Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Akan Segera Dimulai, Bagaimana Cara Cek Jadwal SKD CPNS 2021?

oleh | Sep 2, 2021 | Blog, CPNS | 0 Komentar

Cara Cek Jadwal SKD CPNS 2021 – Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah dijadwalkan untuk mulai diselenggarakan pada awal bulan September 2021. Hal ini sesuai dengan edaran resmi dari Badan Kepegawaian Negara atau BKN.

Ujian SKD CPNS diselenggarakan secara bertahap sesuai dengan daerah dan instansi masing-masing. Setiap pelamar akan mendapatkan jadwal yang berbeda-beda. Cara cek jadwal SKD CPNS 2021 sendiri bisa dilakukan secara mandiri oleh peserta.

Mengetahui jadwal ujian SKD sangatlah penting untuk pelamar. Jika pendaftar tidak rajin mengecek jadwal tersebut, bisa ada kemungkinan pelamar melewatkan ujian. Tentunya, jika hal ini terjadi, peserta akan dinyatakan gugur dan tidak bisa melanjutkan seleksi CPNS ke tahap berikutnya.

Secara umum, terdapat 2 cara cek jadwal SKD CPNS 2021. Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Cara Cek Jadwal SKD CPNS 2021 Lewat Laman SSCASN

cara cek jadwal skd cpns 2021

Cara cek jadwal SKD CPNS 2021 yang pertama dapat dilakukuan melalui laman SSCASN. Langkah-langkahnya sendiri cukup mudah yaitu:

  • Membuka laman resmi SSCASN.
  • Klik menu drop down ‘Layanan Informasi’.
  • Klik pilihan ‘Jadwal Ujian’.
  • Ketikkan nama instansi yang ingin kamu cek jadwalnya di kotak yang tersedia.
  • Tunggu sampai jadwal SKD keluar.

Melalui pencarian tersebut, kamu akan mendapatkan informasi umum terkait jadwal seleksi SKD CPNS. Beberapa informasi yang muncul di laman SSCASN yaitu nama instansi, jenis pengadaan, titik lokasi, alamat, mulai ujian, dan tanggal selesai.

Cara ini mudah dilakukan dan bisa diakses melalui komputer ataupun smartphone. Sayangnya, informasi yang disediakan merupakan jadwal umum dan bukan spesifik untuk setiap pelamar. Kamu tidak bisa mengetahui jadwal pasti ujianmu hanya dengan melihat informasi di laman SSCASN ini.

Baca juga Ketentuan Pelaksanaan SKD CPNS Sesuai Konferensi Pers BKN.

Cek Jadwal SKD dari Laman Resmi Instansi

Rincian jadwal dan ketentuan pelaksanaan SKD CPNS bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi laman resmi instansi. Setiap instansi akan mengunggah pengumumannya di laman resmi masing-masing.

Melalui pengumuman tersebut, kamu bisa memperoleh informasi yang lebih detail terkait pelaksanaan SKD. Terdapat berbagai rincian yang harus kamu perhatikan seperti ketentuan pakaian, dokumen yang perlu dibawa, pembagian sesi, ruang ujian, dan jadwal SKD untuk masing-masing peserta.

Cara cek jadwal SKD CPNS 2021 lewat laman resmi instansi caranya yaitu:

  • Masuk ke laman resmi instansi terkait.
  • Buka menu khusus untuk penerimaan CPNS.
  • Cari pengumuman terkait SKD CPNS.
  • Buka atau unduh dokumen resmi dari laman pengumuman tersebut.
  • Cari jadwal ujian sesuai nama pelamar.
  • Catat informasi penting yang didapat dari dokumen tersebut.

Sampai saat ini, belum semua instansi memberikan pengumuman terkait jadwal pelaksanaan SKD CPNS. Jika jadwalmu belum keluar, kamu perlu untuk rajin mengecek baik laman SSCASN maupun laman resmi instansi. Hal ini dilakukan supaya kamu tidak ketinggalan pengumuman terkait jadwal pelaksanaan ujian.

Apabila instansi yang kamu lamar telah mengeluarkan pengumuman resmi, pastikan untuk membaca dokumen tersebut secara teliti. Kamu bisa mencatat informasi-informasi penting terkait pelaksanaan SKD di pengumuman tersebut. Ketidaktelitian atau kelalaian yang terjadi bisa membuatmu tidak diizinkan ikut ujian sehingga gugur di tahapan ini.

Itulah artikel tentang Akan Segera Dimulai, Bagaimana Cara Cek Jadwal SKD CPNS 2021? Pelaksanaan ujian dilakukan di berbagai lokasi di Indonesia sesuai dengan keputusan BKN dan instansi terkait. Setiap peserta juga akan mendapat jadwal yang berbeda. Jadi, pastikan kamu mencari tahu dan mencatat jadwal tersebut supaya tidak ketinggalan ujian.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!