Ini Dia 10 Pilihan Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Tertarik Bisnis!

oleh | Jan 14, 2022 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Kuliah Bisnis – Ada banyak bidang yang bisa dipelajari jika kamu masuk ke dunia perkuliahan. Pemilihan bidang ini bisa disesuaikan dengan minat dan prospek kerja setelah lulus nantinya. Jika kamu tertarik untuk masuk ke dunia bisnis, bisa memilih jurusan di bidang bisnis.

Jurusan di bidang ini memang cukup populer bagi calon mahasiswa. Banyak orang tertarik untuk belajar seluk beluk dunia bisnis. Hal ini mungkin karena ilmu yang dipelajari bisa diaplikasikan di banyak hal baik itu perusahaan, NGO, pemerintah, atau usaha mandiri.

Di dunia perkuliahan, ada berbagai jurusan yang bisa dipilih jika ingin mendalami bidang bisnis. Setiap jurusan tentunya memiliki fokus studi yang berbeda-beda. Yuk, cek daftar jurusan kuliah bisnis berikut ini!

Manajemen Bisnis

jurusan kuliah bisnis

Pilihan jurusan yang pertama yaitu Manajemen Bisnis. Jurusan ini memiliki fokus studi pada perancangan, pengelolaan, dan pengoperasian bisnis atau usaha. Kamu pun akan memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang bisnis baik itu produksi kelayakan, dan menjalankannya sehingga pas jika kamu ingin terjun ke dunia bisnis.

Ekonomi Bisnis

Jurusan kuliah lainnya yang bisa dipilih yaitu Ekonomi Bisnis. Sesuai namanya, jurusan ini menggabungkan teori ekonomi dan pendekatan kuantitatif untuk menjalankan dan menganalisis proses pengambilan keputusan pada suatu bisnis. Kamu pun akan banyak mempelajari ilmu ekonomi dan praktik bisnis di jurusan ini.

Bisnis Digital

jurusan kuliah bisnis

Jika kamu tertarik untuk mendalami dunia bisnis berbasis teknologi, jurusan Bisnis Digital bisa jadi pilihan. Di jurusan ini, kamu akan mendapatkan ilmu tentang manajemen, bisnis, sistem informasi, bahkan teknik informatika. Pembelajaran ini akan berguna jika kamu ingin merancang suatu bisnis digital seperti e-commerce.

Sistem Informasi Bisnis

Kamu juga bisa memilih jurusan kuliah Sistem Informasi Bisnis jika ingin mendalami ilmu bisnis sekaligus teknologi. Kamu akan belajar untuk menjadi seorang technopreneur yang memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah bisnis menggunakan teknologi sistem informasi. Pembelajarannya tentu beragam karena menggabungkan ilmu sistem informasi dan bisnis.

Baca juga 10 Pilihan Jurusan Kuliah untuk Kamu Anak Kelas Bahasa.

Kewirausahaan

jurusan kuliah bisnis

Jurusan Kewirausahaan juga bisa kamu pertimbangkan jika ingin memahami ilmu bisnis. Kamu akan belajar cara mengidentifikasi peluang, merancang konsep, serta membuat strategi untuk mendirikan atau mengembangkan usaha. Jurusan ini cocok dipilih jika kamu ingin membangun bisnis sendiri setelah lulus.

Akuntansi

Bidang lainnya yang bisa kamu pelajari jika ingin masuk ke dunia bisnis yaitu Akuntansi. Jurusan ini berbeda dengan jurusan-jurusan sebelumnya karena lebih fokus pada pengaturan keuangan. Di dunia bisnis, kemampuan di bidang ini sangatlah penting karena berpengaruh pada berjalannya usaha serta pengambilan keputusan.

Aktuaria

Aktuaria merupakan jurusan lain yang berkaitan dengan uang dan perhitungan yang akan berguna di dunia bisnis. Di jurusan ini, kamu akan belajar untuk memperhatikan kondisi keuangan di masa depan. Jurusan ini diperlukan untuk mengelola risiko keuangan yang mungkin terjadi.

Manajemen Keuangan

jurusan kuliah bisnis

Masih berada di bidang keuangan, kamu juga bisa memilih jurusan Manajemen Keuangan untuk memahami dunia bisnis. Jurusan ini menggabungkan ilmu manajemen dan juga keuangan. Kamu akan belajar untuk melakukan analisis, merencanakan, menggunakan dan mengelola sumber daya keuangan usaha.

Manajemen Pemasaran

Ketika menjalankan usaha, bidang pemasaran memiliki peranan penting. Pemasaran yang baik bisa menentukan keuntungan yang didapat oleh perusahaan. Hal ini membuat lulusan Manajemen Pemasaran sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Lulusan ini akan merencanakan, mengelola, melaksanakan, dna mengevaluasi seluruh kegiatan pemasaran.

Ekonomi Pembangunan

jurusan kuliah bisnis

Apakah kamu tertarik untuk mempelajari bisnis dan ekonomi dalam cakupan yang lebih luas? Maka, jurusan Ekonomi Pembangunan merupakan pilihan yang cocok. Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang segala persoalan pembangunan yang terjadi di negara. Berbekal ilmu ini, kamu pun bisa menjalankan bisnis sesuai dengan perkembangan ekonomi.

Ini dia 10 pilihan jurusan kuliah buat kamu yang tertarik bisnis! Setiap jurusan memiliki fokus pembelajaran yang berbeda-beda. Kamu bisa memilih jurusan yang paling sesuai dengan minatmu.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…