8 Tips Hadapi UTBK 2021

oleh | Feb 15, 2021 | Blog, Jalur Masuk PTN | 0 Komentar

Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK merupakan tes yang penting dilakukan bagi siapa pun yang ingin masuk ke perguruan tinggi di Indonesia. Hasil dari ujian yang diprakarsai oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ini digunakan sebagai bentuk seleksi ketika mendaftar ke universitas.

Selain digunakan untuk SBMPTN yang bersifat nasional, nilai UTBK juga bisa digunakan untuk mendaftar jalur lain. Banyak univesitas yang membuka seleksi mandiri berdasar nilai UTBK. Selain itu, bisa juga digunakan untuk mendaftar di Perguruan Tingi Kedinasan (PTK) seperti STAN.

Melihat banyaknya kegunaan dari nilai UTBK, ujian ini tidak bisa diremehkan. Perlu dilakukan persiapan yang matang sehingga hasil yang didapat juga memuaskan. Ikuti tips-tips berikut supaya lancar ketika menghadapi UTBK 2021, ya!

Update Informasi Mengenai UTBK 2021

UTBK LTMPT

Langkah pertama untuk persiapan menghadapi UTBK tentunya yaitu mengetahui beragam informasi terkait. Cara yang bisa dilakukan yaitu mengecek laman resmi LTMPT atau melalui media sosial. Hal ini dilakukan supaya kita bisa menyesuaikan diri dengan berbagai berita terbaru tekait UTBK. Jangan sampai salah informasi dan merugikan diri sendiri

Selain itu, cari tahu juga tentang penggunaan nilai UTBK di berbagai universitas. Ketahui jalur pendaftaran yang salah satu persyaratan pendaftarannya menggunakan nilai tersebut. Sesuaikan dengan jurusan incaran dan cari pilihan yang terbaik.

Ketahui Persaingan dari Jurusan di Universitas yang Dipilih

Menentukan pilihan ketika mendaftar sebagai mahasiswa merupakan hal yang krusial. Hal ini sangat menentukan kesempatan diterima di jurusan yang dipilih.

Sebelum memilih program studi di universitas tertentu, ada baiknya untuk terlebih dahulu mencari tahu tentang persaingan pendaftarnya. Dengan melakukan ini, kita bisa menyesuaikan diri sehingga kesempatan diterima juga lebih besar.

Tidak hanya itu, jika kamu memang sudah menetapkan jurusan dan universitas yang diinginkan, data mengenai persaingan akan membantumu membuat target. Hal ini akan berpengaruh pada seberapa banyak usaha yang harus dilakukan guna bisa diterima di jurusan yang kamu mau.

Buat Target Hasil atau Nilai

Target Nilai

Mengacu pada tips sebelumnya, penting bagi seorang peserta UTBK untuk menentukan target yang ingin dicapai. Target yang dimaksud adalah nilai yang diperoleh. Hal ini dilakukan dengan menyesuaikan program studi dan universitas yang dipilih.

Misalnya, seseorang yang memilih Program Studi Manajemen UGM harus memiliki nilai UTBK yang tinggi melihat selektivitasnya yaitu 1:114. Berbeda dengan peserta yang memilih jurusan lain dengan keketatan yang lebih rendah.

Menentukan target nilai sejak awal akan memudahkan kamu untuk mengatur strategi belajar.

Membuat Jadwal Belajar

Setelah mengetahui target yang diinginkan, kamu akan segera mengetahui berbagai hal yang harus dikejar. Membuat jadwal belajar yang efektif akan membantu untuk mengisi celah-celah materi yang belum dikuasai.

Ketika membuat jadwal belajar untuk UTBK, lakukan semaksimal mungkin sesuai kapasitas diri. Atur sebaik mungkin sehingga kamu mendapat pemahaman lebih mendalam mengenai materi yang dipelajari. Jika perlu, bisa juga mengikuti bimbingan belajar UTBK supaya jadwal belajarmu lebih tertata.

Terus Me-review Materi

Tips UTBK

Langkah yang satu ini merupakan bagian paling penting dalam persiapan menghadapi UTBK, yaitu belajar. Meskipun sudah membuat target dan jadwal belajar sedemikian rupa namun apabila tidak dilakukan, maka tidak akan ada gunanya.

Cari dan pelajari berbagai materi UTBK sesuai dengan jenis ujian yang akan dihadapi. Apabila kamu memilih rumpun saintek, maka pelajarilah soal-soal TPS dan TPA Saintek, begitu pula untuk kelompok lainnya. Selain itu, fokus dalam materi-materi yang merupakan titik lemah kamu dan perbanyak latihan di topik tersebut.

Latihan Soal dan Ikut Try Out

Memperbanyak latihan akan membuat kita lebih familiar dengan soal-soal UTBK. Tidak hanya jenis-jenisnya saja, namun kita juga akan terbisa mengerjakan dengan soal yang diujikan. Di UTBK sendiri soal-soalnya akan berupa High Order Thinking Skill. Apabila kita tidak terbiasa, maka ketika melangsungkan ujian akan kesusahan dan menghabiskan banyak waktu.

Evaluasi Hasil Latihan dan Perbaiki

Setelah mengerjakan banyak soal, jangan lupa untuk selalu mengevaluasi hasilnya. Kita akan mendapat perkiraan skor dan mengetahui bagian-bagian yang masih kurang dikuasai. Dengan begitu, kita bisa menyesuaikan diri dan memperdalam materi-materi tertentu.

Jaga Motivasi Belajar

Tidak mengherankan apabila merasa bosan dan jenuh ketika terus-terusan belajar untuk menghadapi UTBK. Perasaan tersebut merupakan hal yang wajar. Ketika kamu mencapai titik ini, istirahatlah sejenak untuk kembali mengumpulkan semangat belajar. Selain itu, ingat pula tujuan mengikuti ujian ini dan tanamkan dalam diri bahwa hal ini menyangkut masa depan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Jurusan PGSD!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Jurusan PGSD!

Jurusan PGSD – Ada banyak jurusan kuliah yang tersedia di Indonesia dengan fokus pendidikan yang berbeda-beda. Fokus yang bermacam-macam ini disesuaikan dengan kebutuhan lulusannya sebagai tenaga ahli. Salah satu fokus ilmu yang ada di dunia perkuliahan yaitu...

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...