Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Apa Saja Tips-Tips Kuliah Kedokteran? Yuk, Simak Penjelasan Berikut Ini!

oleh | Feb 3, 2022 | Blog, Tips | 0 Komentar

Tips Kuliah Kedokteran – Dokter memiliki peran yang penting dalam dunia kesehatan. Di Indonesia, kebutuhan dokter masih sangat kurang. Banyak orang yang ingin menjadi dokter karena mereka bisa membantu dan menyembuhkan orang yang sakit.

Setiap tahunnya, banyak orang yang mengambil jurusan ini. Jika kamu tertarik untuk mengambil jurusan ini dan ingin tahu bagaimana tips kuliah Kedokteran yang efektif? Mari simak tips-tips berikut ini!

Persiapkan Mental yang Kuat

Sebagai mahasiswa Kedokteran, kamu dituntut untuk mempunyai mental yang kuat. Banyak hal-hal yang baru yang akan kamu pelajari nantinya. Kamu juga jangan takut jika berhadapan dengan darah, bakteri, jarum suntik, bahkan mayat.

Selain itu ketika kamu nantinya sudah menjadi dokter, kamu juga harus kuat mental jika ada pasien yang gagal disembuhkan, bahkan sampai kehilangan nyawa. Kamu harus kuat untuk menyampaikan berita tidak baik ini kepada keluarga pasien.

Baca juga Apa Saja, Sih, yang Dipelajari di Jurusan Kedokteran Hewan?

Jaga Kesehatan Fisik

Selama masa pendidikan, mahasiswa Kedokteran diharapkan memiliki sehat jiwa dan raga. Kamu harus selalu sehat karena harus menghadapi banyak materi pembelajaran, tugas, dan ujian. Kamu harus menjadi pribadi yang siap dalam kondisi apapun karena jurusan ini akan membuatmu kelelahan pastinya.

Menempuh pendidikan ini membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Oleh karenanya, kamu harus mempunyai daya tahan tubuh yang kuat. Selalu menerapkan perilaku yang sehat, menjaga pola makan, berolahraga, dan beristirahat dengan waktu yang cukup. Selain itu, hal yang terpenting karena kamu akan menjadi calon dokter, kamu harus selalu menjaga kebersihan.

Memahami Pembelajaran dengan Efektif

Banyak sekali materi pembelajaran yang harus dipelajari mahasiswa Kedokteran. Kamu bisa belajar dengan efektif, dimulai dari membaca ringkasan, mengingat point yang penting, membaca penjelasan, menulis ulang, kemudian membaca ulang kembali catatan. Siapkan rangkuman untuk meringkas materi dan catatan penting, kamu bisa menulisnya di catatan kecil.

Sebagai mahasiswa Kedokteran kamu diwajibkan untuk rajin membaca, terlebih banyak sekali materi dan istilah dalam kedokteran yang perlu kamu hafal. Kamu dituntut untuk menghafal anatomi tubuh manusia, sel-sel tubuh, nama penyakit, nama bakteri, nama virus, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa menggunakan cara belajarmu sendiri, karena setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda ketika belajar.

Manajemen Waktu yang Baik

Sebagai mahasiswa Kedokteran yang sangat sibuk, kamu harus bisa mengatur waktu dengan efektif. Belajar di Kedokteran bisa menghabiskan waktu dari pagi sampai malam dalam sehari. Kamu harus bisa untuk mengatur jadwalmu kapan untuk kuliah, mengerjakan tugas, istirahat dan makan.

Kuliah Kedokteran juga akan disibukkan banyak ujian, praktikum, dan kunjungan rumah sakit. Kamu harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum ujian dan praktikum. Hal yang penting adalah kamu harus konsisten dan disiplin dengan jadwalmu.

Buat Kelompok Belajar

Banyaknya dan tebalnya materi dan buku ajar yang harus dipelajari oleh mahasiswa Kedokteran, kamu harus bisa memahami dengan paham dan cepat. Ada beberapa cara tipe belajar, seperti belajar sendiri dan belajar bersama kelompok. Salah satu solusi mempelajari materi Kedokteran dengan cara belajar berkelompok.

Kamu bisa membuat beberapa kelompok dengan temanmu, dan membagi bab-bab materi yang akan dipelajari setiap kelompok. Setelah itu, setiap kelompok akan menjelaskan materi yang sebelumnya sudah dipelajari dan menjelaskannya kepada kelompok lain. Cara ini bisa efektif karena bisa mempelajari materi dengan lebih cepat dan baik.

Itulah artikel Apa Saja Tips-Tips Kuliah Kedokteran? Yuk, Simak Penjelasan Berikut Ini! Simak dan praktikkan tips-tips di atas agar kuliah Kedokteranmu lancar. Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…