Berbagai Jurusan Kuliah yang Ada di PKN STAN

oleh | Sep 22, 2021 | Blog, PKN STAN | 0 Komentar

Jurusan STAN – Politeknik Keuangan Negara atau PKN STAN merupakan salah satu sekolah kedinasan terfavorit yang ada di Indonesia. Setiap perguruan tinggi ini membuka penerimaan mahasiswa baru, banyak orang memilih PKN STAN dan menjadikannya kampus kedinasan dengan peminat terbanyak.

Tingginya minat masyarakat untuk bisa masuk PKN STAN bukan tanpa alasan. Kampus yang berada dalam naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini memperlebar kesempatan peserta didiknya untuk bisa diterima menjadi ASN. Tidak hanya itu, sekolah ini juga menggratiskan biaya pendidikan mahasiswanya.

Di PKN STAN sendiri, calon mahasiswa bisa memilih berbagai jurusan yang dibuka. Tentunya, jurusan yang ada di sekolah ini tidak jauh-jauh dari ilmu keuangan negara. Hal ini dikarenakan lulusan dari PKN STAN akan ditempatkan di berbagai lembaga pemerintahan sesuai kebutuhan.

Ada berbagai jurusan yang dibuka di PKN STAN. Setiap jurusan kemudian memiliki beberapa program studi yang masih serumpun dalam disiplin ilmunya. Berikut ini jurusan-jurusan yang ada di Politeknik Keuangan Negara.

Jurusan Akuntansi

jurusan stan

Jurusan pertama yang ada di kampus ini adalah Jurusan Akuntansi. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar berbagai hal yang berhubungan dengan ilmu akuntansi dan juga penerapannya. Sebagai sekolah yang berada dalam naungan kementerian, di jurusan ini mahasiswa tidak hanya belajar akuntansi umum namun juga yang berhubungan dengan pemerintahan.

Berbeda dengan jurusan lainnya, di Jurusan Akuntansi, terdapat program studi untuk jenjang Diploma 3 dan Diploma 4. Bagi mahasiswa yang belajar di Diploma 3, akan mengikuti perkuliahan selama 3 tahun untuk menjadi Ahli Madya. Sedangkan lulusan Diploma 4 melangsungkan perkuliahan selama 4 tahun, setara dengan Sarjana.

Program studi di Jurusan Akuntansi yaitu:

  • D-III Akuntansi
  • D-IV Akuntansi

Baca juga Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN Tahun 2021.

Jurusan Pajak

Pilihan jurusan lainnya yang ada di PKN STAN yaitu Jurusan Pajak. Sesuai dengan namanya, jurusan ini akan berfokus kepada penyelenggaraan pendidikan khusus perpajakan. Keberadaan jurusan ini merupakan hal yang penting dalam ketatanegaraan karena pajak mengikat seluruh warga negara dan harus dikelola sebaik mungkin oleh pemerintah.

Jurusan Pajak di sekolah kedinasan ini memiliki 3 program studi dalam 2 jenjang berbeda yaitu Diploma 3 dan Diploma 1. Program studi yang dibuka yaitu:

  • D-III Pajak
  • D-III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai
  • D-I Pajak

Jurusan Kepabeanan dan Cukai

jurusan stan

Jurusan Kepabeanan dan Cukai merupakan satu-satunya jurusan di PTK ini yang melangsungkan pendidikan semi militer. Peserta didiknya sendiri harus laki-laki dan akan dibimbing serta dilatih untuk menjadi ahli dan petugas di berbagai pelabuhan atau perbatasan.

Jurusan ini memiliki 2 program studi di jenjang pendidikan yang berbeda yaitu:

  • D-III Kepabeanan dan Cukai
  • D-I Kepabeanan dan Cukai

Jurusan Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan merupakan jurusan terakhir yang ada di PKN STAN. Di jurusan ini, fokus pendidikannya ada 3 yaitu anggaran, kebendaharaan negara, dan kekayaan negara. Jadi, mahasiswa jurusan ini tidak hanya mengelola keuangan namun juga aset dan juga harus paham hukum.

Jurusan Manajemen Keuangan sendiri memiliki 3 program studi pada 2 jenjang pendidikan yaitu:

  • D-III Kebendaharaan Negara
  • D-III Manajemen Aset
  • D-I Kebendaharaan Negara

Jika kamu tertarik berkuliah di sekolah ini, pastikan telah mengetahui berbagai jurusan kuliah yang ada di PKN STAN. Setiap jurusan memiliki fokus dan penerapan ilmu yang berbeda-beda, jadi pastikan kamu memilih yang paling sesuai dengan minat, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...