Alasan Dan Tips Masuk IUP Psychology UGM

oleh | Jun 23, 2020 | Blog, IUP UGM | 0 Komentar

Masuk IUP PSYCHOLOGY UGM – IUP atau International Undergraduate Program telah menjadi bagian dari Fakultas Psychology di Universitas Gadjah Mada. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila bisa masuk berkuliah dan lulus dari IUP Psychologi UGM, diantaranya adalah :

  • Prospek pekerjaan setelah lulus

Setelah kamu menyelesaikan masa pendidikan di IUP Psychologi UGM, kalian tidak perlu repot-repot untuk memikirkan pekerjaan apa yang selaras dengan jurusan kalian. IUP Psychology UGM mempunyai segudang prestasi, memiliki akreditasi yang bagus serta sudah mempunyai nama di tengah masyarakat. Tentunya hal ini bisa menjadikan para perusahaan untuk mencari bibit-bibit unggul untuk di pekerjakan di perusahaannya. Terlebih IUP menggunakan sistem komunikasi bahasa Inggris dalam pembelajarannya, jadi tidak menutup kemungkinan para alumni IUP Psychology UGM untuk bisa bekerja di luar negeri.

  • Skill bahasa meningkat

Di dalam kelas IUP kalian akan diwajibkan untuk menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi selama proses pembelajaran tanpa terkecuali. Dari sinilah secara tidak sadar skill bahasa Inggris kalian akan terus meningkat nantinya.

  • Lingkungan baru

Sesuai dengan namanya International Undergraduate Program tentunya lingkungan kelas yang akan kalian tempati berbeda dari kelas reguler. Kalian apabila bisa masuk dan berkuliah di IUP akan menempati kelas yang berstandar International. Kalian akan bertemu teman baru dan mendapat kesempatan melihat dunia lebih luas lagi.

Mengenal Sejarahnya, Sebelum Masuk IUP Psychology UGM

IUP Psychology UGM –  terbentuknya IUP Psychology UGM tak terlepas dari terbentuknya Fakultas Psychology di UGM. Dimulai dari keputusan bersama PTIP dan Menteri PDK pada tanggal 6 Mei 1964 No. 34 tahun 1964 dan No. 32 tahun 1964, maka Fakultas Ilmu Pendidikan UGM pada waktu itu digabungkan dengan IKIP Yogyakarta. Maka dari itu, Jurusan Psikologi di FIP UGM dipisah dan tetap tinggal di UGM.

Barulah kemudian pada tanggal 8 Januari 1965, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI menetapkan bahwa bagian Psikologi UGM resmi menjadi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada pada tanggal 19 Desember 1964. Setelah berdirinya Fakultas Psychology UGM hingga pada tahun 2014 UGM mengikuti penilaian dari AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance). Hasil penilaian akreditasi International tersebut adalah bahwa Fakultas Psychology UGM dinyatakan layak untuk membuka program International.

Kenali Tantangan Masuk IUP Psychology UGM

Tantangan Masuk –  Tantangan terbesar untuk masuk dan berkuliah di IUP Psychology UGM adalah banyaknya jumlah pesaing dan ketatnya seleksi penerimaan mahasiswa barunya. Setiap pendaftarannya banyak para peminat jurusan ini yang datang dari dalam maupun luar kota. Mereka memiliki motivasi yang bermacam-macam untuk mengikuti seleksi International Undergraduate Program atau IUP Psychology UGM. Dengan banyaknya jumlah pelamar inilah yang menjadikan seleksi masuk IUP menjadi semakin ketat. Akan tetapi hal itu sudah sewajarnya karena melihat Akeditasi, Prestasi dan Nama yang dimiliki dari oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Kedua hal tersebut haruslah menjadi sebuah cambukan untuk kalian yang mempunyai mimpi masuk dan berkuliah di IUP Psychology UGM agar lebih bersemangat lagi dalam menimba ilmu. Jumlah pesaing dan ketatnya persaingan bertujuan untuk menyeleksi para mahasiswa yang benar-benar memiliki kompetensi yang handal tentunya.

4 Tips Masuk IUP Psychology UGM Yang Harus Kalian Ketahui

  • Persiapkan skill berkomunikasimu

Sebagian besar bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi di kelas IUP adalah bahasa Inggris. Oleh karena itu, untuk kamu yang ingin mendaftar IUP Psychology UGM sebaiknya mempersiapkan skill bahasa Inggris mu baik lisan ataupun tulisan. Karena utnuk tes seleksinya juga menggunakan bahasa Inggris.

  • Kumpulkan Informasi

Sebaiknya kamu mulai untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya menganai International Undergraduate Program Psychology UGM. Hal ini akan membantu kamu dalam menyusun strategi kedepannya.

  • Belajar TOEFL

Bahasa Inggris merupakan alat komunikasi mutlak di kelas berstandar International di IUP. Jadi kamu bisa memulai beberapan practice dengan berbicara kepada teman menggunakan bahasa Inggris atupun mulai untuk mengerjakan soal-soal TOEFL. Soal-soal latihan dalam TOEFL akan sangat membantumu dalam mengembangkan skill bahasa Inggrismu. Terlebih di salah satu seleksi IUP Psychology menggunakan tes TOEFL.

  • Pahami jenis-jenis tesnya

Di anjurkan untuk kalian yang ingin mendaftar ke IUP Psychology UGM untuk mengetahui jenis-jenis tes seleksi apa saja yang akan kalian hadapi. Sebaiknya kalian terus memantau website resmi dari IUP Psychology UGM untuk info resmi mengenai jenis seleksinya. Adapun pada umumnya seleksi IUP di UGM adalah sebagai berikut :

  1. Tes TOEFL;
  2. GMST (Gadjah Mada Scholastic Test);
  3. Interview;
  4. Focus Group Discussion.
  5. Do’a dan restu orang Tua

Dan untuk sentuhan akhir adalah jangan lupa untuk berdo’a dan meminta restu terhadap orang tua agar meridhoi jalan yang kalian ambil. Hal ini sangat bagus untuk ketenangan batin kalian saat mengerjakan tahapan seleksi tersebut.

Prosedur Pendaftaran Masuk IUP Psychology UGM

  1. Hal pertama yang dilakukan adalah membuat akun terlebih dahulu di um.ugm.ac.id;
  2. Lengkapi formulir aplikasi online dan unggah dokumen-dokumen nya (minimal 150 kb dan maksimum 800 kb), dokumen tersebut berupa :
  3. Foto 4×6 berwarna;
  4. Kartu Identitas (KTP/Paspor/dll);
  5. Rapor kelas X-XII semester 1 bagi yang lulus pada tahun 2015, surat kelulusan (bagi alumni);
  6. Surat keterangan tidak buta warna;
  7. Financial Guarante level (Silahkan didownload di website resmi IUP yang dituju);
  8. SKHUN/Ijazah bagi alumni.
  9. Lalu untuk biaya aplikasi pembayaran yang tidak dapat dikembalikan melalui sistem pembayaran berganda (Rp1,5 juta);
  10. Kemudian, Cetak formulir aplikasi. Jika tidak bisa mencetak formulir aplikasi Anda atau aplikasi online Anda gagal, silakan hubungi 0274-550-435 Ext. 181 atau kirim email di iup.psikologi@ugm.ac.id;
  11. Kartu Penerimaan dapat dicetak pada hari yang disebutkan dalam akun aplikasi masing-masing;
  12. Pendaftaran terakhir adalah tengah malam pukul 23:59 sebelum tanggal jatuh tempo atau deadline yang telah ditentukan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia...

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke...

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

CPNS BPIP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP ikut berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021. Badan ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai untuk berbagai jabatan. Berikut ini informasi...

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

CPNS Kejaksaan Agung SMA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi. Beberapa lembaga pemerintah juga membuka pendaftaran untuk beberapa jabatan dengan syarat pendidikan minimal SMA/sederajat. Salah satu...

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Formasi CPNS – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera dilaksanakan. Berdasarkan siaran pers yang telah dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar bisa melakukan pendaftaran mulai dari tanggal 30 Juni 2021. Pelaksanaan seleksi CASN...