Apa Saja Tahapan Tes Sekolah Kedinasan Tahun 2023? Simak Informasinya di sini!

oleh | Mei 3, 2023 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Tahapan tes sekolah kedinasan 2023 – Sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi yang berada dalam naungan institusi pemerintah, baik itu lembaga dan badan pemerintahan, maupun kementerian. Saat ini sekolah kedinasan masih menjadi pilihan para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya. selain biaya kuliah yang gratis, lulus dari sekolah kedinasan juga memiliki jaminan untuk bisa menjadi calon PNS sesuai dengan instansi yang dituju.

Namun, seleksi untuk masuk sekolah kedinasan dikenal dengan tahapan tes dan persaingan yang ketat. Kira-kira tahapan tes apa saja yang harus dilewati untuk menjadi taruna/taruni dan praja baru sekolah kedinasan tahun 2023? Yuk, simak informasinya di bawah ini.

Baca Juga: Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023 Sudah Dibuka! Cek Daftarnya di Sini

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

SKD atau seleksi kompetensi dasar adalah tahapan tes pertama yang akan dilalui para calon taruna/taruni dan praja baru tahun  2023 pada seluruh sekolah kedinasan. Tahapan tes ini dilaksanakan menggunakan komputer dengan total 3 sub tes yang harus dikerjakan, yaitu TKP, TIU, dan TWK. Melihat pada tahun sebelumnya, jumlah seluruh soal SKD diketahui sebanyak 110 soal yang terdiri dari 45 soal TKP , 35 soal TIU, dan 30 soal TWK.

  1. Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

Tes Karakteristik Kepribadian adalah tes yang berisikan soal-soal mengenai tindakan tertentu yang nantinya peserta diharuskan untuk memilih salah satu tindakan atas kondisi tertentu. Pilihan jawaban akan menentukan sikap para calon taruna/taruni ketika dihadapkan dengan kondisi tersebut. Salah satu contohnya adalah mengenai hubungan kerja sama dengan orang lain dan perilaku saat bekerja.

  1. Tes Intelegensia Umum (TIU)

Merupakan tes untuk menguji kemampuan verbal (bahasa), numerik (berhitung), dan figural (penalaran gambar) calon taruna/taruni. Tes Intelegensia Umum kurang lebih berisi mengenai:

  • Kemampuan verbal terdiri dari perbandingan dua konsep kata yang berhubungan  (analogi), menarik kesimpulan (silogisme), dan menganalisis informasi (analitis)
  • Kemampuan numerik terdiri dari soal cerita, deret angka, dan perhitungan kuantitatif
  • Kemampuan figural terdiri dari perbandingan dua gambar yang berhubungan (analogi), perbedaan gambar (ketidaksamaan), pola hubungan bentuk gambar (serial).
  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Merupakan tes yang berisi pengetahuan umum untuk menguji pengetahuan calon taruna/taruni mengenai kebangsaan Indonesia. Materi yang diujikan pada soal TWK terdiri dari materi seputar nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan bahasa indonesia. 

Baca Juga: 8 Sekolah Kedinasan untuk Lulusan SMK, Cek Ketentuannya di Sini!

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Seleksi kompetensi bidang atau SKB merupakan seleksi yang bertujuan untuk menilai pengetahuan ilmu berkaitan dengan sekolah kedinasan yang dituju. Seleksi Kompetensi Bidang hanya dilaksanakan oleh sekolah kedinasan STMKG, STIN, dan STIS. 

  • Sekolah kedinasan STMKG materi SKB akan seputar mengenai fisika, matematika dan bahasa Inggris
  • Sekolah kedinasan STIN materi SKB Daerah meliputi tes psikologi, tes kesehatan fisik dan jiwa, tes kesamaptaan jasmani, tes mental ideologi dan wawancara.
  • sementara pada sekolah kedinasan STIS tidak ada tes SKB melainkan seleksi lanjutan, yang berisi tes mengenai matematika.

Tes Kesehatan

Pada tahapan tes ini dilaksanakan oleh semua sekolah kedinasan, calon taruna/taruni akan diperiksa kondisi kesehatannya baik itu bagian fisik luar maupun dalam. Tes kesehatan fisik bagian luar terdiri dari berbagai pemeriksaan seperti tinggi badan, berat badan, mata (minus, silinder, buta warna, dan lainnya), gigi, tensi, varises, dan lain-lain sesuai dengan ketentuan sekolah kedinasan yang dituju. Sementara tes kesehatan bagian dalam terdiri dari pemeriksaan dan pengujian urin, darah, jantung, rontgen, dan lain-lain sesuai dengan ketentuan sekolah kedinasan yang dituju.

Psikotes

Tahapan tes psikotes dilaksanakan untuk melihat kondisi kesehatan jiwa calon taruna/taruni agar tidak mengganggu proses pembelajaran dan agar dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik. Tahapan tes psikotes ini hanya dilaksanakan oleh sekolah kedinasan STAN, STIS,POLTEKIP, POLTEKIM, STIN, POLTEK SSN, IPDN, dan Kemenhub. Pada tahapan tes ini, kurang lebih mengenai Tes Psikotes Logika Aritmatika, Psikotes Kemampuan Verbal, Personal Preference Schedule Test, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Sekolah Kedinasan Sepi Peminat, Berminat Mendaftar?

Wawancara

Proses seleksi sekolah kedinasan juga menerapkan tes wawancara untuk calon taruna/taruninya, kecuali pada sekolah kedinasan STIS dan IPDN. Tes ini dilaksanakan untuk melihat sikap dan kepribadian diri peserta secara langsung, jadi tidak hanya sekedar jawaban saja yang dinilai dalam tahapan tes ini. Namun, juga sikap peserta saat menjawab pertanyaan.  Untuk dapat lolos pada tahapan tes ini memang perlu mengetahui pertanyaan apa saja yang biasa keluar agar dapat mempersiapkan diri, para calon taruna/taruni bisa mencoba untuk memahami karakter diri sendiri dan keahlian apa saja yang dimiliki.

Kesamaptaan

Selain tes kesehatan, para calon taruna/taruni juga akan mengikuti tes kesamaptaan atau tes kebugaran. Tes kesamaptaan ini biasanya dilaksanakan di akhir setelah melalui rangkaian tes lainnya. Maka dari itu sebaiknya para peserta bisa menyiapkan kesehatan fisik semaksimal mungkin sebelum pelaksanaan tes kesamaptaan, karena pada sekolah kedinasan memang membutuhkan calon taruna/taruni dengan kondisi fisik yang baik agar dapat mendukung kinerja secara maksimal nantinya. Tes yang akan dilalui calon taruna/taruni nantinya adalah mengenai sit up, push up, pull up, shuttle run, lari, dan renang.

Semoga Informasi tahapan tes sekolah kedinasan tahun 2023 diatas bisa membantu kamu, ya. Jangan lupa persiapkan diri semaksimal mungkin untuk mengikuti rangkaian seleksinya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.