Alasan Dan Tips Masuk IUP Biology UGM

oleh | Jun 23, 2020 | Blog, IUP UGM | 0 Komentar

IUP BIOLOGY UGM – Fakultas Biology di Universitas Gadjah Mada kini telah membuka kelas IUP atau biasa di sebut dengan International Undergraduate program. Merupakan kelas berstandar International yang bisa diikuti oleh para pelajar luar negeri maupun dalam negeri. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila bisa masuk untuk berkuliah dan lulus dari IUP Biology UGM, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Diakui secara Internasional

IUP Biology UGM telah diakui secara Internasional terbukti dengan kurikulumnya yang telah disertifikasi oleh AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance) dan Terakreditasi secara Internasional oleh ASIIN (Badan Akreditasi untuk Program-Program Sarjana Teknik, Informatika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika).

  • Paparan Internasional

Kelas International Undergraduate Program Biology UGM juga akan memastikan para mahasiswanya untuk memiliki paparan internasional baik itu dengan cara mengundang profesor internasional, magang, penelitian, ataupun bergabung dengan pengawasan dengan mitra internasional dari IUP Biology UGM.

  • Lingkungan baru

Di kelas berstandar Internasional ini tentunya para mahasiswanya akan mendapatkan lingkungan dan suasana yang baru. Di kelas ini juga kalian akan dituntut untuk siap menjadi pekerja laboratorium dan pekerja lapangan dalam proses pembelajaran.

Mengenal Sejarahnya, Sebelum Masuk IUP Biology UGM

IUP Biology UGM –  International Undergraduate Progam Biology di UGM merupakan bagian dari Fakultas Biology yang ada di UGM. Untuk Fakultas Biology sendiri didirikan pada tanggal 19 September 1955 berdasarkan SK Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan RI no. 53759/Kb, tertanggal 15 September 1955. Tentunya fakultas ini telah mengalami perjalanan yang cukup panjang hingga sampai saat ini.

Fakultas Biology UGM memiliki visi yaitu menjadi fakultas yang diakui secara internasional sebagai pusat pendidikan, pengembangan penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam biologi, terutama biologi tropis yang berorientasi pada kepentingan bangsa dan Pancasila. Maka dai itu untuk mencapai visi tersebut Fakultas Biology UGM tahun 2018 melalui program sarjana prodi biologi telah mendapatkan akreditasi internasional ASIIN dari Jerman. Sementara itu untuk internasionalisasi bidang akademik program master biologi dimulai pada tahun 2019 ini dengan mendaftarkan sertifikasi AUN-QA. Dan untuk program doktor telah dilakukan inisiasi joint doctorate degree program dengan The Graduate School of Integrative Biology, the Uiversity of Monpellier, Perancis pada semester genap tahun ajaran 2018/2019

Maka dari itu Fakultas Biology UGM telah membuka kelas Internasional pada bulan Maret 2019 lalu. Kelas International Undergraduate Program ini merupakan kelas Internasional di bidang biology pertama yang ada di Indonesia dan pada pembukaan pendaftaran pertama cukup banyak, yaitu sebannyak 142 orang.

Mengenal Segala Tantangan Masuk IUP Biology UGM

Tantangan Masuk –   Tantangan yang harus kamu hadapi adalah rasa takutmu dan perasaan ragu-ragu. IUP Biology UGM masih bisa dibilang baru akan tetapi kelas ini mempunyai standar Internasional dan terlebih ditambah dengan nama yang dimiliki oleh Universitasnya. Tentunya walaupun baru kelas IUP Biology ini tidak akan mungkin sepi akan peminatnya. Yang perlu kamu taklukan adalah rasa takut dan ragu yang ada didalam dirimu. Jangan pernah berhenti untuk mencoba, karena banyak orang diluar sana yang akan selalu mencoba peluang ini. Tentunya mereka bisa membaca sebuah peluang.

Ini Dia Beberapa Tips Masuk IUP Biology UGM

  • Pelajari soal-soal latihan TOEFL

IUP Biology UGM merupakan kelas Internasional yang bisa diikuti oleh para pelajar Internasional maupun pelajar dalam negeri. Maka dari itu komunikasi yang digunakan adalah bahasa Inggris. Hal ini merupakan kewajiban yang diberlakukan oleh IUP Biology UGM. Sebaiknya kamu meningkatkan skill bahasa Inggrismu dengan melakukan practice ataupun dengan cara mengerjakan soal-soal latihan TOEFL.

  • Pahami jenis tesnya

Memang benar untuk kelas IUP di Fakultas Biology masih dikatan baru, akan tetapi kamu juga harus memperhitungkan seleksi masuknya. Kalian bisa mempelajarinya dengan cara membandingkannya dengan tes IUP di Fakultas lainnya. Adapun secara umum tahapan tes masuk IUP adalah sebagai berikut :

  1. Tes TOEFL;
  2. GMST (Gadjah Mada Scholastic Test);
  3. Interview;
  4. Focus Group Discussion.
  • Berlatih Interview menggunakan Bahasa Inggris

Agar nantinya kamu tidak canggung dalam interview untuk masuk ke IUP Biology UGM, sebaiknya kamu mulai berlatih interview menggunakan bahasa Inggris dengan temanmu atau dengan orang yang lebih mahir. Karena untuk seleksi interview di IUP Biology menggunakan bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa pertanyaan interview yang mungkin bisa menjadi referensi saat interview di IUP Biology UGM :

  1. Why do you choose Biology?
  2. What is your motivation?
  3. What do you know about Biology?
  4. Why do you choose UGM?
  5. What are you going to do when you are not accepted?


0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...