Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

9 Tips Mencari Topik dan Judul Skripsi Agar Cepat Dapat ACC!

oleh | Mar 5, 2022 | Blog, Tips | 0 Komentar

Tips Mencari Topik dan Judul Skripsi – Mencari topik dan judul skripsi merupakan tahap awal dalam menulis skripsi. Judul skripsi jadi bagian tersulit untuk ditemukan sehingga kamu harus mencari cara yang tepat untuk menemukannya. Mencari judul skripsi memang tidak mudah sebab skripsi harus dibuat menarik dan relevan dengan bidang ilmu yang dipelajari.

Beberapa mahasiswa membutuhkan waktu cukup lama untuk menyelesaikan skripsi. Salah satu proses yang sulit adalah menentukan topik judul skripsi. Kamu kebingungan dalam menentukan topik dan judul skripsi? Yuk, ikuti tips-tips mencari topik dan judul skripsi dengan cepat agar dapat acc.

Kenali Minatmu

Tips pertama ini sangat penting karena minat menjadi faktor besar dalam proses pengerjaan skripsi. Kamu akan kesulitan jika mengerjakan topik skripsi yang tidak kamu minati. Jika kamu mengerjakan skripsi yang sesuai dengan minatmu maka proses penyelesaian skripsimu makin mudah dan cepat.

Mencari Rumusan Masalah

Yang menjadi hal utama dalam awal membuat skripsi adalah kamu harus menemukan rumusan masalah. Kamu bisa mengulik beberapa masalah di sekitarmu yang kamu minati untuk dibahas. Kamu juga harus mampu menyelesaikan dan menyediakan solusi dari rumusan masalah tersebut.

Baca juga Ingin Kuliah sambil Kerja? Yuk, Praktikkan Tips-Tips Ini!

Rajin Mencari Informasi Terbaru

Tips selanjutnya adalah kamu perlu selalu update terkait informasi terbaru. Dari isu dan fenomena terbaru kamu bisa menemukan topik yang menarik untuk diteliti. Fenomena yang terjadi bisa kamu jadikan rumusan masalah untuk skripsi. Kemudian fenomena tersebut diteliti melalui perspektif ilmu sesuai jurusanmu.

Perbanyak Baca Literatur/Referensi

Kamu harus rajin membaca literatur supaya menambah ide topik skripsimu. Ketika mengerjakan skripsi kamu harus selalu banyak membaca. Lewat membaca kamu akan memiliki banyak ide topik untuk judul skripsi.

Kamu bisa mengunjungi perpustakaan universitas, fakultas, atau perpustakaan kota. Selain itu, kamu juga bisa mencari referensi di website DOAJ, academia, google scholar, sciencedirect, dan researchgate. Kamu bisa menemukan banyak ide untuk topik dan judul skripsimu.

Banyak Membaca Skripsi Alumni Kakak Tingkat

Salah satu hambatan ketika mengerjakan skripsi adalah karena tidak bisa menemukan topik skripsi. Kamu bisa pergi ke perpustakaan kampus dan membaca skripsi alumni kakak tingkat. Lewat membaca skripsi alumni kakak tingkat, kamu familiar dengan rumusan masalah serta garis besar penelitian skripsi.

Disarankan tidak hanya membaca 1 jurnal saja tetapi membaca beberapa judul dalam sehari. Sempatkan waktu sehari untuk membaca minimal 2 judul skripsi alumni kakak tingkat. Kesempatan ini tidak untuk plagiasi tapi untuk menemukan ide topik skripsi baru yang menarik.

Perbanyak Membaca Jurnal

Kamu bisa mendapatkan topik skripsi dari membaca jurnal ilmiah. Kamu bisa mencari jurnal di perpustakaan atau di situs internet. Semakin banyak jurnal yang kamu baca akan memudahkanmu dalam menemukan topik skripsi dan juga akan memperbanyak bahan tulisan skripsi yang akan disusun.

Bertukar Pikiran atau Bertanya pada Kakak Tingkat

Jika memiliki kakak tingkat yang dekat, kamu bisa bertukar pikiran tentang skripsi. Cobalah meminta pendapat, masukan, dan informasi darinya. Berdiskusilah agar bisa menemukan ide topik dan judul skripsimu.

Diskusi dengan Dosen

Kamu bisa memintai pendapat dosen mengenai judul skripsi yang akan kamu ajukan. Mintalah pendapat dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dosen. Dosen akan membantumu dalam menemukan topik dan judul skripsi.

Usahakan Topik Skripsimu Punya Banyak Referensi

Pastikan kamu memiliki bahan referensi yang bisa digunakan saat membuat skripsi. Sebagai tambahan referensimu untuk mendapatkan ide, bisa melalui karya ilmiah dan jurnal dari situs-situs internet. Carilah situs terpercaya yang bisa kamu masukkan dalam daftar referensi.

Usahakan kamu menemukan beberapa topik judul skripsi lebih dari satu. Sehingga jika dosen pembimbing menolak judul skripsi yang diajukan, kamu sudah mempunyai cadangan alternatif judul.

Itulah 9 Tips Mencari Topik dan Judul Skripsi Agar Cepat Dapat ACC! Semoga beberapa tips di atas dapat membantu kamu untuk mendapatkan topik dan judul skripsi dengan cepat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…