Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Apa Saja Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia?

oleh | Okt 20, 2021 | Blog, PTN, PTS | 0 Komentar

Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta – Ada banyak pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk lanjut ke jenjang pendidikan tinggi. Selain berbagai faktor seperti jurusan dan biaya, calon mahasiswa juga harus memilih perguruan tinggi yang ingin dituju. Tentunya, memilih perguruan tinggi ini tidak mudah karena adanya banyak pilihan.

Secara umum, terdapat 2 jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia yaitu negeri dan swasta. Sesuai namanya, universitas negeri merupakan milik negara sedangkan perguruan tinggi swasta dimiliki oleh swasta non pemerintah.

Kepemilikan yang berbeda ternyata bukan hanya sekadar nama. Perbedaan ini mempengaruhi berbagai hal lain terkait perkuliahan. Sebelum memutuskan untuk masuk ke perguruan tinggi, ada baiknya kamu untuk mengetahui perbedaan universitas negeri dan swasta. Yuk, cari tahu lebih lanjut di bawah ini!

Pemilik Perguruan Tinggi

perbedaan universitas negeri dan swasta

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, perbedaan utama dari universitas negeri dan swasta terletak pada pemiliknya. Perguruan tinggi negeri atau PTN merupakan institusi pendidikan yang dimiliki oleh pemerintah atau negara. Sedangkan universitas swasta merupakan milik lembaga non pemerintah atau swasta.

Perbedaan kepemilikan ini tentunya akan mempengaruhi aktivitas di dalam kampus. Kegiatan di kampus negeri harus mengikuti kebijakan pemerintah. Berbeda dengan kampus swasta yang lebih mengacu pada keputusan lembaga penyelenggaranya.

Jalur Masuk yang Tersedia

Jalur masuk untuk seleksi mahasiswa baru juga berbeda bagi universitas negeri dan swasta. Di perguruan tinggi negeri, proses seleksi dilakukan dalam dua jenis yaitu nasional dan mandiri. Seleksi nasional dilakukan bersama dengan seluruh PTN di Indonesia. Sedangkan seleksi mandiri dilaksanakan oleh masing-masing PTN.

Berbeda dengan PTN, penerimaan mahasiswa baru di PTS tidak dilaksanakan secara serentak, kecuali jika ada kerja sama tertentu. Setiap kampus swasta memiliki kebijakan yang berbeda-beda termasuk seleksi mahasiswa baru. Pendaftar perlu mengetahui jalur yang dibuka dan mengikuti seleksi secara mandiri di setiap PTS.

Pembiayaan Kuliah

Perbedaan lain yang cukup mencolok untuk universitas swasta dan negeri yaitu terletak pada pembiayaan kuliah mahasiswa. Di perguruan tinggi swasta, pembiayaan ini dilakukan sesuai dengan kebijakan lembaga. Ada yang menetapkan biaya sesuai kredit yang diambil, ada pula yang memiliki biaya tetap. Selain itu, mahasiswa juga perlu membayar uang pangkal.

Berbeda dengan kampus swasta, pembiayaan kuliah di PTN dilakukan dengan sistem UKT. Sistem ini memungkinkan mahasiswa untuk memiliki biaya kuliah yang tetap sampai lulus dan disesuaikan dengan kemampuan ekonomi. Selain itu, tidak semua mahasiswa diwajibkan untuk membayar uang pangkal sehingga biaya yang perlu disiapkan lebih ringan.

Baca juga Mengerti Jenis-jenis Cumlaude dan Tips Meraihnya.

Fasilitas untuk Mahasiswa

perbedaan universitas negeri dan swasta

Pengembangan fasilitas di kampus swasta dan negeri juga memiliki perbedaan. Fasilitas atau infrastruktur yang ada di kampus negeri harus dibangun atau dikembangkan melalui persetujuan negara. Hal ini dikarenakan salah satu sumber dana utama dari operasional kampus berasal dari pemerintah.

Universitas swasta sendiri lebih bebas dalam melakukan pengembangan infrastruktur. Kampus swasta memiliki pembiayaan utama dari lembaga dan juga mahasiswa sehingga penggunaannya lebih bebas. Tak mengherankan jika banyak kampus swasta memiliki gedung atau fasilitas terbaru.

Sumber Pengajar

Perbedaan universitas negeri dan swasta juga bisa dilihat dari pengajarnya. Sebagai institusi pendidikan milik negara, pekerja yang menjalankan PTN juga merupakan pegawai negeri atau PNS. Di kampus swasta, pengajarnya tidak selalu seorang PNS dan jika ada pun biasanya sebatas dosen tamu atau tidak tetap.

Itulah penjelasan tentang apa saja perbedaan universitas negeri dan swasta di Indonesia? Setiap kampus memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu bisa memilih institusi yang paling sesuai dengan minat serta kemampuan.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!