10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

Dilansir dari laman resmi Webometrics, ada beberapa PTKIN yang masuk dalam kriteria pemeringkatan per Juli 2022. Melalui pemeringkatan Webometrics, kamu bisa mengecek daftar PTKIN terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih sebagai pilihan kampus. Berikut daftarnya!

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

LPDP 2022 menawarkan 3 kategori beasiswa yaitu Beasiswa Umum, Beasiswa Targeted, dan Beasiswa Afirmasi. Di kategori Beasiswa Umum terbagi menjadi 3 beasiswa, apa saja? Yuk, simak di sini info lebih lengkapnya!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Apa Itu Tes SKD dan SKB dalam Seleksi CPNS?

oleh | Jul 7, 2021 | Blog, CPNS | 0 Komentar

SKD SKB CPNS – Ada beberapa tahapan seleksi yang perlu dilalui ketika seseorang ingin diangkat menjadi Pegawai Sipil Negara (PNS). Setiap pelamar harus mendaftar dan mengikuti seleksi yang telah dipersiapkan oleh pemerintah.

Setelah berhasil mendaftar, seleksi pertama yang dilakukan yaitu seleksi administrasi. Bagi siapa pun yang berkasnya lengkap dan sesuai, akan lanjut ke tahapan berikutnya yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan juga Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Ke dua tahapan tersebut merupakan seleksi yang akan menentukan kelolosan seleksi dari pelamar.

Sebenarnya, apa itu SKD dan SKB CPNS? Bagaimana pelaksanaan tesnya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Tes pertama yang harus dihadapi oleh Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yaitu Seleksi Kompetensi Dasar atau bisa disingkat SKD. Tes ini merupakan tahapan awal yang harus diikuti oleh semua peserta yang lolos seleksi berkas. Bisa dibilang, SKD merupakan jalur pembuka bagi pelamar CPNS.

Pelakasanaan SKD dikelola langsung oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tes dilaksanakan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan dilakukan di berbagai titik di Indonesia.

Ada 3 jenis tes yang diujikan saat SKD yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelijensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Masing-masing materi memiliki bobot nilai tersendiri dan standarnya telah diatur. Nilai minimal untuk lolos SKD yaitu 126 untuk TWK, 80 untuk TIU dan 65 untuk TKP.

Baca juga Kisi-kisi Lengkap Seleksi CPNS 2021, TWK, TIU, dan TKP.

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

SKD SKB CPNS

Tahap berikutnya dalam seleksi CPNS yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Pelamar yang bisa mengikuti tes ini hanyalah yang dinyatakan lolos SKD.

Sesuai dengan namanya, seleksi ini dilakukan untuk mengukur kompetensi seorang pelamar terkait jabatan yang dilamarnya. Tes ini akan berbeda untuk masing-masing jabatan dan pelaksanaannya pun juga dilakukan berdasarkan keputusan dari setiap instansi.

Berdasarkan peraturan yang berlaku, ada beberapa jenis tes yang bisa diujikan dalam tahapan SKB. Setiap jabatan mungkin memiliki tahapan tes yang berbeda, namun seleksi yang mungkin dilakukan yaitu antara lain Computer Assisted Test (CAT), tes potensi akademik, tes praktik kerja, tes bahasa asing, tes fisik atau kesamaptaan, psikotes, tes kesehatan jiwa, dan/atau wawancara.

Perlu diingat bahwa tidak semua tes akan dilakukan oleh semua peserta SKB. Setiap instansi memiliki standar dan pedoman pelaksanaan yang berbeda-beda. Panduan pelaksanaan SKB selengkapnya bisa dilihat pada setiap jabatan yang dilamar.

Komposisi Nilai

Tahapan SKD dan SKB merupakan tes penting dalam seleksi CPNS. Kombinasi nilai keduanya akan menentukan kelolosan peserta. Berdasarkan peraturan yang berlaku, bobot nilai keduanya dibagi 60% dan 40%. Bobot lebih berat, yaitu 60% berasal dari hasil tes SKB, sedangkan 40%-nya merupakan nilai SKD.

Melihat komposisi penilaian SKD dan SKB dalam seleksi CPNS, tentu terlihat jelas bahwa Seleksi Kompetensi Bidang memiliki porsi yang lebih besar. Hal ini berarti pelaksanaan SKB akan sangat menentukan kelolosan seorang pelamar.

Meskipun begitu, Seleksi Kompetensi Dasar juga tidak kalah penting. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, peserta yang bisa mengikuti SKB hanyalah yang dinyatakan lolos SKD. Oleh karena itu, SKD merupakan pintu gerbang bagi seleksi selanjutnya sehingga tetap tidak bisa dianggap remeh.

Itu tadi penjelasan mengenai apa itu tes SKD dan SKB dalam seleksi CPNS? Bagi kamu yang ingin melamar menjadi CPNS, jangan lupa untuk mempersiapkan diri dan belajar materi terkait dua tes tersebut.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Astronomi merupakan salah satu ilmu tertua. Astronomi adalah cabang ilmu yang mempelajari semua benda dan fenomena luar bumi. Kamu penasaran dan ingin tahu lebih lanjut terkait jurusan Astronomi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Geodesi merupakan salah satu cabang keilmuan dengan basis ilmu matematika terapan. Kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan Geodesi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!