Banyak yang Menghindari, Ini 10 Jurusan kuliah yang Tidak Ada Matematika

by | Dec 12, 2023 | Blog, Jurusan Kuliah, Materi | 0 comments

Jurusan kuliah yang Tidak Ada Matematika – Dari dulu, pelajaran matematika selalu menjadi mata pelajaran yang banyak dihindari saat di sekolah. Oleh karena itu saat sudah lulus dan mau memasuki dunia perkuliahan, mereka berusaha mencari jurusan yang tidak akan terlibat dengan jurusan matematika.

Nah, saat kamu mulai memasuki dunia perkuliahan, tersedia banyak sekali pilihan jurusan dengan spesifikasinya masing-masing. Pilihan-pilihan jurusan ini juga memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk bisa mendalami minat dan bakatnya. Tapi apakah ada jurusan kuliah yang tidak ada mata kuliah matematika?

10 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

Banyak sekali pilihan jurusan kuliah yang tidak ada matematikanya. Umumnya ada pada bidang seni, sastra dan sosial-humaniora. Nah, berikut 10 jurusan tanpa matematika yang bisa jadi pilihan:

1.    Seni

Baik Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari, maupun Seni Teater bisa jadi pilihan untuk kamu yang mencintai seni dan menghindari mata kuliah matematika. Pada jurusan ini akan diajarkan untuk memperdalam keterampilan kamu baik yang suka menggambar, melukis, bermain musik, menyanyi, menari atau berakting dengan fokus jurusannya masing-masing. Kamu juga akan diajarkan bagaimana cara mengekspresikan rasa atau pesan dengan bidang seni pilihanmu.

2.    Sastra dan Bahasa

Kedua ada pilihan jurusan sastra dan Bahasa, yang akan mempelajari mengenai teori bahasa, linguistik dan juga sastranya. Banyak pilihan bahasa yang bisa kamu dalami, mulai dari bahasa dan sastra Indonesia itu sendiri, Inggris, Mandarin, Jepang, Arab, Perancis, Belanda, dan banyak lagi lainnya. Tentunya yang paling penting, kamu tidak akan bertemu dengan mata kuliah matematika dalam masa perkuliahan.

3.    Antropologi

Masih banyak yang belum tau mengenai jurusan antropologi ini. Jurusan ini akan mempelajari mengenai seluk-beluk manusia dan juga kebudayaannya. Ini sangat cocok untuk kamu yang selalu kepo dan ingin mengeksplore budaya di setiap tempat. Tenang saja, jurusan ini juga tidak akan tersedia mata kuliah matematika.

Baca juga: Kuliah Teknik Elektro: Belajar Apa Saja dan Bagaimana Prospek Kerjanya?

4.    Ilmu Komunikasi

Nah, kalau kamu suka mengekspresikan diri dengan berkomunikasi baik secara verbal maupun tekstual, kamu bisa sekali mendalaminya dengan memilih jurusan ini. Prospek karir ke depannya akan dijamin karena banyak sekali perusahaan yang membutuhkan orang-orang dengan kemampuan komunikasi yang baik.

Contoh profesi kerja yang membutuhkan lulusan Ilmu Komunikasi adalah seperti: Public Relation (PR), Jurnalisme, Marketing Communication, dan banyak lagi lainnya.

5.    Ilmu Hukum

Tentunya kamu sudah tidak asing dengan jurusan ini. Ilmu hukum tidak akan mempelajari matematika, karena akan berfokus dengan sistem hukum dan landasannya. Bidang-bidang hukum ini juga ada banyak, seperti hukum pidana, hukum bisnis, hukum internasional, hukum konstitusi dan lainnya.

Wajib hukumnya bagi mahasiswa hukum untuk bisa berpikir kritis dan memiliki cara pandang yang luas, supaya nantinya bisa memecahkan permasalahan hukum yang terjadi dalam dunia kerja.

6.    Desain Komunikasi Visual

Jurusan ini bisa juga disebut jurusan Desain Grafis, yang akan mempelajari mengenai seni, teknologi dan juga komunikasi. Mungkin kalau kamu memiliki kemampuan seni dan  tertarik untuk memadukannya dengan kecanggihan teknologi saat ini, jurusan ini jadi rekomendasi yang tepat untuk kamu.

Kamu akan diajarkan supaya bisa membuat karya visual yang menarik dan memikat, sekaligus bisa tersampaikan pesannya. Jadi keterampilan wajib yang harus kamu miliki adalah berpikir kreatif.

7.    Ilmu Sejarah

Ilmu sejarah tentunya sudah pasti akan mempelajari hal-hal yang ada di masa lalu, seperti artefak, manuskrip, atau juga peristiwa bersejarah lainnya. Ilmu sejarah ini juga bisa melebar ke aspek-aspek ilmu lain, seperti seni, sastra, agama, bahasa, termasuk dengan arsitektur. Dalam pembelajarannya, mahasiswanya akan menganalisis literatur sejarah dengan berbagai sumber.

8.    Filsafat

Pada jurusan filsafat ini, kamu akan diajak untuk terus berpikir secara logis. Kamu akan diharuskan berpikir kritis dan mencoba untuk mengakali suatu pertanyaan dengan jawaban yang sesuai nalar. Sistem pembelajarannya sendiri akan banyak mempelari teori, namun juga akan sering mengeluarkan pendapat melalui forum diskusi bebas.

9.    Sosiologi

Sama seperti namanya, ilmu sosiologi akan mempelajari mengenai kehidupan sosial manusia dan lingkungannya. Bagaimana kebanyakan manusia berinteraksi, fenomena dan problematika sosial, dan lain sebagainya. Konsentrasi keilmuannya juga beragam, mulai dari isu lingkungan, perkotaan/pedesaan/gender, kriminalitas, pembangunan dan sebagainya.

Meski tidak ada mata kuliah matematika, namun jurusan ini kemungkinan akan mengajarkan statistika yang nantinya akan penting digunakan dalam melakukan penelitian ketika diharuskan terjun ke lingkungan masyarakat.

10. Hubungan Internasional

Sama seperti namanya, jurusan ini akan mengulik tentang hubungan internasional antar negara yang membahas berbagai macam hal, mulai dari sosial, ekonomi, politik dan lainnya yang berguna sebagai perbandingan dan usaha pemecahan masalah global. Sudah jelas pastinya jurusan ini tidak mempelajari matematika.

Selain 10 rekomendasi di atas, sebenarnya masih banyak jurusan kuliah yang tidak ada matematika. Namun perlu digaris bawahi, rata-rata jurusan kuliah masih menggunakan mata kuliah statistika yang berisi hitung-menghitung yang bisa berguna untuk penelitian dalam tugas akhir nanti.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan