Bagaimana Cara Mengetahui Jurusan yang Cocok untuk Saya?

oleh | Sep 24, 2021 | Blog, Tips | 0 Komentar

Jurusan yang Cocok untuk Saya – Memilih jurusan kuliah memang bukan perkara mudah. Jurusan akan menentukan kehidupan perkuliahan selama beberapa tahun ke depan. Lebih dari itu, jurusan juga dapat menentukan pekerjaan atau profesi yang bisa dilakukan setelah lulus kuliah.

Banyak orang yang mungkin bertanya tentang cara mengetahui jurusan yang cocok untuk saya. Bagi orang yang memang sudah menentukan mimpinya, mengetahui hal ini merupakan perkara mudah. Namun, tidak sedikit orang yang belum mengetahui minatnya walaupun sudah mendekati masa kelulusan.

Bagi kamu yang masih ragu-ragu dalam memilih jurusan kuliah, tidak perlu bingung. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Tips Mengetahui Jurusan yang Cocok untuk Saya

jurusan yang cocok untuk saya

Apa, sih, jurusan yang cocok untuk saya? Sebenarnya, jawaban terhadap pertanyaan tersebut bisa kamu cari tahu dengan berkaca kepada diri sendiri. Kamu bisa mengetahuinya dari minat atau hal-hal yang menarik perhatianmu. Meskipun kamu bertanya ke berbagai orang, jawaban pertanyaan tersebut tetap kamu yang menentukan.

Lalu, apa saja hal yang bisa dilakukan supaya memudahkan memilih jurusan kuliah?

Prospek kerja yang diinginkan

Cara paling mudah untuk mengetahui jurusan kuliah yang cocok tentunya yaitu dengan melihat prospek kerja. Mencari jurusan sesuai dengan prospek kerja akan memudahkan kamu untuk memilih program dengan lebih mudah.

Misalnya, jika kamu ingin bekerja di bidang kesehatan, ada beberapa pilihan jurusan yang bisa dipilih. Jurusan kuliah di bidang ini tidak melulu Kedokteran atau Keperawatan. Jika kamu suka kimia dan ingin bekerja di bidang kesehatan, jurusan Farmasi akan lebih cocok.

Lalu, bagaimana jika kamu belum mengetahui tujuan pekerjaan di masa depan? Kamu bisa melihat peluang kerja yang ada saat ini. Ada berbagai jurusan yang tenaga kerjanya sedang banyak dibutuhkan seperti di bidang teknologi dan komputer. Di sisi lain, kamu juga bisa memilih jurusan yang lulusannya memiliki peluang kerja tinggi seperti Manajemen.

Kenali diri melalui minat dan hobi

Tips lain yang bisa membantumu untuk memilih jurusan kuliah yaitu dengan mengikuti minat atau hobi. Berkuliah di bidang yang sesuai dengan keinginan ini akan membuatmu enjoy saat belajar. Selama berkuliah, kamu bisa mendalami bidang yang kamu minati ini. Lalu, begitu lulus kamu dapat bekerja di bidang yang sesuai.

Baca juga Berbagai Jurusan Kuliah Kesehatan yang Bisa Kamu Pilih.

Terbuka terhadap hal-hal baru

Jurusan kuliah yang bisa kamu pilih sangatlah beragam. Bahkan mungkin ada beberapa jurusan yang tidak pernah kamu dengar sebelumnya. Supaya pemilihan jurusanmu lebih pasti, kamu perlu untuk membuka diri terhadap hal-hal baru ini. Siapa tahu, kan, ternyata kamu cocok di jurusan yang jarang diketahui orang-orang.

Memperluas relasi

Memperluas lingkaran pertemanan juga bisa membantumu mengetahu jurusan kuliah yang cocok. Setiap orang tentu memiliki minat dan kegiatan yang berbeda-beda. Jika kamu bergaul dengan banyak orang baru, kamu bisa menemukan berbagai hal yang belum kamu ketahui sebelumnya. Pengetahuanmu tentang minat dan jurusan kuliah juga semakin luas.

Melakukan riset kecil-kecilan

Tips berikutnya untuk mengetahui jurusan yang cocok untuk saya yaitu dengan mencari tahu dari berbagai sumber. Kamu bisa memanfaatkan internet untuk mengetahui berbagai jurusan yang ada. Melalui riset tersebut, kamu akan mendapatkan berbagai informasi yang berguna seperti pengalaman kuliah, pelajaran, praktik, prospek kerja, dan lain-lain.

Bisa Coba Ambil Kuis Online di Bawah ini

Jurusan kuliah yang cocok juga bisa menyesuaikan kepribadian. Jika kamu masih bingung tentang jurusan kuliah, ada beberapa tes online yang bisa membantumu dalam mengerucutkan pilihan. Kamu bisa mengikuti kuis-kuis ini supaya lebih mengetahui kepribadian dan jurusan kuliah yang cocok.

Bagaimana cara mengetahui jurusan yang cocok untuk saya? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika memilih jurusan kuliah. Semoga tips di atas bisa membantumu, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…