Apa Syarat yang Perlu Dipenuhi untuk Menjadi Mahasiswa Kedokteran?

oleh | Nov 10, 2021 | Blog, Kedokteran | 0 Komentar

Syarat Kedokteran – Ada banyak jurusan favorit yang ada di Indonesia, di antaranya yaitu Kedokteran. Jurusan ini berada di rumpun sains dan selalu ramai pendaftar setiap tahunnya. Tidak hanya itu, saingannya juga semakin ketat karena nilai pendaftar yang sangat tinggi.

Supaya bisa masuk ke jurusan Kedokteran, tentunya seorang calon mahasiswa harus memenuhi berbagai syarat dan mengikuti seleksi. Syarat ini perlu dipenuhi sebelum mengikuti seleksi dan bisa sangat berguna untuk membantu ketika telah menjalankan perkuliahan.

Persyaratan untuk bisa menjadi mahasiswa Kedokteran perlu dipenuhi oleh pendaftar. Secara umum, berikut ini beberapa persyaratan yang perlu untuk diperhatikan jika ingin menjadi mahasiswa Kedokteran.

Memenuhi Persyaratan dari Perguruan Tinggi

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika ingin mendaftar ke jurusan Kedokteran yaitu memenuhi syarat dari perguruan tinggi. Setiap kampus memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Pendaftar harus teliti dan memastikan dirinya memenuhi persyaratan yang telah diajukan.

Syarat yang diajukan oleh setiap perguruan tinggi tentunya berbeda. Kamu perlu memperhatikan ini dengan teliti karena akan mempengaruhi seleksi. Jika tidak memenuhi syarat ini, kamu tidak akan bisa mengikuti seleksi mahasiswa karena tidak memenuhi syarat administratif.

Lolos Seleksi Mahasiswa Baru

syarat kedokteran

Setelah memenuhi syarat yang diajukan oleh perguruan tinggi, pendaftar harus mengikuti seleksi mahasiswa baru. Tentunya untuk bisa diterima menjadi mahasiswa Kedokteran, kamu harus dinyatakan lolos seleksi ini.

Seleksi masuk mahasiswa untuk jurusan Kedokteran prosesnya mirip dengan jurusan lain. Calon mahasiswa akan mengikuti seleksi sesuai dengan jalur yang dipilih. Pendaftar kemudian akan dirangking dan yang mendapat nilai tertinggi sesuai kuota akan dinyatakan lolos seleksi.

Tidak Buta Warna

Syarat fisik yang perlu dipenuhi oleh calon mahasiswa Kedokteran yaitu tidak buta warna. Mahasiswa Kedokteran membutuhkan kemampuan membedakan warna untuk menunjang pendidikan dan pekerjaannya nanti ketika telah diangkat menjadi dokter.

Beberapa perguruan tinggi akan mengadakan tes buta warna secara mandiri untuk mahasiswa yang mendaftar jurusan ini. Selain itu, ada juga yang meminta mahasiswa membawa surat keterangan tidak buta warna saat mendaftar. Pastikan kamu memenuhi syarat ini jika ingin menjadi mahasiswa Kedokteran.

Baca juga Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Kedokteran? Yuk, Cari Tahu!

Bisa Berbahasa Inggris dengan Baik

Ketika mengikuti perkuliahan, kemampuan bahasa Inggris akan sangat membantu mahasiswa Kedokteran. Banyak materi perkuliahan baik buku atau jurnal yang menggunakan bahasa Inggris. Kemampuan berbahasa ini akan berguna supaya mahasiswa bisa memahami materi tersebut dengan baik.

Kemampuan bahasa Inggris yang dibutuhkan pun tidak hanya sekadar skill sehari-hari. Kamu perlu mengetahui bahasa Inggris akademik terutama istilah-istilah khusus Kedokteran. Supaya perkuliahanmu lebih lancar, jangan lupa untuk mengasah kemampuan bahasa Inggrismu, ya!

Berasal dari Jurusan IPA

Pendaftar Kedokteran memiliki syarat utama yaitu berasal dari jurusan IPA. Pendaftar perlu memiliki dasar ilmu sains supaya bisa mengikuti perkuliahan dengan lebih baik. Kemampuan yang diperlukan pun tidak hanya biologi namun juga fisika dan kimia.

Peraturan asal jurusan ini dibutuhkan supaya pembelajaran bisa berjalan dengan lebih lancar. Mahasiswa yang berasal dari jurusan IPA memiliki dasar dan pemahaman yang lebih baik untuk menunjang perkuliahan di jurusan Kedokteran.

Memiliki Kesehatan Fisik dan Mental yang Memadai

Berkuliah di jurusan Kedokteran tentunya tidak mudah. Mahasiswa tidak hanya mempelajari teori di kelas namun juga melaksanakan praktik. Hal ini tentu akan menyita banyak tenaga dan juga waktu mahasiswa.

Supaya bisa mengikuti perkuliahan dengan baik, mahasiswa perlu untuk memiliki kesehatan fisik dan mental yang cukup. Mahasiswa yang tidak memiliki kesehatan memadai dikhawatirkan tidak bisa mengikuti perkuliahan atau bahkan mengganggu jalannya pembelajaran.

Kemampuan Finansial yang Cukup

syarat kedokteran

Sudah bukan rahasia baru jika biaya yang dibutuhkan untuk bisa menjalani kuliah Kedokteran tidaklah murah. Mahasiswa perlu membayar biaya yang cukup tinggi ke perguruan tinggi setiap semesternya. Selain itu, ada juga biaya lain yang perlu dikeluarkan di luar itu seperti untuk tugas kuliah atau praktik.

Supaya mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan Kedokteran dengan baik, salah satu syarat yang perlu dipenuhi yaitu memiliki kemampuan finansial yang cukup. Mahasiswa perlu memiliki dukungan finansial yang memadai baik itu dari orang tua atau pun beasiswa.

Itulah penjelasan tentang apa syarat yang perlu dipenuhi untuk menjadi mahasiswa Kedokteran? Berbagai syarat di atas diperlukan supaya mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan di jurusan ini dengan baik.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…