Besaran UKT UNS Berbagai Jalur Masuk Tahun 2021

oleh | Agu 30, 2021 | Biaya Kuliah, Blog, PTN | 0 Komentar

UKT UNS – Universitas Sebelas Maret atau UNS merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia. Kampus yang terletak di Surakarta ini termasuk PTN terbaik yang diminati oleh banyak calon mahasiswa. Hal ini terbukti dari animo pendaftar yang cukup tinggi di setiap penerimaan mahasiswa baru.

Bagi pendaftar yang diterima masuk ke UNS, perlu mengetahui beberapa hal di antaranya yaitu UKT atau Uang Kuliah Tunggal. UKT UNS merupakan biaya kuliah yang harus dibayarkan oleh mahasiswa di setiap semesternya. Besaran biaya ini ditentukan dari kemampuan ekonomi dan program studi yang dipilih.

Yuk, cari tahu berapa UKT UNS di tahun 2021!

Berbagai Jalur Masuk UNS

Universitas Sebelas Maret memiliki berbagai jalur masuk untuk penerimaan mahasiswa barunya. Secara garis besar, penerimaan ini dibagi menjadi dua yaitu seleksi nasional dan seleksi mandiri. Jalur seleksi nasional diselenggarakan secara serempak bersama seluruh PTN di Indonesia. Sedangkan seleksi mandiri dibuka sendiri oleh UNS.

Seleksi nasional di UNS dibagi menjadi dua yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Penerimaan jalur SNMPTN dilakukan tanpa tes. Proses seleksinya dilakukan dengan mempertimbangkan nilai rapor dan prestasi. Sedangkan untuk jalur SBMPTN, seleksi dilakukan dengan menggunakan skor UTBK. Seleksi di dua jalur ini diselenggarakan bersama LTMPT.

Penerimaan mahasiswa jalur berikutnya yaitu seleksi mandiri. Pada seleksi mandiri UNS, terdapat beberapa jalur yang dibuka yaitu:

  • Seleksi Mandiri Jalur Prestasi
  • Seleksi Mandiri Jalur Ujian Tulis
  • Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan
  • Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas
  • Seleksi Mandiri Jalur UTBK
  • Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda
  • Seleksi Mandiri Jalur Kelas Internasional

Biaya Kuliah UNS Mahasiswa Jalur SNMPTN

Mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN perlu membayar UKT sesuai yang telah ditentukan oleh UNS. Berikut ini rincian UKT untuk mahasiswa jalur SNMPTN.

ukt uns snmptn
ukt uns snmptn

Baca juga Yuk, Cari Tahu Daftar Jurusan Kuliah UNS dan Akreditasinya!

UKT UNS Jalur Penerimaan SBMPTN

Jalur penerimaan yang berikutnya di UNS yaitu melalui SBMPTN. Sama seperti jalur SNMPTN, mahasiswa SBMTPN juga diharuskan untuk membayar biaya kuliah per semester sesuai ketentuan UNS. Rinciannya yaitu sebagai berikut.

ukt uns sbmptn
ukt uns sbmptn

Besaran UKT Jalur Seleksi Mandiri

Seleksi mandiri merupakan jalur penerimaan yang diselenggarakan oleh UNS secara mandiri. Berikut ini besaran biaya yang perlu dibayarkan jika masuk ke UNS melalui jalur seleksi mandiri.

ukt uns sm
ukt uns sm

Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) UNS

Pembiayaan lainnya yang perlu untuk diketahui mahasiswa baru yaitu Sumbangan Pengembangan Institusi atau SPI. Biaya ini sendiri hanya dibayarkan oleh mahasiswa yang masuk melalui jalur seleksi mandiri. SPI dibayarkan sebanyak 1 kali saat diterima menjadi mahasiswa UNS. Besaran biayanya yaitu sebagai berikut.

Itulah rincian besaran UKT UNS berbagai jalur masuk tahun 2021. Jika kamu tertarik untuk masuk ke UNS, biaya kuliah di atas bisa kamu jadikan referensi. Perlu diketahui bahwa besaran UKT tersebut bisa berubah-ubah tergantung kebijakan dari Universitas Sebelas Maret.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…