Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023 Sudah Dibuka! Cek Daftarnya di Sini 

oleh | Mar 30, 2023 | Blog, Sekolah Kedinasan | 9 Komentar

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023 – Sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi yang dikelola dan berada dalam naungan institusi pemerintah, baik itu lembaga pemerintahan, badan pemerintahan, ataupun kementerian. Sekolah kedinasan bisa menjadi pilihan kamu setelah lulus SMA/SMK/sederajat, karena bagi lulusan sekolah kedinasan yang memilih program ikatan dinas/pola pembibitan bisa diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), lho.

Sekolah kedinasan termasuk salah satu perguruan tinggi yang banyak diminati oleh masyarakat dan tentunya untuk masuk ke sekolah kedinasan ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui terlebih dahulu. Tahun 2023 ini terdapat beberapa instansi pemerintahan yang  sudah mengumumkan jadwal pendaftaran sekolah kedinasannya, dengan begitu untuk kamu yang berminat harus mempersiapkan diri dari sekarang. Yuk, simak informasi di bawah ini, instansi mana saja yang sudah membuka pendaftaran sekolah kedinasan.

Baca Juga: Simak! Ini 4 Sekolah Kedinasan Yang Menyediakan Asrama

Politeknik Keuangan Negara (STAN)

Politeknik Keuangan Negara (STAN) adalah perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang menyelenggarakan Program Pendidikan Vokasi di Bidang Keuangan Negara. Kemenkeu merupakan instansi yang berjalan pada bidang keuangan negara dan kekayaan negara, yang bertugas untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Kementerian Keuangan berfokus pada tata cara pengelolaan keuangan negara serta membantu pimpinan negara di bidang keuangan dan kekayaan negara.

Tahun 2023 ini kemenkeu membutuhkan sebanyak 1.100 formasi untuk sekolah kedinasan PKN STAN. Bagi kamu yang tertarik menjadi ASN di Kemenkeu, pendaftaran sekolah kedinasan PKN STAN 2023 sudah dibuka, lho. informasi pendaftaran dan persyaratan selengkapnya dapat kamu lihat di bawah ini.

Poltekip dan Poltekim

Sekolah kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mempunyai tugas untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara urusan bidang hukum dan hak asasi manusia.

Pendirian Poltekip dan Poltekim mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya aparatur sipil negara (ASN) Kemenkumham yang memiliki kompetensi pemimpin dan berintegritas untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Pemasyarakatan dan Keimigrasian. Tahun ini,  kemenkumham membutuhkan sebanyak 1.525 formasi yang nantinya dapat membantu proses pelaksanaan dalam Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Bagi kamu yang tertarik untuk dapat bekerja pada kemenkumham bisa mendaftarkan diri untuk masuk sekolah kedinasan Poltekip ataupun Poltekim.

Pendaftaran sekolah kedinasan Poltekip dan Poltekim 2023 sudah dibuka, lho. Informasi pendaftaran dan persyaratan selengkapnya dapat kamu lihat di bawah ini. 

Informasi pendaftaran POLTEKIP

informasi pendaftaran POLTEKIM

Politeknik Statistika (STIS)

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik atau sekarang disebut Politeknik Statistika STIS adalah sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Badan Pusat Statistik bekerja untuk kebutuhan data pemerintah dan masyarakat. Data ini didapatkan dari sensus atau survey yang dilakukan sendiri dan juga dari departemen atau lembaga pemerintahan lainnya sebagai data sekunder. Tahun 2023 ini BPS membutuhkan sebanyak 500 formasi yang nantinya dapat membantu proses pelaksanaan dalam Badan Pusat Statistik. Bagi kamu yang tertarik untuk dapat bekerja pada BPS bisa mendaftarkan diri untuk masuk sekolah kedinasan STIS.

Pendaftaran sekolah kedinasan STIS 2023 sudah dibuka, lho. Informasi pendaftaran dan persyaratan selengkapnya dapat kamu lihat di bawah ini.

Baca Juga: Cek Lagi, Yuk! Syarat Ijazah dan Nilai Rapor di Sekolah Kedinasan

Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) merupakan sekolah kedinasan yang membentuk tenaga ahli untuk dapat mendukung tugas dari BMKG dalam memberikan informasi terkait dengan perubahan iklim dan bencana karena faktor meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

Tahun 2023 ini BMKG membutuhkan sebanyak 80 formasi yang nantinya dapat membantu proses pelaksanaan dalam Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Bagi kamu yang tertarik untuk dapat bekerja pada BMKG  bisa mendaftarkan diri untuk masuk sekolah kedinasan STMKG.

Pendaftaran sekolah kedinasan STMKG 2023 sudah dibuka, lho. Informasi pendaftaran dan persyaratan selengkapnya dapat kamu lihat di bawah ini

Poltek SSN

Sekolah kedinasan Poltek SSN merupakan perguruan tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk mempersiapkan generasi dalam bersaing di dunia maya, berjiwa pancasila dan siap melayani bangsa dan negara.

Tahun 2023 ini BSSN membutuhkan sebanyak 125 formasi yang nantinya dapat membantu proses pelaksanaan dalam Badan Siber dan Sandi Negara. Bagi kamu yang tertarik untuk dapat bekerja di BSSN  bisa mendaftarkan diri untuk masuk sekolah kedinasan Poltek SSN.

Pendaftaran sekolah kedinasan Poltek SSN 2023 sudah dibuka, lho. Informasi pendaftaran dan persyaratan selengkapnya dapat kamu lihat di bawah ini

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) merupakan sebuah perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). Badan Intelijen Negara (BIN) merupakan salah satu lembaga pemerintah non-kementerian yang melaksanakan tugas pemerintahan mengenai penyelidikan, pengamanan dan penggalangan di bidang intelijen dalam negeri dan luar negeri.

STIN dalam kegiatan pembelajarannya berusaha menyiapkan mahasiswa untuk menjadi anggota masyarakat intelijen yang memiliki kompeten dalam akademik dan mempunyai keahlian profesional. Tahun 2023 ini BIN membutuhkan sebanyak 400 formasi yang nantinya dapat membantu proses pelaksanaan dalam Badan Intelijen Negara. Bagi kamu yang tertarik untuk dapat bekerja di BIN  bisa mendaftarkan diri untuk masuk sekolah kedinasan STIN.

Pendaftaran sekolah kedinasan STIN 2023 sudah dibuka, lho. Informasi pendaftaran dan persyaratan selengkapnya dapat kamu lihat di bawah ini

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) merupakan lembaga pendidikan tinggi milik pemerintah yang bergerak di bidang kepamongprajaan yang bertujuan menghasilkan kader pemerintahan yang berkompetensi, berkarakter, dan berkepribadian untuk dapat membantu dalam Kementerian Dalam Negeri. Tahun 2023 ini IPDN membutuhkan sebanyak 537 formasi yang nantinya dapat membantu proses pelaksanaan dalam Kemendagri. IPDN akan membuka pendaftarannya pada tanggal 3 – 30 April 2023, untuk informasi selengkapnya bisa kamu lihat di bawah ini.

Sekolah Kedinasan Kemenhub

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memiliki tugas pelaksanaan menyangkut pelayanan, keselamatan, keamanan, peningkatan aksesibilitas, serta konektivitas sarana dan prasarana transportasi. Tahun 2023 ini Kemenhub membutuhkan sebanyak 1.408 formasi yang nantinya dapat membantu proses pelaksanaan dalam Kementerian Perhubungan. Bagi kamu yang tertarik untuk dapat bekerja di Kemenhub  bisa mendaftarkan diri untuk masuk 22 sekolah kedinasan yang berada di naungan kemenhub, seperti Politeknik Transportasi Darat Indonesia, Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal, dan masih banyak lagi yang bisa kamu lihat informasi selengkapnya di bawah ini.

Itulah informasi daftar sekolah kedinasan yang telah dibuka tahun 2023. Yuk, persiapkan diri kalian untuk pendaftaran yang akan segera dibuka sebentar lagi!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus masuk Sekolah Kedinasan. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online. Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

9 Komentar

  1. Yuriefal Miqdad

    Untuk pendaftaran jalur bea cukai ada gak?

    Apa kah ada Pkn stan di palembang?

    Apa syarat” Daftar bea cukai?

    Berapa biaya” Untuk pendaftaran?

    Apakah bisa jalur online daftar nya?

    Balas
    • Elly

      Pendidikan PKN STAN hanya ada di Kampus PKN-STAN Jakarta, Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten.
      Pendaftaran tahun 2023 tidak dibuka untuk jurusan Kepabeanan dan Cukai (D3), untuk program studi, syarat, biaya dan cara pendaftaran dapat dilihat pada artikel ini ya
      https://www.indonesiacollege.co.id/informasi-pendaftaran-pkn-stan-2023/

      Balas
      • Sunarso

        Biaya quliyah apakah geratis

        Balas
        • Luthfia

          biaya kuliah sekolah kedinasan gratis, tetapi untuk sekolah kedinasan kemenhub ada yang menerapkan biaya pendidikan

          Balas
  2. Arga

    Apakah masih bisa mendaftar kedinasan?

    Balas
    • Luthfia

      Pendaftaran sekolah kedinasan saat ini telah ditutup, kak. pendaftaran hanya sampai 30 April 2023

      Balas
  3. Nikson Djabu

    Apa masih bisa mendaftar?

    Balas
    • Luthfia

      Pendaftaran sekolah kedinasan saat ini telah ditutup. pendaftaran hanya sampai 30 April 2023

      Balas
  4. GHOZYIN ASYURURI

    Saya sebagai orang tua sangat mengharapkan anak saya yg kedua lulusan sma thn ini bisa masuk di sekolah ikatan dinas,tentu yg sesuai dg minat anak.

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…