Yuk, Lebih Mengenal Jurusan Akuntansi, Mata Kuliah, dan Kampusnya!

oleh | Okt 16, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Akuntansi – Jurusan kuliah yang ada di Indonesia jumlahnya sangat banyak dan disiplin ilmunya juga beragam. Di antara banyaknya jurusan-jurusan ini, ada beberapa disiplin ilmu yang menjadi favorit pendaftar. Jurusan favorit ini setiap tahun selalu ramai pendaftar dan masuk ke jajaran peminat terbanyak.

Salah satu jurusan kuliah yang banyak diminati yaitu Akuntansi. Jurusan yang erat dengan dunia ekonomi ini termasuk yang favorit di rumpun ilmu sosial dan humaniora atau Soshum. Ramainya pendaftar di jurusan ini terjadi tidak hanya di kampus-kampus ternama tapi hampir di semua perguruan tinggi yang membuka Akuntansi.

Apa sebenarnya Akuntansi itu? Mengapa jurusan ini banyak diminati masyarakat? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Jurusan Akuntansi?

jurusan akuntansi

Akuntansi di dalam bahasa Inggris disebut dengan accounting. Sesuai dengan namanya, jurusan ini berhubungan erat dengan angka dan perhitungan. Hanya saja, perhitungan ini berbeda dengan Matematika, karena berhubungan dengan keuangan sebuah perusahaan.

Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar tentang perhitungan dan cara membuat laporan keuangan. Hal ini sangatlah penting untuk sebuah perusahaan karena berhubungan langsung dengan keuangan. Tanpa adanya bidang akuntansi atau finansial yang baik, sebuah perusahaan tidak akan bisa berjalan dengan baik atau bahkan gulung tikar.

Selain belajar tentang perhitungan dan membuat laporan keuangan perusahaan, mahasiswa jurusan ini juga akan belajar banyak hal lain. Mahasiswa Akuntansi akan belajar juga ilmu ekonomi, hukum, pajak, dan bidang lain yang berhubungan. Pembelajaran ini nantinya akan berguna ketika telah masuk di dunia kerja sehingga bisa bekerja dengan baik.

Baca juga Apa Saja Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja?

Mata Kuliah yang Ditawarkan

Mahasiswa jurusan Akuntansi tentunya akan belajar ilmu sesuai dengan fokus studinya. Di kampus-kampus di Indonesia, mata kuliah yang ditawarkan untuk mahasiswa jurusan ini bermacam-macam. Ada mata kuliah wajib atau umum yang perlu diambil. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan mata kuliah khusus jurusan.

Supaya mendapat gambaran lebih baik tentang perkuliahan di Akuntansi, berikut ini contoh pembagian mata kuliah di Universitas Islam Indonesia (UII) untuk jenjang Sarjana.

jurusan akuntansi
jurusan akuntansi

Perguruan Tinggi yang Membuka Jurusan Akuntansi

jurusan akuntansi

Akuntansi merupakan jurusan yang populer dan banyak diminati di Indonesia. Jurusan ini tidak hanya ditawarkan di universitas, namun ada juga perguruan tinggi khusus yang fokus pada pendidikan di bidang Akuntansi. Berikut ini beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan Akuntansi.

  • Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Jambi
  • Sekolah Tinggi Akuntansi dan Manajemen Indonesia
  • Universitas Negeri Malang
  • Universita Pelita Harapan
  • Universitas Terbuka
  • Universitas Sumatera Utara
  • Universias Brawijaya
  • Dan lain sebagainya

Itulah penjelasan tentang Yuk, Lebih Mengenal Jurusan Akuntansi, Mata Kuliah, dan Kampusnya! Jurusan ini bisa ditemukan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Jika kamu tertarik berkuliah di jurusan ini, jangan lupa untuk mempersiapkan diri ikut seleksi karena persaingan cukup ketat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak! | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Yuk, Lebih Mengenal Jurusan Akuntansi, Mata Kuliah, dan Kampusnya! […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…