Alasan Utama Dan Tips Masuk AKPOL

oleh | Jun 22, 2020 | AKPOL, Blog | 0 Komentar

Masuk AKPOL – atau biasa disebut dengan nama Akademi Kepolisian merupakan salah satu Sekolah Tinggi Kedinasan yang ada di Indonesia. Sekolah kepolisian ini mempunyai tujuan untuk menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi dengan masa pendidikannya selama 4 (empat) tahun atau 8 (delapan) semester dan output ketika lulus adalah pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). AKPOL sendiri tercatat sebagai anggota INTERPA (International Association of Police Academies) dari 36 Negara anggota lainnya. Berikut adalah keuntungan apabila kamu bergabung dalam AKPOL :

  • Menjadi Polisi pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda)

Menjadi seorang polisi atau penegak kebenaran adalah cita-cita yang di dambakan oleh beberapa orang tentunya. Apabila kalian berhasil masuk ke dalam AKPOL dan berhasil menyelesaikan pendidikan kurang lebih selama 4 tahun atau 8 semester, jalan kalian untuk menjadi seorang Polisi sangat mulus. Karena setelah lulus dari pendidikan kepolisian ini, para alumninya akan menjadi Polisi Inspektur Polisi Dua (Ipda). Tentunya hal ini merupakan salah satu keuntungan yang perlu kamu perhitungkan

  • Gaji yang akan di dapatkan sangat memuaskan ketika masuk AKPOL

Keuntungan lain yang perlu kalian perhatikan adalah gaji yang akan di dapatkan oleh seorang Polisi nantinya apabila kalian berhasil menyelesaikan Pendidikan di AKPOL. Tentunya gaji yang akan didapatkan tergolong tidaklah kecil atau sedikit, karena gaji seorang Polisi setara dengan Pegawai Negeri Sipil. Hal ini dikarenakan seorang Polisi juga tercatat sebagai seorang Pegawai Negeri. Terlebih setelah kalian menyelesaikan masa pendidikan selama 4 Tahun atau 8 semester tersebut kalian akan mendapat gelar Ipda atau dengan kata lain kalian akan mendapatkan pangkat yang sedikit lebih tinggi dari Polisi biasa. Hal ini tentunya berdampak pada gaji yang di terima akan berbeda.

  • Mengangkat Martabat Keluarga

Mengangkat derajat dan martabat kelurga merupakan sebuah cita-cita mulia bagi setiap anak dan orang untuk keluarga mereka tentunya. Menjadi seorang polisi yang akan mempunyai gaji yang dapat dikatakan besar dan pangkat yang dimiliki tentunya akan mempunyai tempat tersendiri di mata masyarakat. Hal ini juga secara tidak langsung dapat mengangkat derajat dan martabat keluarga di lingkungan masyarakat, karena anak atau salah satu keluarganya menjadi seorang Pegawai Negeri dan juga sebagai pelindung dan penegak keadilan untuk masyarakat.

Mengenal Sejarah Masuk AKPOL di Indonesia

Akademi Kepolisian (AKPOL) –  Akademi ini telah mengalami berbagai perjalanan yang cukup panjang dan telah mengalami beberapa perubahan tahap dalam organisasi maupun domisilinya. Dan sampai akhirnya dari perjalanan domisilinya yang hingga sampai saat ini telah menetap di Semarang.

Perjalanan berdirinya Akademi Kepolisian ini dimulai setelah proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Setelah di nyatakannya proklamasi Kemerdekaan RI pada saat itu, para cendekiawan bangsa Indonesia berusaha mengambil alih kekuasaan Jepang di Indonesia atas kekuasaan Pendidikan. Tentunya pendidikan itu termasuk pendidikan di bidang kepolisian atau “Jawea Keisatsu Gakka” yang pada akhirnya di ganti ke nama Indonesia menjadi Sekolah Polisi negara RI dan bertempat di Sukabumi pada saat itu. Kemudian Kepolisian Negara RI ini berubah nama menjadi Angkatan Kepolisian RI pada tanggal 10 Juli 1959 sesuai dengan Surat Keputusan Presiden No 253/1959 tentunya hal ini menjadikan Sekolah Tinggi Negara di Sukabumi menjadi Sekolah Angkatan Kepolisian. Dan akhirnya setelah mengalami perjalanan yang panjang, akhirnya pada tanggal 24 Januari 1985 yang pada saat itu AKABRI Kepolisian berubah nama menjadi Akademi Kepolisian sesuai dengan Surat Keputusan Kapolri No. POL Skep/36/I/1985. Hal ini disusul dengan pelepasan AKPOL dari bagian AKMIL, AAL, AAU, ataupun Mako Akademi TNI di tahun setelahnya.

Yuk Mengenal Apa Saja Tantangan Masuk AKPOL

Tantangan Masuk  – Perjalanan untuk menjadi seorang Polisi seutuhnya tidaklah mudah. Banyak rintangan yang harus di hadapi dan di lalui, salah satunya adalah tantangan untuk masuk untuk mengenyam pendidikan di AKPOL. Seperti yang diketahui bahwa menjadi penegak keadilan dan aparatur negara adalah sebuah cita-cita yang cukup hebat dan mulia. Tentunya hal ini menjadikan banyak orang yang menginginkan posisi menjadi seorang Polisi. Terlebih keuntungan yang akan kamu dapatkan apabila berhasil masuk dan lulus dari pendidikan di Akademi Kepolisian ini. Hal itu menjadikan motivasi tersendiri bagi setiap orang yang menginginkannya. Dan dampaknya adalah persaingan yang semakin ketat setiap tahunnya, hal ini bertujuan untuk menyaring para calon taruna terbaik untuk berkesempatan masuk ke Akademi Kepolisian (AKPOL). Mereka menginginkan para tarunanya adalah orang-orang berbakat yang terpilih dan terlatih, agar supaya dapat bekerja secara profesional dan optimal nantinya.

Berikut Ini Tips Masuk AKPOL Yang Dapat Kalian Terapkan

  • Persiapkan nilai akademik

Hal yang harus diperhatikan sejak awal adalah nilai akademik sejak mulai menginjakan di bangku SMA. Sebaiknya harus rajin belajar agar mendapatkan nilai akademik yang baik dan bisa bersaing dengan calon lainnya ketika akan masuk ke AKPOL.

  • Latihan fisik sejak dini

Selain otak yang cerdas, menjadi seorang polisi juga harus mempunyai stamina dan ketahanan tubuh yang bagus. Di dalam tes seleksi AKPOL tenunya akan ada serangkaian tes tentang ketahanan fisik dan apabila inginbergabung menjadi bagian dari AKPOL sebaiknya untuk mempersiapkan latihan fisik sejak dini atau jauh hari. Hal ini ditujukan agar tidak terlalu canggung dengan tes seleksi yang akan dihadapi nanti.

  • Pahami serangkaian tes

Hal terpenting sebelum berperang adalah mengetahui medan yang akan di hadapi, begitu juga pada setiap tes. Sebaiknya sebelum mengikuti tes seleksi di AKPOL, kalian harus mengetahui jenis tes atau tahapan apa saja yang akan di lalui. Biasanya tes tersebut dapat berupa, seleksi administrasi, tes kesehatan, tes Psikologi dan wawancara dan lainnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia...

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke...

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

CPNS BPIP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP ikut berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021. Badan ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai untuk berbagai jabatan. Berikut ini informasi...

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

CPNS Kejaksaan Agung SMA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi. Beberapa lembaga pemerintah juga membuka pendaftaran untuk beberapa jabatan dengan syarat pendidikan minimal SMA/sederajat. Salah satu...

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Formasi CPNS – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera dilaksanakan. Berdasarkan siaran pers yang telah dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar bisa melakukan pendaftaran mulai dari tanggal 30 Juni 2021. Pelaksanaan seleksi CASN...