Banyak Dibutuhkan, Ini Dia Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

oleh | Okt 8, 2021 | Blog, Program Studi | 0 Komentar

Prospek Kerja Teknik Informatika – Teknik Informatika merupakan jurusan kuliah yang saat ini sangatlah populer di kalangan pendaftar. Jurusan yang berada di rumpun Sains dan Teknologi (Saintek) ini selalu diserbu oleh masyarakat Indonesia ketika penerimaan mahasiswa baru.

Banyaknya orang yange menaruh minat pada jurusan ini tentunya bukan tanpa sebab. Jurusan Teknik Informatika menjadi primadona karena perkembangan teknologi dunia yang masif. Dunia saat ini sudah serba digital dan kehidupan manusia semakin terintegrasi dengan teknologi. Akibatnya, kebutuhan akan ahli di bidang IT ikut meningkat.

Berkuliah di jurusan Teknik Informatika akan memberikan prospek kerja yang luas. Lulusannya akan memiliki ilmu dan kemampuan terkait komputer dan sistem yang saat ini sangat dibutuhkan. Berikut ini beberapa pilihan pekerjaan yang bisa ditekuni oleh lulusan Teknik Informatika.

Software Engineer

Salah satu prospek kerja untuk lulusan Teknik Informatika yaitu Software Engineer. Bekerja di bidang ini mengharuskan seseorang untuk paham konsep pemrograman guna membangun dan mengembangkan sebuah perangkat lunak. Software ini tidak hanya untuk komputer atau handphone, namun juga perangkat elektronik lainnya.

Beberapa pekerjaan yang akan dilakukan oleh seorang Software Engineer yaitu:

  • Melakukan analisis kebutuhan untuk pengembangan perangkat lunak.
  • Membuat rencana pengembangan perangkat lunak.
  • Merancang software secara detail dan terstruktur.
  • Menerjemahkan rancangan yang telah dibuat ke dalam software.
  • Melakukan pengujian perangkat lunak dan mengevaluasinya.
  • Melakukan perbaikan dan pemeliharaan perangkat lunak.

IT Consultant

Lulusan Teknik Informatika bisa juga berkarir sebagai IT Consultant. Profesi ini dibutuhkan di berbagai tempat baik organisasi maupun perusahaan. Seorang IT Consultant memiliki peran penting dalam perkembangan teknologi perusahaan. Tugas yang dilakukan yaiut seperti perencanaan, evaluasi, dan juga penerapan teknologi informasi.

Product Developer

Product Developer merupakan bagian yang bertanggung jawab atas pengembangan sebuah produk di perusahaan. Lulusan IT bisa menjadi bagian dari tim Product Developer terutama jika produk yang ingin dikembangkan memiliki basis teknologi. Pekerjaan ini sangat penting karena berpengaruh langsung pada produk yang dibuat oleh perusahaan.

Baca juga Seperti Apa, Sih, Program Studi Teknik Informatika Itu?

Network Specialist

prospek kerja teknik informatika

Pilihan prospek kerja untuk jurusan Teknik Informatika yang selanjutnya yaitu Network Specialist. Lulusan jurusan ini akan dibekali ilmu dan kemampuan terkait jaringan komputer sehingga cocok bekerja di bidang ini. Seorang Network Specialist memiliki tanggung jawab besar terhadap jalannya sistem di perusahaan. Beberapa pekerjaannya yaitu:

  • Konfigurasi perangkat lunak dan keras
  • Mengolah perangkat lunak dan keras
  • Melakukan pemeliharaan unu perangkat lunak dan keras
  • Monitoring perangkat lunak dan keras
  • Menyelesaikan permasalahan atau troubleshooting perangkat lunak dan keras

Game Developer

Pekerjaan lain yang bisa dipilih oleh lulusan Teknik Informatika yaitu Pengembang Game atau Game Developer. Bekerja di bidang ini akan mengharuskan seseorang untuk melakukan pengembangan permainan terutama dalam bentuk aplikasi. Pekerjaannya meliputi perencanaan, perancangan, pengembangan, pengujian, dan perbaikan game.

Computer Security Specialist

Di dunia serba digital seperti sekarang ini, serangan siber banyak bermunculan. Salah satu tindakan yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan membangun tim keamanan siber. Seorang lulusan Teknik Informatika bisa menjadi bagian dari tim keamanan ini untuk mengatasi serangan-serangan digital.

Ahli IT sedang banyak dibutuhkan, ini dia prospek kerja jurusan Teknik Informatika. Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan yang sangat dicari di era seperti sekarang ini. Apakah kamu tertarik untuk menjadi mahasiswa Teknik Informatika?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...