Alasan Penting Memilih IUP Hukum UGM

oleh | Jun 4, 2020 | Blog, IUP UGM | 0 Komentar

IUP HUKUM UGM – Merupakan sebuah program kelas Internternational yang ada di fakultas hukum di Universitas Gadjah Mada, tentunya ilmu yang diajarkan adalah hukum. IUP UGM berfokus pada hukum bisnis (company, banking, agreement, capital market, dan insurance), hukum International (human rights, dispute resolution, treaty, law of sea, dan refugee law), dan juga akan mempelajari hukum konstitusional (comparative, executive-legislative, judiciary, electoral, dan local government law). Berikut adalah keuntungan yang akan kamu dapatkan apabila bisa masuk untuk berkuliah dan lulus dari IUP Hukum UGM, diantara lain :

  • Skill bahasa Inggris meningkat

Salah satu peryaratan terpenting untuk masuk ke International Undergraduate Program adalah pentingnya skill komunikasi dalam berbahasa Inggris secara aktif. Apabila kamu dapat masuk ke dalam IUP Hukum maka secara otomatis skill bahasa Inggrismu akan meningkat secara drastis. Hal ini di karenakan tuntutan standar International yang diterapkan di dalam proses pembelajaran dan juga lingkungan kelas yang mendukung untuk terus meningkatkan skill bahasa Inggrismu. Tentunya bahasa Inggris yang akan kamu gunakan bukan sekedar bahasa Inggris secara umum akan tetapi sudah mengarah ke bahasa Inggris untuk ilmu Hukum.

  • Prospek kerja yang bagus

Setelah lulus dari IUP Hukum UGM tidak perlu repot-repot untuk memikirkan pekerjaan apa yang sesuai dengan jurusan apa yang telah kamu ambil. Karena banyak dari kalangan pemerintah ataupun swasta yang menginginkan para freshgraduate atau para alumni yang memiliki kompetensi dari IUP Hukum UGM dan juga tidak menutup kemungkinan untuk bisa bekerja di luar negeri.

  • Mendapatkan gelar double degree

Setelah lulus dari IUP Hukum UGM kamu bisa mendapatkan gelar double degree. Gelar tersebut diterima dari Universitas Maastricht (S.H., LL.B) dan dari Universitas Charles Darwin (S.H., LL.B.).

  • Exchange Program

Para Mahasiswa IUP Hukum UGM akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajaran dengan Universitas mitra seperti, Universitas Erasmus Rotterdam, Universitas Groningen, Universitas Utrecht, Universitas Toulouse1 Capitole, Universitas Nagoya dan masih banyak lagi.

Baca juga mengenai : Kelebihan Masuk IUP UGM

Yuk Bersama – Sama Mengenal Sejarah IUP Hukum UGM

IUP Hukum UGM – Perjalanan terbentuknya Program studi IUP  Hukum UGM bersamaan dengan terbentuknya jurusan hukum jenjang S-1 untuk kelas reguler. Fakultas Hukum UGM  hanya memiliki dua program studi, yaitu S-1 Hukum untuk kelas reguler dan S-1 untuk International Undergraduate Program (IUP). Fakultas ini merupakan Fakultas hukum pertama yang didirikan oleh Republik Indonesia setelah berdaulat.

Kurang lebih sudah 70 tahun perjalanan yang sudah dilalui oleh Fakultas Hukum UGM. Awal mula berdiri dengan nama Faculteit Hoekoem Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada (FH BPTGM) yang lahir pada tanggal 17 Febuari 1946. Lalu pada tanggal 7 Desember 1949 FH BPTGM melebur dengan Sekolah Tinggi Hukum Negeri di Surakarta menjadi Sekolah Tinggi Hukum Jogjakarta (STHJ). Dan kemudian terbitlah peraturan pemerintah No.23 tahun 1949 untuk menggabungkan semua Perguruan Tinggi Negeri di Jogjakarta dan lahirlah Faculteit Hukum Universiteit Negeri Gadjah Mada (FHUNGM).

Dan setelah beberapa perombakan nama dan struktur barulah lahir Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM) pada tanggal 15 September 1955. FH UGM sendiri sejak saat itu telah mempunyai dua program studi yaitu S-1 kelas reguler dan International Undergraduate Program (IUP).

Ini Dia Tantangan Masuk IUP Hukum UGM, Menurut Banyak Orang

Tantangan Masuk – Tantangan terbesar untuk masuk IUP atau International Undergraduate Program Hukum UGM adalah rasa takut dan ketatnya persaingan. Seperti yang diketahui bahwa IUP merupakan kelas berstandar International sudah sewajarnya bahwa lingkungan yang akan dihadapi berbeda dari kelas reguler nantinya. Yang seharusnya dilakukan adalah menyiapkan kepercayaan diri yang tinggi serta pengetahuan yang luas. IUP Hukum UGM juga selalu kebanjiran akan pelamar yang datang dari dalam maupun luar kota untuk mencoba bisa berkuliah di kelas tersebut. Terlebih IUP UGM selalu membuka pendaftaran lebih dari 1x untuk setiap tahunnya. Hal ini tentu akan menjadi tantangan tersendiri untuk kalian agar supaya lebih bersemangat lagi dalam mencoba masuk dan berkuliah di IUP Hukum UGM.

Sedikit Tips Agar Kalian Dapat Lolos IUP Hukum UGM

  • Persiapkan skill bahasa Inggris aktif

Bahasa Inggris aktif sangatlah penting apabila kamu akan masuk kedalam IUP Hukum UGM. Hal ini dikarenakan mereka mewajibkan para mahasiswanya untuk berbahasa Inggris aktif di setiap proses pembelajarannya. Kamu harus terbiasa dengan lingkungan yang berbahasa Inggris dan pelajari beberapa tes TOEFL sebagai latihanmu.

  • Pahami tes masuk ke IUP Hukum UGM

Sebaiknya kamu harus mengumpulkan sebanyak mungkin mengenai informasi tes atau tahapan yang akan kamu hadapi nantinya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah jalanmu masuk ke dalam IUP Hukum UGM. Atau kamu bisa mengunjungi website resmi IUP Hukum UGM melalui https://iup.law.ugm.ac.id/why-iup-fh-ugm/. Adapun secara umum tahapan tes yang biasanya akan dilalui adalah sebagai berikut :

  1. Tes TOEFL;
  2. GMST (Gadjah Mada Scholastic Test);
  3. Interview;
  4. Focus Group Discussion.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Rincian Biaya Kuliah Binus University Berbagai Program

Rincian Biaya Kuliah Binus University Berbagai Program

Biaya Kuliah Binus – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan impian banyak orang. Bagi lulusan SMA, salah satu pilihan yang dapat diambil yaitu dengan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau universitas. Di Indonesia sendiri, pilihan...

Besaran UKT UNS Berbagai Jalur Masuk Tahun 2021

Besaran UKT UNS Berbagai Jalur Masuk Tahun 2021

UKT UNS – Universitas Sebelas Maret atau UNS merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia. Kampus yang terletak di Surakarta ini termasuk PTN terbaik yang diminati oleh banyak calon mahasiswa. Hal ini terbukti dari animo pendaftar yang cukup tinggi di...

Kampus-kampus yang Membuka Kelas IUP Kedokteran

Kampus-kampus yang Membuka Kelas IUP Kedokteran

IUP Kedokteran – Perguruan tinggi di Indonesia menyelenggarakan berbagai program pendidikan. Salah satu program yang disediakan yaitu International Undergraduate Program atau IUP. Program ini dibuka untuk menampung mahasiswa baik dalam maupun luar negeri untuk bisa...

Prospek Kerja Jurusan Psikologi, Apa Saja?

Prospek Kerja Jurusan Psikologi, Apa Saja?

Prospek Kerja Psikologi – Kuliah psikologi bisa jadi sangat menyenangkan bagi seseorang yang memiliki ketertarikan pada manusia dengan segala perilakunya. Hal ini dikarenakan psikologi adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia....

Bosan Kelas Online Terus? Yuk, Ikuti 7 Tips Ini!

Bosan Kelas Online Terus? Yuk, Ikuti 7 Tips Ini!

Kelas Online – Adanya pandemi membuat banyak orang harus beraktivitas dari rumah. Kegiatan belajar mengajar pun ikut terkena dampaknya. Saat ini, kegiatan ini harus dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan berbagai platform online. Belajar secara online dari rumah...

Tahapan Seleksi TNI AD, AL, dan AU Lengkap

Tahapan Seleksi TNI AD, AL, dan AU Lengkap

Seleksi TNI – Tentara Nasional Indonesia atau TNI merupakan angkatan bersenjata yang memiliki tugas untuk menjaga keamanan negara Indonesia. TNI sendiri dibagi menjadi 3 angkatan yang memiliki tugas berbeda-beda. Saat ini, TNI dibagi menjadi TNI Angkatan Darat, TNI...