Apa Saja Jalur Masuk Kuliah Gratis? Simak Infonya di Sini

oleh | Feb 4, 2022 | Blog, Jalur Masuk PTN, PTS | 0 Komentar

Jalur Masuk Kuliah Gratis – Mengenyam pendidikan lebih tinggi dan dapat diterima di kampus merupakan mimpi banyak orang. Namun sayang, ada saja kendala sehingga tidak semua orang bisa berkuliah. Melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah membutuhkan biaya yang memang tidak sedikit.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tetapi mempunyai kendala dalam biaya jangan khawatir, ternyata kamu bisa berkuliah dengan gratis. Kini, kesempatan untuk bisa melanjutkan pendidikan sampai perguruan tinggi terbuka luas.

Ada berbagai macam tawaran beasiswa yang ditawarkan. Kamu bisa mendaftar beasiswa untuk meringankan biaya masuk kuliah. Ingin tahu, apa saja jalur untuk masuk kuliah gratis? Simak, penjelasan dalam artikel berikut ini.

Baca juga Mencari Beasiswa untuk Kuliah di Indonesia? Yuk, Simak Daftarnya!

Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K)

Di tahun 2020, Bidikmisi berganti nama menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah). Pemerintah mengeluarkan program beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP K) melalui Kemendikbud Ristek. Pemerintah mengeluarkan program beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP K) melalui Kemendikbud Ristek.

Program ini memberikan kesempatan kepada siswa kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Jalur seleksi masuk yang diberlakukan oleh KIP Kuliah antara lain jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, seleksi mandiri PTN, dan seleksi mandiri PTS.

Untuk syarat penerima KIP Kuliah antara lain harus bisa membuktikan kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP), berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan, atau mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Informasi lebih detail, kamu bisa mengunjungi website resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Beasiswa LPDP

Beasiswa ini diberikan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Lembaga Pengelola Dana Pendidikan adalah satuan kerja di bawah Kementerian Keuangan. Beasiswa menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi muda Indonesia. Beasiswa LPDP ini untuk membantu pembiayaan pendidikan bagi mereka yang ingin melanjutkan kuliah strata sarjana, magister dan doktor dengan gratis, baik di dalam dan luar negeri.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website https://lpdp.kemenkeu.go.id/en/

Beasiswa dari Pihak Swasta

Tidak hanya beasiswa pemerintah, kamu juga bisa mendaftar beasiswa dari perusahaan swasta. Ada banyak beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa oleh pihak swasta. Beasiswa ini ditawarkan oleh institusi perusahaan-perusahaan besar. Contohnya antara lain Djarum Beasiswa Plus, Beasiswa Teladan Tanoto Foundation, Beasiswa Sampoerna Foundation, Beasiswa BCA Finance, Beasiswa Astra, dan masih banyak lainnya.

Jika kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa di salah satu pilihan di atas, jangan lupa untuk melihat persyaratannya, ya. Karena ada beberapa syarat khusus yang harus kamu perhatikan. Informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi laman resmi di setiap penyedia beasiswa perusahaan swasta.

Beasiswa Aperti BUMN

Mahasiswa yang berhasil meraih beasiswa ini akan mendapatkan biaya pendidikan studi di sembilan perguruan tinggi milik BUMN. Daftar perguruan tinggi beasiswa Aperti BUMN antara lain.

  • Telkom University
  • Universitas Pertamina
  • Universitas Internasional Semen Indonesia
  • Institut Perusahaan Listrik Negara
  • Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Politeknik Pos Indonesia
  • Sekolah Tinggi Manajemen Logistik
  • BRI Institute
  • Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Untuk mendapatkan beasiswa ini, peserta akan mengikuti beberapa tahapan, seperti pendaftaran, seleksi administrasi, sampai wawancara. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan pembiayaan penuh selama berkuliah. Jika tertarik untuk mendaftar beasiswa ini, kamu harus mendaftar melalui link pendaftaran sesuai perguruan tinggi yang akan kamu ambil.

Itulah penjelasan Apa Saja Jalur Masuk Kuliah Gratis? Simak Infonya di Sini. Jika kamu ingin mendaftar beasiswa, semoga artikel ini dapat membantu. Nantinya, jika kamu mendapatkan kesempatan mendapatkan beasiswa, kamu harus memanfaatkan beasiswa tersebut dengan baik. Kamu juga harus mempertahankan prestasi akademismu dan diharapkan untuk lulus tepat waktu.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…