Simak Informasi Pendaftaran STTN atau Politeknik Nuklir Indonesia 2023 di sini!

oleh | Mei 2, 2023 | Blog, Politeknik | 0 Komentar

Pendaftaran STTN 2023 – Politeknik Nuklir Indonesia merupakan perguruan tinggi di bawah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang berfokus pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan pada bidang teknologi nuklir. Sebelumnya, Politeknik Nuklir Indonesia ini memiliki nama sebagai Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) yang kemudian pada tahun 2021 berganti menjadi Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia.

Saat ini pendaftaran Politeknik Nuklir Indonesia Tahun 2023 sudah dibuka mulai 6 Maret-4 Mei 2023 melalui jalur Ujian Tulis. Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi pada bidang teknologi nuklir jangan sampai melewatkan informasi pendaftarannya di sini. Yuk, simak!

Baca Juga: Yuk, Kenali Politeknik Negeri Semarang: Jurusan, Jalur Masuk, Biaya, dan Fasilitasnya di sini!

Daftar Program Studi STTN

Daya tampung yang disediakan untuk masing-masing program studi melalui jalur Ujian Tulis ini  adalah sebanyak 42 orang. Terdapat 3 program studi yang disediakan Politeknik Nuklir Indonesia melalui jenjang Diploma 4, yaitu:

  1. Teknokimia Nuklir

Program studi teknokimia nuklir merupakan prodi yang mempelajari mengenai perancangan instalasi proses kimia, analisis kimia dan aplikasi teknologi nuklir untuk kesejahteraan dan keselamatan. Prodi ini lebih menekankan pengetahuan dalam bidang rekayasa kimia nuklir.

  1. Elektronika Instrumentasi

Program studi elektronika instrumentasi memiliki tujuan untuk membentuk SDM bidang nuklir yang memiliki kompeten dan daya saing secara global dalam kendali instrumentasi fasilitas nuklir dan keamananan keselamatan radiasi

  1. Elektro Mekanika

Program studi elektro mekanika mempelajari mengenai komputer dan interface dalam aktivitas desain, aplikasi, operasi, dan perawatan sistem elektromekanik

Persyaratan

  • Scan Surat Keterangan Sehat baik dari puskesmas maupun rumah sakit pemerintah
  • Scan Surat Keterangan Bebas Buta Warna baik parsial maupun total baik dari puskesmas maupun rumah sakit pemerintah
  • Pas Foto background warna biru (ukuran maksimal 100 KB dengan format file JPG)
  • Scan rapor asli semester 1-5 bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar 3 tahun, rapor semester 1-7 bagi SMK dengan masa belajar selama 4 tahun. Scan Ijazah yang telah dilegalisir bagi lulusan tahun 2021 dan 2022.

Pendaftaran

  • Pilih jalur pendaftaran
  • Lengkapi formulir pendaftaran
  • Selesaikan pembayaran formulir
  • Lengkapi berkas dan ikuti seleksi pendaftaran

Baca Juga: Mengenal Politeknik Negeri Bali dan Program Belajarnya

Jadwal Seleksi

Pendaftaran6 Maret – 4 Mei 2023
Seleksi Administrasi7 Maret – 11 Mei 2023
Pengumuman Seleksi Administrasi12 Mei 2023
Pembayaran Tes Potensi Akademik13–23 Mei 2023
Pelaksanaan Tes Potensi Akademik23–24 Mei 2023
Pengumuman Hasil Tes Potensi Akademik2 Juni 2023
Ujian Wawancara (online)5-6 Juni 2023
Pengumuman Akhir9 Juni 2023
Daftar Ulang12–23 Juni 2023

Biaya

Terdapat 3 rincian biaya yang harus calon peserta persiapkan untuk melakukan pendaftaran pada Politeknik Nuklir Indonesia ini, yaitu:

  • Biaya Pendaftaran sebesar Rp200.000
  • Biaya Tes Potensi Akademik sebesar Rp350.000, biaya ini dapat dibayarkan kepada konsultan
  • Biaya per-semester/ Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar Rp4.200.000, untuk biaya UKT ini calon mahasiswa berkesempatan untuk bisa mendapatkan bantuan keringanan biaya studi mulai dari semester dua dengan memenuhi Capaian Kinerja Mahasiswa (CKM) sesuai dengan yang telah ditetapkan.

Materi Ujian

Pelaksanaan ujian akan dilaksanakan berbasis komputer (CBT), adapun materi ujian yang akan diujikan sebagai berikut:

  • Penalaran matematika
  • Literasi bahasa Indonesia
  • Literasi bahasa Inggris

Itulah Informasi Pendaftaran Politeknik Nuklir Indonesia 2023, semoga bisa membantu kamu, ya. Pastikan kamu memenuhi persyaratan diatas dan jangan lupa untuk persiapkan diri dalam mengikuti rangkaian seleksinya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…