Antropologi, Jurusan yang Mempelajari Manusia, Tertarik?

oleh | Jan 19, 2022 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Antropologi – Di dunia perkuliahan, pembelajaran yang akan diikuti oleh peserta didik sangatlah beragam. Pembelajaran tidak hanya dilakukan pada materi-materi umum. Mahasiswa akan belajar berbagai materi yang lebih spesifik tergantung jurusan dan mata kuliah yang dipilih.

Salah satu bidang yang menarik untuk dipelajari di dunia perkuliahan yaitu berkaitan dengan manusia atau humaniora. Mahasiswa di bidang ini akan belajar seluk beluk kehidupan manusia. Jurusan yang mempelajari bidang ini sendiri sebenarnya ada banyak. Salah satu yang sangat fokus pada ilmu ini yaitu antropologi.

Jurusan antropologi termasuk dalam bidang ilmu sosial dna humaniora. Pembelajarannya fokus di bidang manusia. Apakah kamu tertarik untuk belajar di jurusan ini?

Apa Itu Jurusan Antropologi?

Antropologi adalah jurusan yang fokus pada pembelajaran tentang ciri khas manusia, masyarakat, dan juga kebudayaan. Terdapat banyak bidang yang dipelajari oleh mahasiswa di jurusan ini seperti bahasa, agama, hak asasi manusia, adat istiadat, pola pikir, etika, kemasyarakatan, upacara budaya, dan lain sebagainya.

Pembelajaran di jurusan ini tidak hanya dilakukan pada manusia di masa sekarang. Mahasiswa juga akan belajar tentang kehidupan di masa lampau serta perkembangan atau dinamika sosial budaya yang terjadi. Mahasiswa juga akan dihadapkan dengan berbagai fenomena kebudayaan dalam berbagia konteks baik itu sosial, sejarah, politik, geografis, dan lain-lain.

Di Indonesia sendiri, penamaan jurusan antropologi bisa berbeda-beda untuk setiap perguruan tinggi. Ada beberapa kampus yang menamai program ini sebagai ‘Antroplogi’ saja. Namun, ada juga yang menggunakan nama ‘Antropologi Budaya’, ‘Antropologi Sosial’, atau ‘Sosiologi Antropologi’.

Baca juga Masuk Rumpun IPA dan IPS, Yuk, Kenali Apa Itu Jurusan Geografi!

Hal yang Dipelajari oleh Mahasiswa Antropologi

Mahasiswa antropologi akan mempelajari berbagai ilmu tentang kehidupan manusia selama 4 tahun atau 8 semester. Selama waktu itu, mahasiswa akan mendapatkan perkuliahan di kelas, melaksanakan studi lapangan atau observasi, dan tentunya banyak membaca literatur terkait manusia.

Materi yang akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan ini telah ditentukan oleh setiap kampus. Tentunya, masing-masing perguruan tinggi memiliki kurikulum yang berbeda-beda. Perbedaan ini muncul karena setiap perguruan tinggi memiliki standar kompetensi lulusan yang berbeda-beda.

Kurikulum dan mata kuliah di jurusan antropologi telah disesuaikan dengan standar lulusan yang ditentukan oleh kampus. Sebagai gambaran, berikut ini daftar mata kuliah antropologi di Universitas Airlangga untuk peminatan Antropologi Ragawi.

jurusan antropologi
jurusan antropologi
jurusan antropologi
jurusan antropologi
jurusan antropologi
jurusan antropologi

Berbagai Kampus yang Membuka Jurusan Antropologi

Antropologi termasuk sebagai ilmu yang populer dan sudah diajarkan di banyak kampus di Indonesia. Kualitas pendidikan di jurusan ini pun tidak perlu diragukan karena sudah banyak kampus yang mendapat akreditasi A dari BAN-PT. Selain itu, jurusan ini juga bisa ditemukan baik itu di kampus negeri atau swasta.

Berikut ini beberapa kampus di Indonesia yang membuka studi antropologi:

  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Sam Ratulangi
  • Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Khairun
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Sumatera Utara

Itulah penjelasan tentang Antropologi, Jurusan yang Mempelajari Manusia, Tertarik? Jurusan ini bisa kamu pilih jika memang tertarik tentang studi di bidang manusia dan budaya. Kamu pun memiliki pilihan yang luas karena jurusan ini telah dibuka di berbagai perguruan tinggi.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…