Cek di Sini! PTN yang Membuka Pendaftaran Seleksi Mandiri Pakai KIP Kuliah

oleh | Mei 26, 2023 | Blog, Jalur Masuk PTN | 0 Komentar

Seleksi Mandiri KIP Kuliah – Beberapa PTN di Indonesia kini sudah mulai membuka pendaftaran untuk jalur seleksi mandiri. Seleksi mandiri sendiri merupakan jalur masuk yang dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi.  Jalur masuk ini merupakan salah satu jalur yang memiliki biaya pendaftaran dan biaya kuliah tinggi, rentang biaya pendaftaran dapat mencapai Rp100.000 hingga Rp500.000. Biaya pendaftaran yang besar tersebut membuat sebagian calon peserta merasa terbebani dan tak banyak juga yang mengurungkan niat untuk mengikuti seleksi mandiri.

Bagi calon peserta dengan ekonomi menengah khususnya yang memiliki KIP Kuliah, kamu bisa memanfaatkan KIP Kuliah untuk mengikuti jalur seleksi mandiri perguruan tinggi tanpa perlu membayar seluruh biaya kuliah. Namun, tidak semua perguruan tinggi negeri dapat menggunakan KIP Kuliah untuk seleksi mandirinya. Berikut kami rangkum perguruan tinggi negeri yang menyediakan KIP-K dengan pembebasan biaya kuliah secara keseluruhan untuk jalur mandiri. Yuk, simak di bawah ini.

Baca Juga: Informasi Lengkap KIP Kuliah 2023: Pendaftaran, Biaya, dan Kapan Pencairannya

Institut Teknologi Bandung

Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti seleksi mandiri di Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2023, kamu bisa mendaftarkan diri menggunakan KIP Kuliah, lho. ITB menyediakan bantuan pembebasan biaya pendaftaran seleksi mandiri dan biaya pendidikan termasuk pembebasan UKT per semester dan Iuran Pengembangan Institusi bagi calon peserta yang memiliki KIP Kuliah serta calon peserta yang berasal dari SMA/MA di wilayah 3T. Pendaftaran untuk seleksi mandiri ITB akan dibuka pada 29 Mei – 23 Juni 2023. Berikut persyaratan yang harus kamu penuhi sebelum pendaftaran seleksi mandiri ITB menggunakan KIP Kuliah:

Persyaratan

  • Mendaftar secara daring di laman Seleksi Mandiri ITB
  • Mengisi nomor Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) di laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB
  • Mengunggah Kartu KIP-K (bukan bukti pendaftaran KIP-K) di laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB.
  • Mengunggah Surat Rekomendasi dari Sekolah

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia membuka jalur masuk seleksi mandiri atau SIMAK UI yang bisa menggunakan KIP Kuliah, jadi nantinya para calon peserta akan dibebaskan biaya pendaftaran. Namun, untuk tahun 2023 ini pendaftaran melalui KIP Kuliah belum terdapat informasi resminya. Pendaftaran SIMAK UI sendiri akan dibuka pada 5 Juni – 6 Juli 2023.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti SIMAK UI menggunakan KIP Kuliah bisa mempersiapkan diri menggunakan persyaratan-persyaratan pada tahun 2022 lalu. Berikut persyaratan dan ketentuan SIMAK UI menggunakan KIP Kuliah pada tahun 2022:

  • Membuat akun di laman penerimaan.ui.ac.id 
  • Login dengan akun yang sudah dibuat
  • Melengkapi isian pada menu KIP Kuliah
  • Menunggu hasil verifikasi
  • Setelah diverifikasi, peserta dapat melanjutkan pengisian formulir pendaftaran dan memilih program studi pada menu “Buat Pendaftaran”.
  • Peserta yang lolos verifikasi KIP Kuliah tidak perlu membayar biaya pendaftaran.
  • Peserta KIP Kuliah hanya dapat memilih jalur S1 Reguler dengan maksimal pilihan 3 program studi.
  • Setelah diterima di Universitas Indonesia pada Program S1 Reguler, calon mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta KIP-Kuliah wajib mengumpulkan berkas kelengkapan tambahan sebagai proses seleksi penerima KIP Kuliah di UI. Berkas kelengkapan tersebut akan diinformasikan pada saat pengumuman hasil seleksi.

Baca Juga: Berbagai Jalur Seleksi Mandiri Unpad 2023 dan Jadwal Pelaksanaannya

Universitas Padjadjaran

Seleksi mandiri Universitas Padjadjaran juga bisa kamu ikuti dengan menggunakan KIP kuliah. Jika nantinya peserta tidak diterima sebagai penerima KIP Kuliah, peserta tetap dikenakan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan kelompok yang telah ditetapkan oleh Unpad. Saat ini seleksi mandiri Unpad telah dibuka pendaftarannya mulai 29 Maret – 26 Juni. Bagi kamu yang ingin mengikuti seleksi mandiri Unpad menggunakan KIP Kuliah, bisa mengikuti tata cara pendaftaran di bawah ini:

Tata Cara Pendaftaran

  • Mendaftar dan mengisi data secara daring melalui laman  https://pendaftaran.unpad.ac.id/login
  • Memilih jalur masuk KIP-K pada bagian minat hanya untuk peserta yang telah memiliki KIP semasa SMA.
  • Melengkapi isian nomor kartu KIP semasa SMA.
  • Mengunggah KIP semasa SMA pada bagian unggah dokumen.
  • Pendaftar KIP-K tidak perlu membayar biaya pendaftaran.
  • Setelah dinyatakan diterima di Universitas Padjadjaran pada Program Sarjana/Sarjana Terapan melalui jalur masuk KIP Kuliah, calon mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta KIP Kuliah wajib mengumpulkan berkas kelengkapan tambahan sebagai proses seleksi penerima KIP Kuliah ke Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (waktu pelaksanaan akan diinfokan kemudian).

UPN Veteran Jakarta

UPN Veteran Jakarta membuka seleksi mandiri yang bisa menggunakan KIP Kuliah, nantinya bagi peserta yang dinyatakan sebagai penerima KIP Kuliah akan dibebaskan biaya UKT dan SPI. Kuota untuk penerima KIP Kuliah setiap program studi sebanyak satu calon mahasiswa, kecuali program studi S1 Sains Informasi dan S1 Fisioterapi belum dapat menerima KIP Kuliah. Seleksi mandiri UPN Veteran Jakarta baru akan dibuka pendaftarannya pada 2 Juni – 23 Juni 2023, berikut ketentuan KIP Kuliah UPN Veteran Jakarta:

Ketentuan:

  • Calon peserta KIP Kuliah yang lulus seleksi mandiri UPNVJ akan dilakukan verifikasi data ekonomi berbasis dokumen melalui wawancara telepon dan/atau kunjungan ke alamat tinggal peserta.
  • Penetapan penerima KIP Kuliah akan diumumkan pada 14 Juli 2023.
  • Bagi yang tidak ditetapkan sebagai penerima KIP Kuliah, pembayaran UKT dan SPI dilakukan pada 14 Juli – 17 Juli 2023.

Semoga informasi daftar PTN yang membuka seleksi mandiri menggunakan KIP Kuliah di atas bisa membantu kamu, ya. Jangan lupa catat seluruh persyaratan dan ketentuan yang ada.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…