Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Astronomi merupakan salah satu ilmu tertua. Astronomi adalah cabang ilmu yang mempelajari semua benda dan fenomena luar bumi. Kamu penasaran dan ingin tahu lebih lanjut terkait jurusan Astronomi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Sosiologi? Yuk, Cek di Sini!

oleh | Feb 25, 2022 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Sosiologi – Jurusan Sosiologi merupakan salah satu jurusan yang kurang populer namun mempunyai prospek kerja yang berpeluang besar. Jurusan ini punya peluang kerja yang luas karena mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan pola perilaku masyarakat. Lulusan Sosiologi memiliki kemampuan analisis yang kuat untuk berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Lulusan Sosiologi dibekali pengetahuan yang dapat diaplikasikan ke hampir semua pekerjaan. Karena ilmu Sosiologi cakupannya luas dan berkaitan dengan bidang ilmu apapun. Karenanya, peran lulusan Sosiologi dibutuhkan dalam mengembangkan dan memajukan masyarakat.

Bagi kamu yang tertarik dengan segala hal tentang interaksi manusia, kamu bisa ambil jurusan Sosiologi. Yuk, cek apa saja prospek kerja untuk lulusan Sosiologi berikut ini.

Mengenal Jurusan Sosiologi

Sosiologi merupakan ilmu studi yang berfokus pada perilaku dan sifat masyarakat. Sosiologi mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan pola perilaku masyarakat. Bagaimana sistem kehidupan, interaksi, karakteristik, serta perkembangannya.

Sosiologi merupakan bidang yang terkait dengan hubungan antar manusia dan pengaruh dari terbentuknya hubungan-hubungan tersebut. Di jurusan ini kamu akan belajar ilmu dengan cakupan yang sangat luas. Sosiologi membahas topik yang melingkupi hal seperti agama, budaya, pendidikan, hukum, dan lainnya.

Baca juga Informasi Tentang Jurusan Sosiologi, Mata Kuliah, dan Kampusnya

Prospek Kerja Lulusan Sosiologi

Jurusan Sosiologi termasuk jurusan yang memiliki prospek kerja yang cukup luas. Lulusan Sosiologi memiliki peranan penting dalam beberapa aspek pekerjaan. Berikut ini beberapa pilihan pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan Sosiologi.

Peneliti

Peneliti Sosial bertugas mengkaji perilaku masyarakat dan hasil risetnya bisa dipakai oleh masyarakat luas. Peneliti Sosial juga bertugas melakukan penelitian lapangan dan terjun langsung ke masyarakat. Profesi ini dituntut untuk memiliki wawasan yang luas dan kritis dalam mengkaji fenomena sosial.

Peneliti Sosial bertanggung jawab dalam merencanakan, merancang, dan melakukan proyek penelitian sosial. Dalam mengerjakan tugasnya, profesi ini menggunakan berbagai metode seperti wawancara dan kuisioner. Hal ini digunakan untuk menyelidiki sampel populasi mengenai isu-isu sosial tertentu.

Penelitian sosial berpusat pada berbagai topik fenomena yang terjadi masyarakat. Misalnya topik seperti struktur penduduk dan migrasi, pengangguran, kejahatan, gender, pelayanan sosial, pendidikan, kesehatan, serta lingkungan. Hasil penelitian tersebut dapat digunakan untuk membentuk kebijakan atau mengetahui efektivitas kebijakan yang ada.

Human Resource

Walaupun posisi ini banyak diisi oleh lulusan Psikologi, lulusan Sosiologi juga berkesempatan untuk bisa menjadi HR. Karena Sosiologi dan Psikologi sama-sama mempelajari tentang manusia. HR bertugas memgembangkan dan melaksanakan kebijakan yang berkaitan dengan penggunaan yang efektif dalam sumber daya manusia.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa perusahaan telah memperkerjakan karyawan dengan keseimbangan yang tepat dari segi keterampilan dan pengalaman. Juga mengembangkan kesempatan bagi karyawan untuk meningkatkan kinerja untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan.

Sosiolog

Sosiolog merupakan orang yang ahli dalam memahami perilaku sosial yang terjadi di masyarakat. Sosiolog bertugas melakukan kajian terhadap fenomena sosial dan menguji pengaruh sosial di masyarakat. Sebagai Sosiolog kamu perlu memiliki dasar ilmu Sosiologi yang kuat sehingga lebih peka terhadap setiap gejala sosial yang terjadi di masyarakat.

Aktivis Gerakan Sosial

Bagi kamu yang memiliki pengalaman dalam kegiatan pengabdian masyarakat, bisa menjadi aktivis sosial. Pengalaman dan kemampuan dalam mengatasi konflik sosial sangat dibutuhkan untuk menangani persoalan yang terjadi di tengah masyarakat. Aktivis bertugas membantu kelompok sosial tertentu dalam melalui masa-masa sulit.

Pegawai Pemerintahan

Prospek kerja lulusan Sosiologi berikutnya yaitu menjadi Pegawai Pemerintahan. Lulusan Sosiologi sangat dibutuhkan untuk menjadi PNS yang berhubungan langsung dengan dunia Sosiologi. Kamu bisa bekerja di Kementerian sosial, Dinas Sosial, dan Dinas Kependudukan.

Public Relation

Public Relation bertugas menjalankan berbagai macam fungsi dari organisasi. Sebagai PR kamu harus bisa menjalin relasi yang baik dengan komunitas, media, lembaga, dan pemerintahan. Kamu dituntut untuk memiliki sikap kepedulian tinggi untuk kepentingan dan mempertahankan hubungan kerja sama yang baik.

Pengajar

Bagi kamu yang ingin mengembangkan Sosiologi di bidang pendidikan, menjadi pengajar bisa jadi pilihan. Kamu bisa menjadi pengajar di perguruan tinggi, sekolah, pusat pendidikan masyarakat, maupun organisasi. Sebagai Pengajar kamu juga perlu mengimbangi kemampuan mengajar dan public speaking yang bagus.

Jurnalis

Jurnalis bertugas mengumpulkan dan menulis berita di media cetak maupun elektronik. Jurnalis juga memiliki keterkaitan dengan beberapa ilmu salah satunya yaitu Sosiologi. Hal ini cocok bagi kamu yang lulusan Sosiologi yang tertarik dengan bidang jurnalistik.

Itulah Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Sosiologi? Yuk, Cek di Sini! Prospek kerja yang bisa kamu tekuni setelah lulus kuliah Sosiologi.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!