang aktuaris akan bekerja untuk menghitung risiko keuangan di perusahaan. Perhitungan ini dilakukan melalui berbagai data yang telah diolah. Aktuaris sangat dibutuhkan terutama di lembaga keuangan seperti bank dan pialang.

Business Analyst

Lulusan statistika juga bisa masuk ke dunia bisnis dengan menjadi business analyst atau analis bisnis. Seorang business analyst akan bertanggung jawab untuk melakukan berbagai jenis analisis terkait kegiatan bisnis sehingga bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Kamu pun akan membutuhkan berbagai kemampuan seperti dokumentasi dan manajemen organisasi.

Market Researcher

Seorang market researcher atau peneliti pasar memiliki andil besar dalam berjalannya perusahaan. Peneliti pasar bertanggung jawab untuk mengumpulkan serta menganalisis informasi terkait pasar. Hal ini dibutuhkan supaya perusahaan bisa menentukan produk serta strategi yang tepat dalam melakukan penjualan.

Bekerja di Instansi Pemerintah

Instansi pemerintah tentunya juga membutuhkan seorang ahli statistika. Kamu bisa bekerja di Badan Pusat Statistik (BPS) yang bertugas untuk menyediakan data bagi kebutuhan negara. Selain di BPS, berbagai instansi pemerintah lainnya seperti kementerian juga membutuhkan ahli statistika untuk melakukan pengolahan data lembaga.

Jasa Olah Data

Kemampuan mengolah data tentunya dapat dimanfaatkan oleh lulusan statistika. Saat ini, kebutuhan akan jasa olah data cukup tinggi, terutama oleh pihak-pihak yang melakukan penelitian skala besar. Lulusan statistika bisa menyediakan jasa pengolahan data dan memiliki kesempatan bekerja secara lepas.

Itulah 8 prospek kerja untuk mahasiswa jurusan statistika. Jurusan ini memiliki kemampuan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja sehingga peluangnya besar. Apakah kamu semakin tertarik untuk masuk ke jurusan statistika?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan