Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Jurusan Aktuaria?

oleh | Okt 8, 2021 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Aktuaria – Ada banyak jurusan kuliah di Indonesia yang menjadi favorit pendaftar, di antaranya yaitu Aktuaria. Jurusan ini terbilang cukup baru di Indonesia dan hanya dibuka di beberapa perguruan tinggi saja. Meskipun begitu, animo pendaftar untuk jurusan ini sangat tinggi sehingga seleksinya juga semakin ketat.

Jurusan Aktuaria dilirik banyak peminat tentu karena berbagai alasan, salah satunya yaitu prospek kerja. Sebagai jurusan baru, lulusan Aktuaria di Indonesia masih sedikit. Padahal, kebutuhan untuk tenaga kerja ahli di bidang ini sangat tinggi. Kesempatan kerja yang luas inilah salah satu penyebab banyak orang tertarik belajar Aktuaria.

Sebelum mengetahui prospek kerja yang terbuka, sebelumnya kamu perlu mengerti apa itu jurusan Aktuaria. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Mengenal Jurusan Aktuaria

prospek kerja aktuaria

Jurusan Aktuaria merupakan bagian dari ilmu matematika atau kadang dikenal juga dengan sebutan “Matematika Asuransi”. Jurusan ini merupakan ilmu dalam pengelolaan risiko keuangan yang terjadi di masa depan dengan menerapkan matematika dan statistika. Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan belajar tentang keuangan dan program komputer.

Seperti disebutkan sebelumnya, Aktuaria merupakan jurusan yang masih baru di Indonesia. Walaupun begitu, peminat jurusan ini sangat tinggi mengingat kebutuhan tenaga kerjanya. Jurusan ini hanya tersedia di beberapa kampus seperti:

  • Universitas Indonesia
  • Institut Pertanian Bogor
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Presiden

Prospek Kerja Jurusan Aktuaria

Mahasiswa jurusan Aktuaria akan dibekali oleh berbagai ilmu dan kemampuan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja. Hal inilah yang menjadikan prospek kerja lulusan Aktuaria menjadi luas. Berikut ini beberapa contoh profesi untuk lulusan jurusan Aktuaria.

Aktuaris

Lulusan Akturia tentunya bisa bekerja menjadi Aktuaris. Profesi ini memang masih belum banyak dikenal masyarakat Indonesia. Seorang Aktuaris memiliki pekerjaan untuk melakukan analisis terkait keuangan di masa depan. Jika kamu ingin menjadi Aktuaris profesional, harus mengikuti sertifikasi yang dilakukan oleh Persatuan Aktuaria Indonesia (PAI).

Surveyor Risiko Asuransi

Prospek kerja lulusan Aktuaria yang berikutnya yaitu menjadi Surveyor Risiko Asuransi. Pekerjaan ini sangat penting terutama untuk perusahaan asuransi. Seorang Surveyor Risiko Asuransi bertanggung jawab untuk menganalisis kondisi dan tingkat risiko sebuah objek yang didaftarkan kepada pihak asuransi.

Baca juga Berkenalan dengan Prodi Muda di Indonesia, Ilmu Aktuaria.

Konsultan Keuangan

Lulusan Aktuaria akan memiliki pemahaman yang baik terkait kondisi keuangan dan juga memperkirakan situasinya di masa depan. Kemampuan ini merupakan bekal yang cocok untuk menjadi Konsultan Keuangan. Secara umum, pekerjaannya yaitu menganalisis dan memberikan solusi yang cocok untuk kondisi keuangan klien.

Manajer Investasi

Pilihan pekerjaan lainnya untuk jurusan Aktuaria yaitu Manajer Investasi. Bekerja di bidang ini mengharuskan seseorang untuk paham instrumen investasi serta memperkirakan perkembangannya di masa depan. Manajer Investasi akan bertanggung jawab untuk mengelola modal yang diberikan investor guna mendapatkan keuntungan.

Pemeriksa Klaim Asuransi

Perusahaan asuransi tentunya banyak menerima klaim dari klien terkait barang atau hal lain yang telah diasuransikan. Guna menilai klaim ini, perusahaan membutuhkan Pemeriksa Klaim Asuransi yang merupakan peluang kerja bagi lulusan Aktuaria. Pekerjaan ini akan membantu klien dan perusahaan terkait pencairan klaim yang telah dilakukan.

Apa saja prospek kerja lulusan jurusan Aktuaria? Terdapat banyak pilihan pekerjaan yang bisa digeluti oleh lulusan jurusan ini. Banyak perusahaan yang membutuhkan ahli di bidang terutama terkait kondisi keuangan. Jadi, kalau kamu berminat masuk jurusan ini, tidak perlu khawatir tentang lapangan pekerjaan setelah lulus.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!