Apa Saja Jurusan Kelas Internasional Unsoed? Cari Tahu di Sini!

oleh | Sep 20, 2021 | Blog, PTN | 0 Komentar

Kelas Internasional Unsoed – Universitas Jenderan Soedirman atau biasa disingkat Unsoed merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Universitas ini terletak di Purwokerto, Jawa Tengah dan menjadi salah satu kampus yang menarik banyak peminat setiap tahunnya.

Unsoed menyelenggarakan perkuliahan untuk berbagai jenjang mulai dari Diploma sampai Pascasarjana. Kampus ini juga tidak hanya membuka program untuk kelas reguler saja. Unsoed memiliki kelas internasional untuk jenjang Sarjana. Program ini terbuka untuk siapa saja yang memenuhi persyaratan dan seleksi dibuka tiap tahun.

Apakah kamu tertarik untuk mengikuti perkuliahan kelas internasional di Unsoed? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Mengapa Pilih Kelas Internasional Unsoed?

Kelas internasional di Unsoed merupakan program untuk jenjang Sarjana selain kelas reguler. Program ini diselenggarakan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa mendapatkan perkuliahan dengan standar internasional.

Program internasional tentunya berbeda dengan kelas reguler. Meski secara kurikulum tidak jauh berbeda, kelas internasional tetap dipisah karena memiliki perbedaan. Di kelas internasional, perkuliahan diadakan menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, mahasiswa juga membutuhkan international exposure sebagai bagian dari kurikulum.

Mahasiswa kelas internasional bisa memanfaatkan kerja sama yang telah dibangun Unsoed dengan universitas di luar negeri. Sebagai contoh, bagi mahasiswa internasional Keperawatan, bisa mengikuti kolaborasi internasional dengan beberapa kampus yaitu:

  • Princess of Narathiwat University, Thailand
  • Boromarajonani Nursing College, Thailand
  • Prince of Songkhla University, Thailand
  • Emilio Aguinaldo College, Filipina

Setiap jurusan tentunya memiliki kerja sama yang berbeda-beda. Mahasiswa bisa memanfaatkan kerja sama tersebut untuk mendapatkan international exposure yang diperlukan.

Daftar Jurusan yang Dibuka

Jumlah program internasional di Unsoed tidaklah sebanyak kelas regulernya. Terdapat beberapa program studi baik itu di rumpun Saintek ataupun Rumpun Soshum. Daftar jurusan kelas internasional di Universitas Jenderal Soedirman yaitu:

  • Biologi
  • Keperawatan
  • Manajemen
  • Ekonomi Pembangunan
  • Akuntansi
  • Hukum

Baca juga IUP ITB: Jurusan, Partner, dan Biaya Kuliah.

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru

kelas internasional unsoed

Unsoed membuka dua jalur penerimaan untuk program internasional. Keduanya bisa didaftarkan oleh calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan. Jalur seleksi untuk program ini yaitu sebagai berikut.

SPMB Mandiri UTBK

Jalur seleksi yang pertama untuk kelas internasional yaitu SPMB Mandiri UTBK. Seleksi jalur ini dilakukan dengan mempertimbangkan skor UTBK, nilai rapor, dan prestasi siswa. Skor UTBK yang diperlukan yaitu nilai dari LTMPT. Sedangkan untuk nilai rapor, peserta perlu memasukkan nilai dari semester 1 sampai 6.

SPMB Mandiri Non UTBK

Calon mahasiswa kelas internasional juga bisa mendaftar melalui jalur SPMB Mandiri Non UTBK. Bagi yang mendaftar jalur ini, cukup menggunakan nilai rapor semester 1 sampai 6 dan juga prestasi. Jalur ini terbuka untuk calon mahasiswa yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir.

Uang Pangkal Kelas Internasional Unsoed

Jika dinyatakan diterima di kelas internasional Unsoed, mahasiswa perlu untuk membayar uang kuliah dan juga uang pangkal. Uang kuliah merupakan biaya yang dibayarkan setiap semesternya. Sedangkan uang pangkal dibayarkan satu kali saat penerimaan mahasiswa baru. Uang pangkal yang perlu untuk dibayarkan yaitu sebagai berikut.

Program Studi Level I Level II Level III Level IV
Biologi Rp7,5 juta Rp10 juta Rp12,5 juta Rp15 juta
Akuntansi Rp25 juta Rp30 juta Rp35 juta Rp40 juta
Manajemen Rp25 juta Rp30 juta Rp35 juta Rp40 juta
Ekonomi Pembangunan Rp20 juta Rp25 juta Rp30 juta Rp35 juta
Hukum Rp20 juta Rp25 juta Rp30 juta Rp35 juta
Keperawatan Rp30 juta Rp35 juta Rp40 juta Rp45 juta

Apa saja jurusan kelas internasional Unsoed? Cek di sini! Jika kamu tertarik masuk kelas internasional, bisa mempertimbangkan Universitas Jenderal Soedirman ini. Kamu bisa memilih program yang paling sesuai dengan minat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...