Berbagai Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Daftar Sekolah Kedinasan

oleh | Des 11, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan, Tips | 0 Komentar

Daftar Sekolah Kedinasan – Sekolah kedinasan menjadi salah satu tujuan utama ketika seseorang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini terlihat dari tingginya antusias masyarakat Indonesia setiap penerimaan peserta didik baru di sekolah kedinasan dibuka.

Tidak mengherankan ketika ada banyak orang yang tertarik untuk masuk ke sekolah kedinasan. Sekolah ini menawarkan berbagai keuntungan, terlebih yang menyelenggarakan ikatan dinas. Peserta didik akan mendapat keringanan biaya pendidikan dan bisa langsung bekerja setelah lulus.

Apakah kamu termasuk yang berminat daftar sekolah kedinasan? Siapkan beberapa hal di bawah ini dulu!

Berbagai Sekolah Kedinasan di Indonesia

Hal pertama yang perlu kamu siapkan sebelum mendaftar ke perguruan tinggi kedinasan yaitu mengetahui sekolah kedinasan yang ada di Indonesia. Saat ini, ada puluhan sekolah kedinasan yang dikelola oleh pemerintah. Kamu perlu mengetahui beberapa sekolah yang ada, setidaknya yang sesuai dengan minatmu.

Sekolah kedinasan ini pun memiliki jenis yang berbeda-beda. Tidak semua PTK yang ada menyelenggarakan ikatan dinas. Jika kamu mengincar kuliah gratis dan lulus kuliah langsung jadi ASN, maka kamu perlu mengetahui sekolah kedinasan mana saja yang membuka ikatan dinas.

Memilih Sekolah Kedinasan Sesuai Minat

Setelah mengetahui berbagai sekolah kedinasan yang ada, kamu bisa mulai menimbang pilihan yang akan diambil. Kamu perlu memilih sekolah kedinasan yang paling sesuai dengan minat. Pemilihan ini perlu karena setiap sekolah kedinasan memiliki fokus pembelajaran yang berbeda-beda.

Kamu bisa mempertimbangkan beberapa faktor ketika memilih sekolah kedinasan seperti:

  • Jenis pembelajaran yang ada seperti materi pendidikan, latihan fisik, dan lain sebagainya.
  • Fokus bidang studi yang diinginkan seperti pajak, penerbangan, pertanian, atau yang lainnya.
  • Jenis program yang tersedia yaitu ikatan dinas atau non ikatan dinas.
  • Biaya yang diperlukan untuk mengikuti studi di sekolah kedinasan.
  • Prospek kerja lulusan sekolah yang akan dipilih.

Memperhatikan Persyaratan yang Diperlukan

Langkah berikutnya ketika ingin daftar sekolah kedinasan yaitu memperhatikan syarat yang diperlukan. Setiap sekolah kedinasan memiliki persyaratan yang berbeda-beda sehingga kamu perlu membaca pengumumannya dengan detail dan teliti.

Sebelum mendaftar, pastikan kamu telah memenuhi persyaratan di sekolah kedinasan yang diincar. Mulai dari nilai akademik, tinggi badan, atau persyaratan lainnya. Selain itu, kamu juga perlu teliti ketika menyiapkan dokumen syarat yang diminta. Pastikan telah sesuai yang diminta karena jika tidak sesuai maka bisa menggugurkan.

Baca juga Daftar Sekolah Kedinasan Non Militer yang Ada di Indonesia.

Rajin Update Informasi Pendaftaran

Sekolah kedinasan biasanya memiliki timeline yang berbeda-beda untuk pendaftaran peserta didik barunya. Ada sekolah kedinasan yang hanya membuka pendaftaran 1 kali dalam setahun namun ada juga yang memiliki lebih dari 1 jalur penerimaan.

Kamu perlu mengetahui informasi tersebut supaya tidak tertinggal ketika pendaftaran telah dibuka. Informasi bisa diperoleh dari berbagai sumber seperti website resmi instansi, media sosial, atau bahkan dari Badan Kepegawaian Negara atau BKN.

Rajin Latihan Fisik

daftar sekolah kedinasan

Salah satu tahapan yang akan dihadapi ketika mengikuti seleksi sekolah kedinasna yaitu tes fisik. Peserta akan diuji ketahanan fisiknya melalui berbagai tes yang dilakukan. Jika peserta tidak memenuhi standar yang ditetapkan maka bisa dinyatakan gugur.

Supaya bisa lebih siap saat menghadapi tes fisik, kamu perlu rajin berlatih dari jauh-jauh hari. Pelajari tes apa saja yang akan dihadapi dan jalankan latihan yang sesuai. Hal ini dilakukan supaya fisik sudah terbiasa dan tidak kaget saat menjalankan tes. Hasil yang didapat pun akan lebih memuaskan sehingga memperbesar kemungkinan lolos.

Menjaga Kesehatan

Selain tes fisik, tahapan lainnya ketika daftar sekolah kedinasan yaitu tes kesehatan. Pihak panitia akan menjalankan berbagai tes utnuk mengetahui kondisi fisik peserta baik kesehatan luar atau kesehatan dalam.

Tes kesehatan ini tidak bisa dianggap remeh ketika mendaftar sekolah kedinasan. Terlebih jika kamu mendaftar ke sekolah kedinasan yang membutuhkan kondisi fisik prima seperti AKPOL. Oleh karena itu, penting bagimu untuk selalu menjaga kesehatan supaya mendapat hasil terbaik pada tahapan ini.

Ada berbagai hal yang perlu disiapkan sebelum daftar sekolah kedinasan. Kamu bisa melakukan beberapa tips di atas supaya lebih siap untuk mengikuti seleksi sekolah kedinasan.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…