6 Tipe Mahasiswa di Kampus. Kamu Tipe yang Mana?

oleh | Mei 20, 2023 | Blog | 0 Komentar

Tipe Mahasiswa Kampus – Masuk perguruan tinggi kamu akan bertemu dengan berbagai macam mahasiswa, tidak hanya yang memiliki beragam sifat, suku, dan budaya tetapi ada juga mahasiswa dengan karakter yang nantinya terbagi ke dalam beberapa kelompok. Salah satu karakter mahasiswa ini mungkin kamu sudah pernah dengar sebelumnya, yaitu mahasiswa kupu-kupu. Mahasiswa kupu-kupu dikenal sebagai mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi maupun kegiatan lain di kampus.

Karakter mahasiswa di kampus ternyata tidak hanya itu saja, lho. Terdapat beragam karakter lain yang diidentifikasikan berdasarkan aktivitasnya selama di kampus. Penasaran kira-kira apa saja karakter mahasiswa di kampus? Yuk, simak di bawah ini tipe-tipe mahasiswa di kampus.

Baca Juga: Merasa salah jurusan? Yuk, Coba 4 Tips Ini!

Mahasiswa Ambis

Pernah lihat belum mahasiswa yang selalu merasa kurang puas dengan nilai atau IP yang didapat? Itu dia ciri-ciri dari mahasiswa ambis. Sebagian dari kita ketika mendapatkan nilai B mungkin sudah merasa puas dan lega, karena tandanya tidak perlu mengulang mata kuliah lagi, tetapi bagi mahasiswa ambis nilai B itu bukanlah nilai yang dicari. Sebisa mungkin mahasiswa ini harus selalu mendapatkan nilai yang sempurna.

Mahasiswa ambis merupakan tipe mahasiswa yang selalu mengerjakan tugas secara cepat dan perfectionist, bahkan terkadang tugas yang seharusnya dikumpulkan minggu depan, bisa mereka selesaikan besok harinya. Tipe mahasiswa ini biasanya selalu dihindari ketika ada tugas kelompok, karena kebiasaan mereka yang selalu gerak cepat dan harus selalu sempurna membuat sebagian mahasiswa merasa terbebani.

Mahasiswa Kupu-Kupu

Mahasiswa kupu-kupu merupakan akronim dari mahasiswa kuliah-pulang-kuliah-pulang merupakan ciri-ciri mahasiswa yang rasanya kamu mungkin sudah sering dengar atau bahkan sudah pernah melihatnya secara langsung. Mendengar namanya saja pasti kamu sudah tau ya bagaimana rutinitas yang dilalui mahasiswa ini sehari-hari. Sesuai dengan kepanjangannya, mahasiswa ini tipe yang kuliah lalu pulang, tanpa mengikuti aktivitas seperti organisasi maupun UKM di kampus.

Mahasiswa kupu-kupu ini mayoritas merupakan mahasiswa dengan kepribadian introvert, yang lebih nyaman dengan kesendirian. Mahasiswa kupu-kupu selalu dipandang buruk atau negatif, karena tidak memiliki aktivitas yang dilakukan selain kuliah dan dipandang hanya bermalas-malasan. Sebenarnya ada beberapa keuntungan yang bisa didapat ketika memilih menjadi mahasiswa kupu-kupu, seperti bisa mengerjakan tugas dengan fokus, mempunyai kesempatan untuk lulus lebih cepat, dan meningkatkan indeks prestasi, karena memiliki waktu lebih banyak dibandingkan dengan mahasiswa yang aktif organisasi.

Tetapi dengan tidak memiliki aktivitas lain selain berkuliah, nantinya ketika mencari pekerjaan memang akan sulit, karena perusahaan biasanya mencari calon pegawai yang memiliki banyak pengalaman. Agar bisa menyikapi hal ini, kamu perlu strategi untuk bisa mengisi kekosongan dari pengalaman organisasi kamu, misalkan dengan magang, part time, atau bisa juga dengan tugas-tugas kuliah yang pernah kamu kerjakan.

Mahasiswa Kura-Kura

Mahasiswa kura-kura merupakan akronim dari kuliah-rapat-kuliah-rapat, hal ini didasari dari banyaknya organisasi yang diikuti mahasiswa selama di kampus. Mahasiswa dengan tipe ini memiliki beberapa keuntungan, seperti bisa meningkatkan soft skill berbicara di depan umum dan juga problem solving.

Menjadi mahasiswa kura-kura memang terlihat melelahkan, ketika mahasiswa kupu-kupu bisa memiliki waktu luang untuk diri sendiri bahkan bisa menyalurkan hobi. Mahasiswa kura-kura justru disibukkan dengan aktivitas organisasi dan rapat setiap minggunya. Namun, kamu perlu mengingat kelebihan dari waktu yang sudah kamu luangkan itu, dengan menjadi mahasiswa kura-kura akan lebih mudah ketika mencari pekerjaan, memiliki pengalaman organisasi yang bisa menjadi nilai tambah.

Baca Juga: 5 Organisasi Unik di Kampus Indonesia

Mahasiswa Kue-Kue 

Ada satu tipe mahasiswa yang belakangan sering dijumpai di kampus yaitu mahasiswa kue-kue atau kuliah-gawe-kuliah-gawe yang menjalani masa kuliah sambil bekerja. Kesempatan untuk masuk ke dunia kerja lebih dini mulai terbuka lebar sejak adanya program Merdeka Belajar untuk magang di berbagai instansi dan perusahaan. Apakah kamu salah satu dari mahasiswa kue-kue ini? 

Tipe mahasiswa satu ini biasanya adalah orang yang memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik. Bagaimana tidak, mahasiswa kue-kue harus pintar membagi waktunya untuk kuliah sekaligus mengerjakan tugas dari tempatnya bekerja agar sama-sama dapat menghasilkan output yang sama bagusnya. Meskipun terlihat sibuk dan sulit mendapat waktu luang, mahasiswa yang kuliah sambil bekerja bisa mendapat banyak pengalaman kerja sebelum lulus yang tentunya akan memudahkan untuk masuk ke dunia kerja. 

Mahasiswa Kunang-Kunang

Berbeda dengan mahasiswa kue-kue yang sibuk, mahasiswa kunang-kunang atau kuliah-nangkring-kuliah-nangkring lebih banyak meluangkan waktunya untuk bersantai setelah kuliah. Tipe mahasiswa satu ini biasanya banyak dijumpai menghabiskan waktu  di tempat nongkrong seperti cafe atau kedai kopi bersama teman-temannya. Mahasiswa kunang-kunang juga dikenal memiliki banyak teman di luar kampus dan selalu up to date dengan isu-isu terkini. 

Mahasiswa Kuda-Kuda

Tidak semua mahasiswa bisa kuliah dengan support dana penuh dari orang tua, ada juga yang diharuskan untuk menyambi kuliah dengan mencari uang tambahan . Mahasiswa kuliah-dagang-kuliah-dagang atau kuda-kuda adalah sebutan untuk tipe mahasiswa yang menjalani masa kuliahnya sambil berjualan atau berdagang. Tidak hanya pintar berdagang, mereka juga diharuskan pintar mengatur waktu untuk kuliah dan berdagang sekaligus mengatur keuangan dengan baik. 

Mahasiswa tipe ini cukup sering dijumpai di lingkungan kampus dan sering terlihat mempromosikan barang dagangannya di berbagai media sosial atau e-commerce. Terlebih lagi dengan berkembangnya trend affiliate marketing, mahasiswa kuda-kuda dapat dengan mudah berjualan bahkan tanpa modal. Apakah kamu sering ketemu dengan mahasiswa tipe ini? atau kamu termasuk mahasiswa kuda-kuda di kampus? 

Nah, itulah berbagai tipe mahasiswa yang sering dijumpai di lingkungan kampus. Apapun karakter dan kebiasaannya, prioritas utama sebagai mahasiswa adalah mengikuti kuliah dan menyelesaikan pendidikannya tepat waktu. Jangan sampai lupa, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…