Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Apa Saja Jalur Masuk UIN Sunan Kalijaga? Yuk, Simak di Sini!

oleh | Agu 27, 2022 | Blog, Jalur Masuk PTN, PTN | 0 Komentar

Jalur Masuk UIN Sunan Kalijaga – UIN Sunan Kalijaga merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga merupakan universitas pertama yang terakreditasi Unggul di tingkat PTKIN. Kampus ini merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri pertama di Indonesia.

UIN Sunan Kalijaga membuka program antara lain Sarjana, Magister, dan Doktor. Kampus ini menyediakan beberapa jalur seleksi. Setiap jalur seleksi memiliki persyaratan dan ketentuannya masing-masing. Bagi kamu yang ingin kuliah di perguruan tinggi Islam, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Seleksi Masuk Program Sarjana (S1)

SNMPTN

SNMPTN merupakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Pola seleksi nasional ini berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 sampai 5 bagi SMA/MA/SMK/sederajat dengan masa belajar 3 tahun atau semester 1 sampai 7 bagi SMK yang masa belajarnya 4 tahun, serta portofolio Akademik.

UTBK SBMPTN

SBMPTN merupakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi penerimaan mahasiswa baru ini menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh perguruan tinggi negeri.

UTBK merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh LTMPT. UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan 3 tahun terakhir dengan umur maksimal 25 tahun. Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN.

Baca juga Yuk, Disimak! Kampus Apa Saja yang Membuka Jalur Prestasi di Sini!

SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Seleksi ini merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.

Madrasah/sekolah/pesantren muadalah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam jalur ini adalah madrasah/sekolah/pesantren muadalah yang terakreditasi dan pesantren muadalah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah. Siswa yang berhak mengikuti seleksi ini yaitu siswa yang didaftarkan oleh Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren.

UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jalur ini merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN, IAIN, dan STAIN dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Mandiri

Seleksi Mandiri merupakan pola seleksi yang diselenggarakan oleh UIN Sunan Kalijaga untuk semua program studi, baik umum maupun agama. Berikut jenis Seleksi Mandiri, antara lain:

Computer-Based Test (CBT)

Mandiri CBT merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan ujian online yang menggunakan sistem operasi Android. Seleksi ini dilakukan dari rumah menggunakan ponsel dan berpaket data internet yang telah disiapkan oleh peserta ujian.

Prestasi

Seleksi ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi bidang akademik, seni, olahraga, keagamaan, atau hafalan Al-Qur’an minimal 26 juz yang dibuktikan dengan ijazah/piagam yang dikeluarkan oleh Kementerian atau Lembaga Negara Republik Indonesia selama di bangku SMA atau sederajat.

Portofolio

Mandiri Portofolio merupakan seleksi dengan nilai UTBK atau nilai UM-PTKIN. Jalur ini juga merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru bagi calon mahasiswa baru Luar Negeri yang telah lulus setara dengan pendidikan menengah.

Pada jalur ini, terdapat program Mandiri Khusus Difabel untuk calon mahasiswa baru difabel, serta Portofolio Keberagaman untuk calon mahasiswa Non Muslim atau 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Kelompok Ujian Jalur Mandiri

  • Program studi dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Sains dan kelompok Isoshum (Islam, Sosial, dan Humaniora).
  • Peserta Seleksi CBT hanya dapat memilih 1 pilihan prodi prioritas.
  • Jika prodi yang dipilih dari Kelompok Sains, peserta mengikuti kelompok ujian CBT IPA.
  • Jika prodi yang dipilih semuanya dari kelompok Isoshum, peserta mengikuti kelompok ujian CBT IPS.
  • Peserta dari jurusan sekolah IPA dapat memilih prodi kelompok Sains dan Isoshum, sedangkan jurusan sekolah non IPA hanya dapat memilih prodi kelompok Isoshum.
  • Calon mahasiswa baru difabel dapat menghubungi Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga untuk konsultasi pilihan prodi.

Materi Seleksi/Tes Jalur Mandiri CBT dan CBT

  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Tes Dirasah Islamiyah (DI) terdiri atas Al-Qur’an dan Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam, Tauhid, Akhlak, Fikih
  • Tes Bahasa terdiri atas Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
  • Tes Kemampuan Dasar IPA (TKD IPA) terdiri atas Matematika, Kimia, Biologi, dan Fisika
  • Tes Kemampuan Dasar IPS (TKD IPS) terdiri atas Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi

Seleksi Masuk Program Magister (S2)

CBT Test from Home

Jalur ini merupakan seleksi online dari rumah kepada calon mahasiswa baru dengan menggunakan smartphone Android peserta ujian. Materi yang diujikan yaitu Tes Potensi Akademik, Tes Bahasa Arab, dan Tes Bahasa Inggris.

Portofolio

Jalur ini merupakan seleksi berkas akademik maupun pendukung akademik yang dimiliki peserta selama dan setelah menempuh pendidikan jenjang S1/sederajat yang mencerminkan kemampuan, minat, dan pengalaman yang dimiliki. Jalur ini juga merupakan jenis seleksi untuk calon mahasiswa luar negeri.

Non Tes

Jalur ini merupakan seleksi berkas akademik yang menggunakan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Pada jalur ini, calon peserta hanya melakukan pembayaran biaya seleksi, pengisian borang online form data diri, melampirkan berkas ijazah dan IPK hingga mencetak kartu peserta. Seleksi ini dilakukan oleh Panitia PMB UIN Sunan Kalijaga.

Seleksi Masuk Program Doktor (S3)

Reguler

Jalur ini merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan berdasarkan jadwal yang ditetapkan UIN Sunan Kalijaga setiap tahun sesuai dengan gelombang yang dibuka. Seleksi Reguler dilaksanakan dengan tes wawancara yang meliputi proposal rencana disertasi dan kemampuan bahasa asing (Inggris dan Arab).

Kerjasama

Jalur ini merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan berdasarkan perjanjian kerjasama dengan lembaga/instansi mitra. Jadwal pendaftaran, seleksi, persyaratan, dan materi seleksi ditetapkan berdasarkan dengan kesepakatan lembaga/instansi terkait.

Itulah Apa Saja Jalur Masuk UIN Sunan Kalijaga? Yuk, Simak di Sini! Semoga artikel di atas bermanfaat untuk kamu yang ingin melanjutkan studi di salah satu kampus negeri Yogyakarta ini.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…