7 Prospek Kerja untuk Mahasiswa Jurusan Ilmu Tanah

oleh | Des 6, 2021 | Blog, Prospek Kerja | 3 Komentar

Prospek Kerja Ilmu Tanah – Bidang pendidikan yang bisa dipilih di dunia perkuliahan sangatlah luas. Salah satu bidang studi yang ada yaitu ilmu kebumian. Di bidang ini, mahasiswa akan belajar segala hal yang terkait dengan bumi. Biasanya, bidang ilmu ini diajarkan di Fakultas Pertanian.

Tentunya, ada beberapa jurusan yang masuk ke bidang ilmu kebumian. Salah satu jurusan yang berada di lingkup ini yaitu Ilmu Tanah. Sesuai namanya, jurusan ini mempelajari tentang tanah. Pembelajaran di jurusan ini sangat penting karena tanah sangat menunjang kehidupan manusia.

Lulusan dari jurusan ini akan banyak dibutuhkan kemampuannya di dunia kerja. Apa saja sebenarnya prospek kerja dari lulusan Ilmu Tanah? Cari tahu di bawah ini, yuk!

Tentang Jurusan Ilmu Tanah

Ilmu Tanah adalah bidang studi yang mempelajari segala aspek tentang tanah terutama sebagai sumber daya alam. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar berbagai hal seperti karakteristik tanah, pembentukan, klasifikasi, pemetaan, dan lain sebagainya. Mahasiswa belajar untuk melihat tanah sebagai objek geologi dan juga penunjang kehidupan.

Jurusan Ilmu Tanah merupakan program yang memiliki peran penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Hal ini terjadi karena tanah merupakan salah satu sumber daya utama dalam kehidupan manusia. Berbagai bidang seperti pertanian, perkebunan, tata guna lahan, konsertvasi tanah, pertambangan, dan lainnya membutuhkan ahli di bidang pertanahan.

Baca juga Berbagai Informasi STPN Serta Prospek Kerja Lulusannya.

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Tanah

prospek kerja ilmu tanah

Sumber daya alam berupa tanah sangatlah dibutuhkan dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Seorang ahli di bidang pertanahan akan dibutuhkan di berbagai bidang sehingga memiliki peluang kerja yang luas. Berikut ini beberapa prospek kerja yang dimiliki oleh lulusan Ilmu Tanah.

Perusahaan Perkebunan

Lulusan jurusan Ilmu Tanah bisa memilih untuk bekerja di perusahaan perkebunan. Ilmu yang dimiliki akan dibutuhkan untuk mengelola perkebunan perusahaan supaya bisa memberikan hasil yang sesuai. Pekerjaan yang dilakukan meliputi pengecekan kondisi tanah, memaksimalkan tanah, konservasi tanah, dan lain sebagainya.

Perusahaan Pertambangan

Perusahaan di bidang pertambangan juga bisa dipilih sebagai tempat bekerja bagi lulusan Ilmu Tanah. Ahli tanah di perusahaan ini akan bertanggung jawab tentang lahan bekas kegiatan pertambangan atau konservasinya. Hal ini diperlukan sebagai bentuk pengelolaan lingkungan bekas tambang.

Peneliti

Peneliti juga merupakan prospek kerja lainnya bagi lulusan Ilmu Tanah. Sesuai dengan ilmu yang didapat, lulusan Ilmu Tanah akan menjalankan penelitian di bidang tanah. Pekerjaan di bidang ini bisa dilakukan di banyak perusahaan atau lembaga penelitian seperti LIPI dan Kementerian Riset dan Teknologi.

Surveyor Tanah

Prospek kerja lulusan Ilmu Tanah yang berikutnya yaitu menjadi surveyor tanah. Bekerja sebagai surveyor tanah, kamu akan bertanggung jawab untuk melakukan survei tanah. Pekerjaan ini dibutuhkan untuk melihat potensi sebuah lahan. Jika tertarik, kamu perlu memiliki kemampuan ukur tanah untuk menunjang pekerjaan ini.

Konservasi Lingkungan

Menjadi pekerja di konservasi lingkungan juga bisa dipilih oleh lulusan Ilmu Tanah. Pekerjaan yang akan dilakukan cukup beragam mulai dari penyusunan program, pengendalian pencemaran lingkungan, dan juga rekomendasi atau solusi terkait permasalahan lingkungan. Pekerjaan ini cocok jika kamu tertarik dengan pelestarian lingkungan.

Tenaga Pendidik

Sebagai lulusan dari jurusan Ilmu Tanah, kamu tentunya juga bisa berkarier di bidang pendidikan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai guru di SMK bidang pertanian. Selain itu, pilihan untuk menjadi dosen juga terbuka. Hanya saja, untuk menjadi dosen, kamu perlu melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi yaitu S2.

Instansi Pemerintah

Lulusan jurusan Ilmu Tanah juga bisa memilih untuk bekerja di instansi pemerintah. Ada berbagai instansi yang membutuhkan lulusan jurusan ini seperti Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Pertanian, Kementerian LHK, dan lain-lain. Jika tertarik, kamu bisa mengikuti seleksi penerimaan pegawai pemerintah.

Itulah 7 prospek kerja untuk mahasiswa jurusan Ilmu Tanah. Ada banyak pilihan pekerjaan lain yang bisa digeluti oleh lulusan jurusan ini. Kamu bisa memilih pekerjaan yang paling sesuai dengan kemampuan dan minat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

3 Komentar

    • Safina Rahma

      Mahasiswa jurusan Ilmu Tanah akan belajar banyak hal terkait pertanahan. Beberapa skill yang akan membantu di dunia perkuliahan yaitu pemahaman kimia, pemahaman biologi, pemahaman geografi, kemampuan analisis, kemampuan meneliti, dan lain sebagainya.

      Balas
  1. Okky Setyawan

    <a href Terima kasih penjelasannya, saya akhirnya paham

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…