Berbagai Jurusan Kuliah Kesehatan yang Bisa Kamu Pilih

oleh | Sep 6, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Kuliah Kesehatan – Tenaga kerja yang ahli di bidang kesehatan sangatlah dibutuhkan. Berbagai hal seperti makanan, obat-obatan, lingkungan, dan lainnya akan sangat bergantung pada para ahli kesehatan.

Ahli kesehatan tentunya tidak muncul begitu saja. Agar bisa bekerja di bidang ini, seseorang harus mengambil jurusan kuliah yang sesuai. Perlu diketahui, bahwa jurusan kuliah di bidang kesehatan tidak selalu Kedokteran. Terdapat berbagai program studi yang masih berada di dalam lingkup kesehatan dengan fokus berbeda-beda.

Berbagai program studi kesehatan ini diadakan karena kebutuhan akan lulusannya yang penting. Setiap program memiliki fokus atau ilmu yang bermacam-macam dan tentunya dibutuhkan oleh masyarakat.

Apa saja, sih, jurusan kuliah di bidang kesehatan itu? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

Ilmu Gizi

Ilmu Gizi merupakan jurusan kuliah yang berfokus pada gizi yang terdapat pada makanan serta hubungannya dengan kesehatan tubuh. Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari keterkaitan gizi dengan berbagai hal seperti pertumbuhan manusia, pertanian, ekonomi, kesehatan, dan lain-lain.

Farmasi

Bagi kamu yang bercita-cita untuk menjadi Apoteker tentunya sudah tidak asing lagi dengan program studi Farmasi. Program ini memiliki fokus pada obat-obatan baik itu senyawa pembuatnya, analisis, pengolahan, dan uji kualitas. Lulusan dari program ini tidak selalu jadi Apoteker, loh! Kamu juga bisa bekerja di perusahaan farmasi untuk memproduksi obat-obatan.

Kebidanan

Jurusan kuliah di bidang kesehatan lainnya yaitu Kebidanan. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar spesifik tentang teori dan keterampilan yang berhubungan dengan kebidanan. Berbagai hal yang dipelajari yaitu seperti merawat wanita hamil, membantu persalinan, bayi yang baru lahir, dan juga balita.

Keperawatan

Keperawatan merupakan salah satu program studi yang banyak diminati di Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya perguruan tinggi yang khusus menyelenggarakan perkuliahan di bidang keperawatan. Jika memilih program ini, kamu akan belajar berbagai hal terkait keterampilan merawat pasien.

Fisioterapi

Fisioterapi adalah program studi yang merupakan cabang dari Ilmu Kedokteran. Program ini secara khusus mempelajari tentang fungsi gerak tubuh manusia. Mahasiswa yang belajar di program ini akan belajar tentang bentuk otot, sendi, dan tulang. Di sini, mahasiswa akan belajar lebih dalam terkait anatomi tubuh manusia.

Baca juga Prospek Kerja Jurusan Psikologi, Apa Saja?

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3 merupakan salah satu jurusan kuliah di bidang kesehatan. Jurusan ini mempelajari bahaya, risiko, serta tindak pencegahan kecelakaan di tempat kerja atau proyek. Jika kamu suka bekerja dengan turun langsung di lapangan, program ini merupakan pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Kesehatan Masyarakat

Sesuai namanya, jurusan ini berfokus pada kesehatan di tingkat yang masif yaitu masyarakat. Mahasiswa Kesehatan Masyarakat akan mempelajari ilmu-ilmu kesehatan dan juga sosial. Beberapa contoh pelajaran yang didapat yaitu seperti ilmu gizi, administrasi kesehatan, dan penyuluhan.

Radiologi

Jurusan kuliah di bidang kesehatan berikutnya yaitu Radiologi atau bisa juga disebut dengan Radiodiagnosis/Radioterapi. Jurusan ini berfokus pada pembelajaran terkait pemindaian dan diagnosis bagian dalam tubuh manusia dengan sinar X, USG, atau MRI. Di jurusan ini, kamu akan berhubungan erat dengan matematika dan teknik.

Pengobat Tradisional

Pengobat Tradisional merupakan jurusan kuliah yang mempelajari berbagai metode pengobatan tradisional. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar tentang studi kedokteran timur. Mahasiswa juga akan mendalami cara meracik obat-obatan herbal, akupuntur, dan juga teknik memijar accupressure.

Nutrisi dan Teknologi Pangan

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia produksi makanan, bisa memilih jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan. Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang cara memproduksi makanan serta memastikan bahwa makanan tersebut aman untuk dikonsumsi. Kamu juga belajar untuk mengetahui gizi yang terdapat di makanan tersebut.

Terdapat berbagai jurusan kuliah kesehatan yang bisa kamu pilih. Apabila kamu tertarik dengan ilmu kesehatan, jurusan-jurusan di atas merupakan beberapa pilihan yang patut dipertimbangkan. Jangan lupa juga untuk memilih yang paling sesuai dengan minat serta tujuanmu, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…